26.2 C
Jakarta
Kamis, 25 Juli, 2024

Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta Dalam Sebulan untuk Pelajar

JAKARTA, duniafintech.com – Bagi pelajar banyak cita-cita yang diinginkan namun belum bisa tercapai. Misalnya seperti membeli sesuatu yang diperlukan, tetapi tidak memiliki biaya. Solusi tepatnya adalah dengan menabung. Walaupun belum bisa menghasilkan uang, pelajar masih memiliki harapan untuk belajar cara mengumpulkan uang 3 juta dalam satu bulan untuk pelajar.

Dari mana uang yang diperoleh pelajar agar bisa menabung 3 juta? Jawabannya tentu dari uang saku yang diberikan orang tua ataupun kerja sampingan yang anda kerjakan setelah waktu sekolah.

Mengumpulkan Uang 3 Juta Dalam Sebulan untuk Pelajar

Jika anda penasaran bagaimana cara mengumpulkan uang 3 juta dalam satu bulan untuk pelajar lainnya, simak pembahasannya sebagai berikut.

1. Menentukan Apa Tujuan Menabung

Untuk menambah semangat, anda perlu menentukan tujuan menabung dan alasan tepat mengapa anda harus menabung. Misalnya anda ingin membeli buku favorit dari beberapa seri, maka tanamkanlah motivasi yang tinggi bahwa anda harus bisa menabung dengan target tertentu. Jika anda tidak melakukannya, pasti semangat menabung akan sirna dan tidak akan pernah dilakukan.

2. Menentukan Target Uang yang Akan di Tabung

Jika anda sudah menentukan tujuan anda, maka anda perlu memperhitungkan target uang yang akan anda kumpulkan. Buatlah daftar anggaran yang akan anda keluarkan jika uang anda berhasil terkumpul, kemudian dijumlahkan. Misalnya anda memiliki target untuk menabung 3 juta, maka selama menabung anda harus pintar mengalokasikannya.

Sistem pengalokasian uang paling populer yaitu ada 50/30/20. Dimana total pendapatan harian anda dibagi menjadi 3 bagian. 50% untuk ditabungkan, 30% untuk kebutuhan sehari-hari, dan 20% untuk dana simpanan darurat. Pembagian ini cukup efektif bagi anda yang memang benar-benar berkeinginan untuk mengumpulkan uang.

3. Menentukan Target Waktu Menabung

Cara mengumpulkan uang 3 juta dalam satu bulan untuk pelajar yang selanjutnya yakni menentukan waktu yang akan anda capai. Jika sebelumnya anda ingin mengumpulkan uang sejumlah 3 juta untuk membeli suatu dengan segera, anda bisa mengambil tempo hari selama satu bulan. Sehingga untuk perhitungannya tinggal dibagi saja 3 juta dibagi 30 hari.

Maka hasil yang anda dapatkan adalah 100 ribu. Ini artinya, setiap harinya anda perlu mengumpulkan uang sejumlah 100 ribu dari uang saku harian anda. Cukup besar memang mengumpulkan uang 100 ribu/hari bagi pelajar. Namun pintar-pintar diri sendiri dalam mengatur keuangan.

4. Mencari Kerja Sampingan

Jika uang saku yang anda terima masih kurang untuk mengumpulkan uang 100 ribu per harinya, maka anda bisa mengambil jalur alternatif yaitu mencari kerja sampingan. Kerja sampingan untuk pelajar ini tentunya tidak mengganggu waktu sekolah anda. 

Contohnya membawa produk jajan ke sekolahan dan menitipkannya di sekolah, bekerja sepulang sekolah, jualan pulsa, ataupun pekerjaan lainnya yang bersifat part time. Dengan cara inilah, anda bisa mendapatkan uang tambahan yang nantinya akan anda tabung sesuai dengan tujuan awal anda.

5. Mengendalikan Pengeluaran

Jika anda bertekad untuk menabung 3 juta dalam sebulan, maka hal terpenting adalah anda harus mengendalikan pengeluaran sebaik mungkin. Baik itu pengeluaran untuk jajan, beli barang-barang ataupun hal lainnya yang bersifat pemborosan. Jika anda membutuhkan sesuatu yang penting, ada baiknya jika anda menunggu saat sedang diskon atau promo.

Itulah beberapa cara mengumpulkan uang 3 juta dalam satu bulan untuk pelajar. Setelah anda mengetahui trik-trik diatas, jangan lupa dilakukan dengan teratur. Rajin menabung sejak dini akan membuat diri anda terbiasa hingga dewasa. Sehingga kesuksesan pun akan menghampiri anda nantinya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU