30.3 C
Jakarta
Sabtu, 28 Januari, 2023

MENAMBANG BITCOIN TINGKATKAN PERMINTAAN KARTU GRAFIS AMD

duniafintech.com – Jika kita pikir berinvestasi mata uang digital mungkin belum terlalu terdengar familiar, sepertinya pernyataan tersebut sudah seharusnya diralat. Memang jika berbicara di dalam negeri, investasi mata uang digital tersebut belumlah terdengar hiruk-pikuknya, namun jika kita berbicara di luar negeri pembicaraannya akan menjadi berkebalikan.

Perangkat-perangkat yang digunakan juga menjadi incaran masyarakat, seperti yang terjadi di AS, terjadi lonjakan permintaan kartu grafis AMD guna mendorong pasar invetasi mata uang digital ini semakin bergerak.

Dikutip dari CoinDesk, Ethereum cryptocurrency (uang digital lain selain Bitcoin) mengalami lonjakan yang cukup tinggi, secara tahunan naik lebih dari 2.800 persen, sementara uang digital Bitcoin berada hanya dalam level 160 persen pada tahun ini.

Cryptocurrency mining menggunakan kartu grafis dari AMD dan Nvidia guna “menambang” Bitcoin-Bitcoin baru, yang kemudian dapat dijual ke depannya.  Seperti yang diketahui, prosesor AMD sudah memiliki reputasi yang lebih baik untuk pertambangan cryptocurrencies. Bukan hanya para para gamers saja yang mencari kartu grafis berkualitas tinggi, namun para penambang Bitcoin juga ikut mencari.

Meskipun begitu, dari pihak AMD mengatakan pasar gamers masih menjadi fokus utama dalam penjualannya.

Pasar game tetap menjadi prioritas kami. Kita melihat ramainya permintaan prosesor kami yang berbasis Polaris yang menunjukkan kebangkitan cryptocurrency dan juga berdasarkan kinerja yang kuat yang mengantarkan kita kepada lonjakan pemesanan,”

Seperti yang dikatakan juru bicara AMD dalam sebuah email.

Penjual ritel hardware computer termasuk Newegg, Best Buy dan Amazon menjual kebanyakan dari prosesor model AMD RX 570 dan kartu grafis RX 580 dan RX 470. Tiga kartu grafis inilah yang sering dicari oleh para penambang mata uang digital untuk sementara waktu.

Kuatnya permintaan kartu grafis yang lama, RX 470 seperti di ebay mengalami lonjakan harga, terlihat dalam daftar harga yaitu dijual eceran seharga $100. Tidak mengherankan, para sales ataupun para penjual saat ini menggunakan tren dengan menambahkan nama-nama cryptocurrency ke daftar produk mereka guna mengambil keuntungan.

Diketahui, ini bukan kali pertama cryptocurrency menggila dan telah menyebabkan kekurangan kartu grafis. “Menjelang akhir 2013, penambang Bitcoin dan Litecoin menyebabkan kekurangan serupa setiap kartu grafis Radeon [AMD], dan mereka bisa mendapatkan hanya secara kolektif saja.

Saham AMD Naik Tajam

Prosesor AMD yang berbasis di Sunnyvale, California AS ini adalah salah satu top gainer saham terbaik di tahun ini dari sektor teknologi. Dibandingkan performa saham tahun lalu dengan saham tahun ini terlihat mengalami kenaikan yang sangat signifikan, yaitu naik hampir 170 persen dalam 12 bulan terakhir.

Meskipun sebelumnya pasar saham sempat mengalami penurunan lebih dari 25 persen dipicu oleh kekecewaan peluncuran prosesor desktop Ryzen yang membuat kecewa beberapa pemain gamers.

Picture : pixabay.com

Written by : Romy Syawal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Menguat Tipis, Cek Harga Kripto Hari Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya menjelang akhir pekan, Sabtu (28/1/2023). Pada perdagangan hari ini, Bitcoin cs...

Cara Beli Koin Shopee: Syarat hingga Manfaatnya bagi Customer & Seller

JAKARTA, duniafintech.com – Cara beli koin Shopee tentu akan sangat penting diketahui, khususnya oleh seller di platform e-commerce ini. Pasalnya, koin ini bisa digunakan untuk...

Normalisasi APBN, Pemerintah tidak Tanggung Biaya Pasien Covid-19

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa seluruh belanja APBN 2023 telah dinormalisasi atau normalisasi APBN. Artinya, seluruh belanja APBN...

Masa PPKM Dicabut, Pemerintah Rumuskan Kebijakan Pasca Pandemi

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan terkendalinya laju kasus pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini telah mendorong perbaikan kondisi perekonomian nasional yang...

Apa Itu Crypto Winter dan Bagaimana Dampaknya terhadap Investor?

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu crypto winter? Istilah ini kian santer terdengar belakangan ini, utamanya di kalangan peminat kripto. Sebagai informasi, saat ini di dunia...
LANGUAGE