26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Mengatur Keuangan Usaha Dengan 6 Tips Ini, Dijamin Efektif! 

JAKARTA, duniafintech.com – Mengatur keuangan usaha merupakan hal yang penting dalam menjalani bisnis. 

Saat ini, terdapat banyak sekali orang yang sudah mulai dan menggeluti usaha kecil untuk menambah penghasilan harian. 

Walaupun masih usaha yang terbilang kecil ataupun sampingan, Anda juga tidak bisa mengesampingkan pentingnya mengatur keuangan usaha yang kamu jalani tersebut. 

Pasalnya, banyak sekali pelaku bisnis yang tidak menyadari pentingnya mengatur keuangan usaha dan mencampur aduk transaksi keuangan pribadi dengan usaha tersebut. 

Sehingga menyebabkan kesalahan fatal yang akan mempengaruhi keuangan usaha yang sulit untuk dikembangkan, bahkan hingga bisnis tersebut mengalami kebangkrutan.

Pastinya kamu tidak ingin itu terjadi bukan? Untuk mencegah kejadian tersebut kamu alami, kamu dapat menggunakan tips mengelola keuangan usaha yang tepat berikut ini. 

Mengatur Keuangan Usaha

Mengatur Keuangan Usaha dengan Tips Berikut Ini

Melansir cekaja.com, berikut ini tips dalam mengatur keuangan usaha agar bisnis tersebut berjalan maju. Di antaranya adalah:

1. Mengatur Keuangan Usaha dengan Edukasi Diri

Hal pertama yang menjadi tips mengelola keuangan usaha yang perlu kamu lakukan adalah mengedukasi diri hal-hal yang bersangkutan dengan laporan keuangan bisnismu. 

Pada dasarnya, laporan keuangan dibagi menjadi empat bagian. Mulai dari laporan arus kas, penghasilan, neraca, hingga modal. 

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Usaha Agar Tak Rugi, Pahami Yuk

Kamu dapat mempelajarinya dengan membaca laporan keuangan yang sudah ada, lalu menyimpulkan langkah apa yang dapat diambil untuk mengembangkan usaha yang kamu jalani tersebut. 

2. Mengatur Keuangan Usaha dengan Melakukan Perencanaan General

Tips mengelola keuangan usaha selanjutnya yaitu sebelum kamu memulai usaha adalah dengan melakukan perencanaan secara umum. 

Setelah rencana dibuat, bagilah ke dalam beberapa bagian. Seperti rencana harian, mingguan sampai bulanan. 

Dengan melakukan rencana keuangan yang baik, perkembangan keuangan akan menjadi lebih terstruktur dan rapi. Selain itu, anda juga perlu melakukan perhitungan secara detail mengenai kebutuhan dana yang kamu perlukan untuk usaha tersebut.

Mulai dari hal-hal yang akan dilakukan, kebutuhan yang diperlukan, serta dana yang harus disiapkan juga. 

3. Catat Setiap Pengeluaran Usaha

Mencatat setiap pengeluaran usaha merupakan tips mengelola keuangan usaha yang sangat wajib untuk kamu lakukan.

Kamu harus mencatat biaya pengeluaran secara detail dan lengkap, dengan melacak setiap transaksi dengan kwitansi atau faktur pembayaran dalam bisnis tersebut. 

Dengan begitu, kamu akan mengetahui biaya yang dikeluarkan berasal dari mana saja. Selain itu, tidak akan ada juga selisih angka serta pergerakkan keuangan usaha akan terpantau dengan baik.

4. Pisahkan Uang Pribadi dan Uang Usaha 

Bercampurnya keuangan bisnis dan pribadi akan membuat keuangan menjadi berantakan lho, maka dari itu tips mengelola keuangan usaha ini jangan sampai kamu lewatkan.

Baca jugaUsaha Modal Kecil Untung Besar? Cobalah 7 Bisnis Terbaik Ini

Sekecil apapun bisnis yang kamu jalankan, sebaiknya pisahkan uang usaha dan pribadi kamu. Tujuannya adalah untuk menghindari modal bisnis yang akan terpakai untuk keperluan pribadi tersebut. 

Kamu bisa membuat dua akun bank untuk memisahkan keuangan usaha dan pribadimu. Dengan begitu kamu akan dengan mudah melacak kebutuhan pribadi maupun usaha tersebut. 

Pasalnya, jika kamu penggabungan uang usaha dan pribadi akan membuat keadaan dimana usahamu terpaksa gulung tikar karena modal yang habis tanpa terasa. 

5. Gunakan Laba untuk Mengembangkan Usaha

Usaha akan dikatakan berhasil jika mendapatkan laba yang besar, dengan tips mengelola keuangan usaha ini kamu dapat mewujudkan impian tersebut. 

Dibandingan hanya menggunakan laba dari usahamu hanya untuk membelanjakan keperluan pribadi, kamu bisa menggunakannya untuk mengembangkan bisnis sehingga akan mendapatkan laba yang lebih besar lagi.

Misalnya, dengan menyisihkan keuntungan setiap bulan untuk membeli barang-barang kebutuhan usaha, atau memperbanyak jenis produk usaha sehingga lebih beragam pastinya. 

6. Awasi Harta, Hutang hingga Modal

Selain pengeluaran, tips mengelola keuangan selanjutnya adalah perlunya mencatat setiap harta, utang, dan modal secara terstruktur.

Piutang merupakan harta perusahaan dan wajib dicatat dengan sebaik-baiknya. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan kamu akan kehilangan harta usaha tanpa disadari jika tidak mencatatnya dengan baik.

Seluruh barang yang dimiliki usaha wajib dicatat didalam buku catatan inventaris. Selain itu, lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan barang tersebut tidak akan hilang.

Itulah tips mengatur keuangan usaha yang perlu kamu terapkan dalam menjalani bisnis. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda ya.

Baca jugaIde Usaha Modal Kecil Untuk Karyawan, Cocok Buat Sampingan!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE