25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Ide Usaha Modal Kecil Untuk Karyawan, Cocok Buat Sampingan!

JAKARTA, duniafintech.com – Ide usaha modal kecil pada ulasan berikut ini cocok buat para karyawan yang menginginkan penghasilan tambahan.

Lewat aktivitas usaha modal kecil sampingan ini, para karyawan yang berkutat di sebuah perusahaan bisa nyambi pekerjaan sampingan ini. Entah di-handel langsung, maupun membayar jasa pekerja. 

Baca juga: Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar, Dijamin Auto Cuan!

Namun perlu jadi catatan, bahwa jangan sampai usaha sampingan karyawan ini justru menjadikan Anda tidak produktif di kantor ya.

Ide Usaha Modal Kecil yang Cocok Buat Karyawan

Berikut ini, ada 8 usaha sampingan modal kecil bagi karyawan yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang membutuhkan penghasilan ekstra selain dari gaji bulanan. Di antaranya adalah:

1. Reseller atau Dropship Barang Fashion Online

Usaha sampingan karyawan yang pertama adalah menjadi reseller barang-barang fashion yang dijual lewat online. Dengan menjadi reseller barang fashion online ini, Anda tidak membutuhkan modal besar.

Di sini Anda cukup menjual barang yang disediakan oleh supplier. Anda dapat mulai menjajakan dagangan melalui media sosial yang dimiliki atau melalui e-commerce ya. Mulailah dengan membangun kepercayaan konsumen, menjual barang-barang dengan kualitas baik dan harga yang bersaing.

Dalam hal ini, utamakan pelayanan konsumen dengan cepat tanggap membalas chat dan rutin melakukan update barang-barang terbaru. Hal ini bisa Anda lakukan pada jam istirahat kantor atau sepulang bekerja juga.

Dengan menjadi reseller atau dropshiper Anda tidak perlu direpotkan dengan pengemasan dan pengiriman barang karena semua itu akan dilakukan oleh supplier lho. Anda dapat mempertimbangakan usaha sampingan mpdal kecil bagi karyawan yang satu ini karena banyak karyawan swasta yang nyatanya juga menjalankan usaha menjadi reseller atau dropship barang fashion online tersebut. 

2. Usaha Modal Kecil dengan Berjualan Kopi Racikan

Membuat usaha minuman kopi memang sedang banyak diminati oleh anak muda kini. Hal ini juga bisa menjadi peluang untuk Anda yang sedang memulai usaha sampingan ya. 

Menjual kopi racikan khas bukan berarti Anda harus membuka kedai kopi besar. Jajakan kopi racikan sendiri mulai dari rekan-rekan kantor atau kerabat dekat anda. 

Cobalah untuk melakukan eksperimen untuk mendapatkan hasil racikan kopi yang lezat. Jika perlu, ambilah kursus barista terlebih dahulu agar kamu benar-benar memahami cara meracik kopi dan memilih biji kopi yang baik. 

Usaha sampingan modal kecil yang satu ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan jika ditekuni dengan benar. Tidak ada salahnya mencoba hal baru kan? 

3. Usaha Modal Kecil dengan Menjual Bumbu Instan Siap Pakai

Di jaman serba modern dan cepat saat ini, segala sesuatu memang dituntut disajikan secara cepat pula. Bahkan untuk urusan makanan lho. Sayangnya, karena hal tersebut banyak orang beralih pada makanan-makanan instan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan.

Jika Anda orang yang pandai membaca situasi, tentu ini bisa menjadi peluang memulai usaha sampingan dengan modal kecil dengan cara menyajikan bumbu instan buatan sendiri. 

Dengan menjual bumbu instan atau makanan instan buatan sendiri tentu akan sangat membantu bagi orang lain yang tidak sempat memasak atau menyiapkan makanan sehari-hari. Anda bisa membantu orang lain menyajikan masakan lebih praktis dengan bumbu dan bahan siap saji.

4. Broker Properti atau Kendaraan

Bisnis properti dan kendaraan bermotor memang sangat menjanjikan karena komisi yang ditawarkan cukup besar. 

Baca juga: Sambil Ngurus Rumah, Usaha Modal Kecil Ini Cocok Dirintis Bun!

Misalnya jika jatah komisi 1 persen dari harga properti yang dijual maka uang komisi yang Anda dapatkan cukup besar lho. JIka Anda memilih usaha sampingan karyawan dengan terjun ke dalam dunia bisnis properti atau kendaraan, pastikan pekerjaan utama Anda tidak terbengkalai.

Supaya pekerjaan anda tidak terbengkalai, dapat memilih menjadi broker properti atau kendaraan secara online. Dengan menjadi broker properti atau kendaraan online, Anda bisa mengerjakan usaha ini di mana saja dan kapan saja. 

Jalin mitra dengan showroom kendaraan bermotor dan beberapa agen resmi perumahan. Bisnis yang satu ini bisa menjadi usaha sampingan yang sangat menjanjikan.

usaha modal kecil

5. Usaha Modal Kecil dengan Membuka Jasa Freelance Penerjemah

JIka Anda adalah orang yang mempunyai kemampuan Bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Italia, Korea hingga Bahasa asing lainnya, manfaatkan kemampuan itu untuk jadi usaha sampingan sebagai freelancer penerjemah.

Jasa freelancer penerjemah ini bisa berupa translate dokumen kantor, surat kabar, jurnal hingga artikel. Tentukan tariff per kata. Jadi dalam sekali melaksanakan tugas Anda mendapatkan uang sebesar 100 – 500 ribu rupiah. 

6. Usaha Modal Kecil Membuka Jasa Desain Grafis

Selain jasa penerjemah, banyak di antara kita yang dianugerahi kelebihan untuk menjadikannya sebagai usaha yang dapat menghasilkan uang. Salah satu jasa yang banyak dicari adalah jasa desain grafis. 

Jika Anda memiliki kelebihan dalam desain grafis, gunakan kemampuan itu sebagai usaha sampingan. Anda bisa membuka jasa pembuatan logo, banner, kartu nama bahkan undangan pernikahan. Promosikan jasa Anda melalui internet atau social media agar dapat menarik banyak perhatian orang yang akan menggunakan jasa tersebut. 

7. Usaha Barang Rental

Usaha barang rental adalah salah satu usaha modal kecil yang juga banyak peminatnya. Anda dapat membuka usaha barang rental apapun seperti rental kamera, alat camping, baju, kendaraan. 

Misalnya, kamu memiliki kamera DSLR yang bisa direntalkan dengan hitungan per jam. Selain kamera, Anda juga bisa menyewakan tripod, lensa dan alat-alat fotografi lain. 

Untuk menghindari barang yang disewakan rusak, Anda dapat menerapkan sistem deposito terlebih dahulu. Anda akan memotong langsung biaya perbaikan dari uang deposito yang disimpan oleh pengguna jasa sewa tersebut. 

8. Jasa Pembuatan Blog atau Website

Di era teknologi sekarang ini, keberadaan blog atau website tidaklah asing lagi. Pengguna blog dan website tidak hanya sebagai sarana promosi semata. Kini pengguna blog dan website sudah mulai banyak diminati oleh perusahaan besar untuk menampilkan citra produk mereka.

Hal ini tentu bisa menjadi peluang untuk Anda yang yang mempunyai keahlian dalam desain blog atau website. Usaha modal kecil yang satu ini hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet yang memadai. Tawarkan harga yang sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan desain. Jangan lupa promosikan jasa membuat desain blog dan website melalui social media dan internet.

Demikianlah ulasan mengenai usaha modal kecil yang cocok dilakukan bagi karyawan. Semoga informasi tersebut bermanfaat. 

Baca juga: Usaha Modal Kecil Cocok Buat Anak Sekolah, Nambah Uang Jajan!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis; Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE