25.6 C
Jakarta
Selasa, 4 Oktober, 2022

Menghasilkan Uang Saat Pandemi Corona, Bisnis ini Bisa Jadi Pilihan

duniafintech.com – Anjuran pemerintah mengenai “social distancing” sangat berpengaruh terhadap financial masyarakat Indonesia. Seluruh kegiatan yang dilakukan diluar dirumahpun termasuk kegiatan bekerja di himbau untuk dilakukan dirumah. Bagi sebagian orang menghasilkan uang saat pandemi corona ini suatu tantangan yang besar, apalagi jika mendapatkan penghasilan harian.

Kondisi tersebut menjadi suatu pukulan yang tak terhindarkan bagi banyak sektor usaha. Di awal wabah, maskapai dan pariwisata yang terpukul keras. Kini, pusat perbelanjaan pun mulai terasa pukulan corona. Pusat perbelanjaan telah tutup sementara waktu. Hanya tenant supermarket dan apotek yang tetap buka karena menyangkut hajat orang banyak.

Praktisi Keuangan dari May Institute Ellen May mengatakan saat krisis terjadi dengan berbagai macam penyebabnya banyak orang bangkrut. Namun, kerap kali muncul orang kaya baru. Namun, bak koin yang memiliki dua sisi. Kondisi saat ini pun memiliki dua sisi yakni positif dan negatif.  Menurutnya, banyak bisnis yang justru diuntungkan dengan aktivitas Work From Home (WFH) sebagaimana anjuran pemerintah. Salah satunya, bisnis yang melibatkan jaringan internet atau bisnis online.

Baca Juga:

Peluang Bisnis yang Dapat Menghasilkan Uang Saat Pandemi Corona

Di saat krisis seperti ini, hal yang bisa kita lakukan adalah memutar otak untuk mencari peluang bisnis baru yang bisa menghasilkan uang saat pandemi corona. Semua orang berjuang untuk tetap memenuhi kebutuhannya tak terkecuali para wirausaha. Tentunya inilah saatnya kita berpikir kreatif dengan mencoba peluang bisnis baru yang bisa dilakukan dari rumah berikut ini.

  1. Membuka Bimbingan Belajar Online

Jika memiliki wawasan yang luas mengenai pelajaran tertentu, Anda bisa membuka kelas bimbingan belajar secara online melalui sebuah situs resmi. Cari referensi website yang ada di Indonesia, lalu daftarkan diri. Nama Anda akan muncul dalam halaman pencarian ketika seorang mencari tenaga pengajar yang pas untuk dirinya. Dan siapa tahu keahlian Anda mereka butuhkan.Tentukan target murid yang ingin diajari, apakah itu anak SD, SMP, atau SMA. Sesuaikan dengan tingkat penguasaan materi agar Anda dapat mengajar secara maksimal, walaupun dalam konteks online.

  1. Membuka Jasa Desain Grafis

Banyak perusahaan yang membutuhkan desain sebagai alat pemasaran mereka. Dan bukan hanya perusahaan, perorangan pun juga banyak sekali yang membutuhkan jasa desainer grafis. Misalnya untuk membuat karikatur seseorang, logo usaha, atau kepentingan kuliah.

Wajar saja, skill ini memang tak bisa dikuasai semua orang. Jadi, berbahagialah yang mempunyai skill desain grafis. Pasarkan keahlianmu ini melalui media sosial, atau Anda juga bisa mendaftarkan diri sebagai desainer grafis lepas di situs pekerja lepas seperti yang telah disebutkan di atas. Bayarannya juga lumayan, dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Jika Anda tidak mempunyai skill ini namun tertarik mencoba, pelajari dulu saja. Ada banyak situs yang mengajarkan tutorial desain dari nol secara gratis.

  1. Buat Podcast Berdasarkan Kegemaran Anda

Bagi yang belum tahu, podcast adalah rekaman audio seseorang atau lebih, bisa berupa monolog atau percakapan dengan topik tertentu. Anda tak membutuhkan banyak peralatan kok untuk bikin podcast di rumah.

Untuk pemula, cukup gunakan aplikasi Anchor yang bisa membuatmu merekam dan mengunggah hasil podcast hanya dengan bermodalkan smartphone. Bahkan Anda tak membutuhkan mic atau peralatan lain. Cukup smartphone dan headset agar suara yang terekam lebih jelas dan jernih. Dan dengan aplikasi Anchor ini, Anda bisa memonetisasi akun Anda sendiri, sehingga mendapatkan uang dari hasil rekaman podcast yang telah Anda buat.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Blibli.com Kembali Ajukan Rencana IPO di Tahun Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali buka suara terkait rencana Blibli.com untuk IPO/Initial Public Offering tahun ini. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK...

Bulog Endus Perusahaan Swasta Rusak Harga Beras di Pasar

JAKARTA, duniafintech.com - Perum Bulog/Badan Urusan Logistik mengendus adanya permainan perusahaan swasta yang menyebabkan harga beras melonjak. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan perusahaan...

BSU Tahap 4 Sudah Cair, Begini Cara Cek Status Pencairannya

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memastikan program bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 akan diberikan kepada para pekerja atau buruh. Bantuan sebesar Rp600.000 ini akan sampai...

Cara Tarik Tunai GoPay di Alfamart, ATM BCA, & Bank Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara tarik tunai GoPay di ATM BCA, BRI, Indomaret, dan Alfamart berikut ini tentu sangat penting diketahui. Seperti diketahui juga, GoPay merupakan...

Cara Menabung di Bank Mandiri lewat ATM dan Teller

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menabung di Bank Mandiri pada ulasan berikut ini sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Mandiri. Seperti diketahui bersama, Bank Mandiri...
LANGUAGE