27.1 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Wajib Baca! Cara Menghasilkan Uang Tambahan Tahun 2022

JAKARTA, duniafintech.com – Banyak orang ingin menghasilkan uang tambahan untuk mencapai kebebasan finansial. Terlebih di era pandemi seperti sekarang, uang tambahan memang sangat diperlukan.

Pasalnya, banyak orang yang mengalami “kesulitan finansial” dalam dua tahun terakhir ini. Nah, berikut ini adalah cara memperoleh uang tambahan di tahun 2022 yang perlu Anda ketahui.

  1. Hustling untuk Menghasilkan Uang Tambahan

Adapun sisi hustle adalah cara terbaik untuk membuat Anda mendapatkan uang tambahan. Sebuah pekerjaan ekstra yang dapat dilakukan di luar pekerjaan Anda setiap hari.

Anda bisa menghasilkan uang dengan melakukan sesuatu, misalnya blogging, membuka toko di e-commerce, menjadi penulis freelance, atau memulai bisnis sendiri. Bahkan, pekerjaan-pekerjaan itu dapat membuat Anda menghasilkan uang dari rumah.

  1. Menghasilkan Uang Tambahan dengan Menjual Barang yang tidak Terpakai

Mau memperoleh uang tambahan dengan cara yang lebih gampang sekaligus membersihkan rumah dan hidup dengan barang yang lebih minimalis? Anda bisa menjual barang-barang tidak terpakai yang ada di rumah dan mendapatkan uang untuk itu.

Mungkin Anda akan terkejut dengan apa yang bisa dijual sebab biasanya akan ada banyak barang tidak terpakai yang tak disadari. Dengan teknologi, Anda bisa langsung memotret apa yang kamu ingin jual dan kirimkan ke berbagai situs.

Baca juga: 10 Perusahaan Investasi Terbesar di Dunia, Mulai dari BlackRock Hingga Perusahaan Milik Warren Buffett

  1. Mengerjakan Dua hingga Tiga Pekerjaan

Tidak peduli apa yang Anda lakukan untuk mencari nafkah, Anda selalu bisa menghasilkan lebih banyak uang tambahan dengan mengambil lebih banyak pekerjaan. Mungkin untuk Anda ini berarti bekerja beberapa jam lembur di tempat kerja atau memulai pekerjaan paruh waktu di samping jam reguler kantor.

Kalau Anda kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan tambahan, mulailah dengan membangun relasi terlebih dahulu. Relasi yang luas akan membawa Anda menuju pekerjaan yang lebih baik dan kesempatan yang lebih luas. Anda pun bisa mencari pekerjaan sampingan via website, misalnya SribuLancer atau Fiverr.

  1. Dapatkan Cashback ketika Berbelanja

Dengan memanfaatkan program cashback yang biasanya diadakan oleh berbagai situs belanja online, Anda bisa memperoleh uang kembali secara otomatis ketika melakukan pembelian. Bukan itu saja, Anda pun bisa mengunduh aplikasi reward, misalnya ShopBack. Aplikasi itu bermitra dengan berbagai e-commerce untuk memberikan cashback. Adapun cashback itu nantinya bisa Anda gunakan untuk kembali melakukan transaksi.

  1. Menyewakan Tempat yang tidak Terpakai

Jika Anda punya kondominium yang tak terpakai maka Anda bisa mendapatkan uang tambahan dengan menggunakan Airbnb atau penyedia pemesanan tempat lainnya untuk menyewakan ruangan tersebut.

Sejak pandemi, staycation atau menyewa penginapan di dalam kota menjadi tren. Targetnya, yakni mereka yang ingin merasakan suasana baru untuk liburan atau bekerja sebab sudah bosan terlalu lama di rumah.

Namun, sebelumnya, jangan lupa untuk melakukan desinfeksi terhadap tempat Anda. Nah, setelah penyewa keluar, Anda pun mesti kembali melakukan desinfeksi.

  1. Jeli dalam Melihat Peluang

Pada era digital seperti saat ini, peluang untuk mendapatkan uang tambahan sangatlah banyak. Oleh sebab itu, Anda hanya perlu jeli dalam membaca peluang.

Perlu diingat, semakin banyak dan mudah peluang yang tersedia untuk mendapatkan uang tambahan, akan semakin banyak saingan. Kalau Anda lengah dan tidak membaca peluang dengan baik maka kesempatan akan lewat di depan mata Anda begitu saja.

  1. Melakukan Investasi

Anda pasti bertanya-tanya, kenapa sedang ingin mencari uang tambahan, tetapi malah harus mengeluarkan uang untuk berinvestasi? Pada dasarnya, berinvestasi adalah hal penting yang seharusnya dilakukan sedini mungkin.

Berinvestasi menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan passive income ke depannya. Passive income ini nantinya akan sangat membantu untuk mendapatkan uang tambahan tanpa harus bekerja ekstra atau bahkan tidak bekerja sama sekali.

Namun, untuk bisa mencapai semua itu tentunya memerlukan waktu dan memulainya harus dengan sedini mungkin. Meskipun saat ini Anda tengah berjuang untuk bisa bertahan dan mencari uang tambahan, paling tidak sisihkan dana untuk melakukan investasi.

Tidak harus banyak, yang penting Anda konsisten melakukannya. Nantinya, ketika keadaan sudah mulai membaik, Anda bisa memperbesar alokasi dananya. Jika Anda berpikir investasi harus memerlukan modal besar, sebenarnya tidak juga. Saat ini, instrumen investasi seperti saham atau reksa dana bahkan bisa dilakukan dengan modal di bawah Rp1 juta.

Baca juga: Yuk Belajar Investasi Gratis dengan Rekomendasi Simulasi Saham Online Berikut Ini

  1. Menjadi Tutor Online

Teknologi berubah cepat, demikian halnya dengan gaya hidup masyarakat. Hal ini membuat beberapa hal di kehidupan mengalami adaptasi, begitu juga dengan pendidikan. Meningkatnya adopsi internet, mengubah cara orang mendapatkan pendidikan.

Asalkan punya akses internet, semua pendidikan bisa diakses dengan mudah. Di tahun ini, tren e-learning platform pun banyak berkembang, tentunya mereka membutuhkan banyak tutor online yang ahli di suatu bidang. Oleh sebab itu, jika Anda memang punya kemampuan di keahlian tertentu, cobalah untuk mengajukan diri menjadi tutor untuk menambah uang tambahan.

  1. Menjual Barang Handmade secara Online

Buat Anda yang punya keahlian membuat sesuatu atau handmade, tidak ada salahnya untuk menjualnya. Baik itu merajut, membuat sketsa/desain, kerajinan bahkan makanan, Anda bisa menjualnya dengan cara online.

Tentukan produk apa yang mau dijual dan tekunlah dalam menjalankannya. Tentu saja mungkin awalnya akan sulit untuk menemukan pelanggan sehingga Anda bisa memberlakukan sistem pre-order untuk meminimalisasi modal.

  1. Menjadi Kontributor Stock Foto

Buat Anda yang punya keahlian fotografi mumpuni, menjadi kontributor dari berbagai situs web berlisensi seperti istockphoto dan 123rf dapat membantu menambah pundi-pundi uang tambahan.

Bidiklah foto yang inovatif, fresh, untuk atau bisa juga merekam footage. Tentunya tidak akan sulit kalau Anda memang menyukai hal ini sebagai hobi dan memiliki kemampuan baik di situ.

Ketika sudah menjadi kontributor, jika ada orang yang rajin mengklik foro atau cuplikan video milik Anda dan mengunduhnya maka Anda akan mendapatkan sejumlah uang sesuai ketentuan yang berlaku.

  1. Melalui Ojek atau Taksi Online

Saat ini sudah banyak jasa yang melayani platform untuk ojek atau taksi online dan kenapa tidak memanfaatkan hal itu? Kalau Anda punya waktu luang, misalnya saat weekend, dan juga ada kendaraan motor atau mobil menganggur, lebih baik menggunakannya untuk mendapatkan uang tambahan.

Nah, demikianlah ulasan soal cara-cara menghasilkan uang tambahan di tahun 2022. Mulailah mendapatkan uang tambahan Anda sekarang juga dan tetaplah semangat!

Baca juga: Inilah Sederet Hoax Soal Pengalokasian Dana dan Investasi yang Perlu Dihindari

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi Indonesia Terdaftar BEI, Ini Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tentunya dapat menjadi pilihan untuk investasi. Di samping memiliki produknya, kamu pun...

Cara Bayar Kredivo Lewat Alfamart, Ini Panduan Mudahnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Kredivo lewat Alfamart sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kredivo sendiri menjadi salah satu layanan kredit online...

Daftar Fintech Berizin OJK Jadi 102, Ini Rinciannya

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar fintech berizin kembali dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 22 April 2022 lalu. Dalam catatan OJK, total jumlah penyelenggara fintech...

Cara Investasi Emas untuk Pemula, Gampang Banget!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas untuk pemula, apakah susah? Tentu saja tidak. Bahkan, caranya gampang sekali. Seperti diketahui, emas memang bukan hanya populer sebagai...

Secara Analisis Teknikal, Penurunan Harga Bitcoin Saat Ini Masih Wajar

JAKARTA, duniafintech.com - Penurunan harga Bitcoin yang saat ini berada pada level sekitar Rp300 jutaan masih dalam batas wajar jika ditinjau dari analisis teknikal....
LANGUAGE