31.5 C
Jakarta
Selasa, 28 September, 2021

Menghilang dan Didepak dari Daftar Pengusaha Cina, Ini Fakta Jack Ma

DuniaFintech.com – Fakta Jack Ma berikut ini bisa jadi info menarik bagi Anda yang mengikuti perkembangan berita bisnis dan teknologi. Terlebih, kabar menghilangnya founder Alibaba, Jack Ma, beberapa waktu yang lalu pasti sempat membuat Anda penasaran.

Pasca pidatonya pada Oktober 2020 lalu yang dianggap mengkritik kebijakan pemerintah Cina, Jack Ma tidak muncul selama beberapa bulan dari muka publik. Berbagai asumsi meliputi dugaan hilangnya Jack Ma. Mulai dari sengaja menghindari publik sampai adanya dugaan penculikan.

Tiga bulan pasca Jack Ma menghilang, beliau akhirnya muncul dalam sebuah video berdurasi 50 detik. Kemunculannya tentu menjawab berbagai pertanyaan. Namun kali ini, muncul masalah baru yang menyebut bahwa Jack Ma sudah dicoret dari daftar pengusaha Cina. Pencoretan namanya ini terjadi ketika halaman dengan Shanghai Securities News memuat nama-nama pengusaha populer di Tiongkok.

Baca Juga:

Terlepas dari berbagai kontroversinya dengan pemerintah Cina, Jack Ma adalah sosok yang sangat dikagumi karena prestasinya. Simak beberapa fakta tentang Jack Ma berikut ini!

  1. Salah Satu dari Segelintir Orang Cina Pertama yang Mengenal Internet

Jack Ma tahu internet pertama kali tahun 1994 dalam perjalanannya untuk sebuah proyek ke Amerika Serikat. Saat itu bahkan pengguna internet di Cina mendekati 0%. Siapa sangka, dari perkenalan singkatnya inilah Jack Ma menjadi salah satu pebisnis yang perusahaannya menggunakan internet sebagai basis operasional.

  1. Perusahaan yang Pertama Didirikannya Bukan Alibaba

Dikenal sebagai pendiri Alibaba, Jack Ma ternyata memulai bisnisnya dari sebuah agensi penerjemahan. Seperti yang kita tahu, Jack Ma adalah seorang guru bahasa Inggris. Agensi yang didirikannya tahun 1994 itu bernama The Huang Zhou Hope Translation Agency. Dari agensi inilah dia mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan bisnis asing yang beroperasi di Tiongkok.

  1. Jack Ma Melalui Banyak Kegagalan

Salah satu hal yang membuat banyak orang merasa terinspirasi dari Jack Ma adalah bagaimana dia mengatasi kegagalan yang dialaminya. Jack Ma bukanlah termasuk murid yang pintar di sekolah. Dia gagal ujian masuk universitas 2 kali dan ditolak oleh Harvard 10 kali. Salah satu kisah yang paling sering didengar orang tentang Jack Ma adalah bagaimana dia ditolak saat melamar kerja di KFC. Di antara 24 pelamar yang datang, hanya Jack Ma satu-satunya yang ditolak.

  1. Jack Ma Tidak Paham Pemrograman

Jika banyak pengusaha teknologi paham dengan teknologi, hal yang sama tidak berlaku pada Jack Ma. Dalam sebuah wawancara tahun 2010 dengan Charlie Rose, dia mengaku bahwa dirinya tidak paham pemrograman dan hanya menggunakan komputer untuk kebutuhan sederhana yang mendesar termasuk browsing dan mengirim email.

Itulah beberapa fakta Jack Ma yang tidak banyak diketahui publik. Apa hal yang paling Anda kagumi dari sosok Jack Ma?

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Kucurkan Kredit Rp2,24 triliun, Modal Rakyat Berhasil Jaga NPL 0,03%

Platform digital berbasis pinjaman, Modal Rakyat, berhasil menjaga tingkat kredit macet atau non performing loan (NPL) di level yang sangat rendah yaitu sebesar 0,03%. CEO...

Trade Expo Indonesia : Mendag Target Transaksi Rp21,4 triliun 

Kementerian Perdagangan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 dengan tema ‘Reviving Global Trade'. Pameran ini digelar secara digital dan melibatkan aktor global. Menteri Perdagangan Muhammad...

Daftar Aplikasi Menambang Bitcoin di Android

Bitcoin saat ini semakin dikenal di tanah air. Adapun harganya yang melambung tinggi dengan cepat, diketahui telah menarik perhatian para investor untuk mulai terjun...

OJK dan Industri Jasa Keuangan Dukung Pengembangan UMKM

Komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan, industri keuangan non bank, pasar modal dan fintech, yaitu akan meningkatkan pengembangan Usaha Menengah Kecil dan...

Modal Rakyat Beri Pinjaman untuk Usaha dengan Bunga Kompetitif

Modal Rakyat merupakan layanan pinjaman uang berbasis digital yang menjadi wadah pertemuan antara peminjam, yaitu usaha kecil dan menengah (UKM) dan pendana, yaitu individu...
LANGUAGE