29.1 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Menurut Cathie Wood Crypto Ini Melonjak 3000% Harus Dibeli

Jakarta, duniafintech.com – Menurut CEO Ark Invest Cathie Wood, harga Crypto Bitcoin  (BTC) bisa melonjak hingga setinggi $ 1,5 juta pada tahun 2030. Mengingat harga Bitcoin saat ini di bawah $ 50.000, itu akan mewakili kenaikan hampir 3.000% dalam periode yang sangat singkat.

Pada pandangan pertama, target harga $ 1,5 juta ini mungkin mengejutkan Anda. Lagi pula, dalam seluruh 15 tahun sejarahnya, Bitcoin hanya mencapai ketinggian $ 69.000 – dan itu terjadi selama pasar crypto yang sangat berbusa dan spekulatif pada 2020-2021. Tapi, seperti yang ditunjukkan Wood, dua katalis utama dapat menyebabkan Bitcoin meroket nilainya. Mari kita lihat lebih dekat.

Bitcoin ETF Terbaru

Titik awal yang jelas adalah tempat baru Bitcoin ETF produk. Ark Invest adalah salah satu perusahaan investasi yang menerima persetujuan untuk tempat Bitcoin ETF, jadi tidak mengherankan bahwa Wood sangat bullish tentang apa artinya ini bagi pertumbuhan jangka panjang Bitcoin. Seperti yang baru-baru ini dia tunjukkan di CNBC, SEC hanya memberikan “lampu hijau” untuk Wall Street dan Main Street untuk berinvestasi di Bitcoin.

Mempertimbangkan bahwa investor institusional memiliki triliunan dolar dalam aset yang dikelola, tidak akan butuh banyak untuk menggerakkan jarum. Misalnya, jika investor institusional seperti dana pensiun dan dana abadi memutuskan untuk mengalokasikan hanya 1% dari portofolio mereka ke Bitcoin, konsekuensinya bisa sangat besar. Itu bisa menghasilkan miliaran dolar mengalir ke Bitcoin.

Pada saat yang sama, manajer kekayaan dan perencana keuangan dapat mulai menasihati klien mereka untuk mempertimbangkan mengalokasikan sebagian dari portofolio mereka ke Bitcoin. Itu juga dapat menyebabkan masuknya uang baru yang mengalir ke Bitcoin. Kemungkinan besar, ini akan terjadi dalam periode yang lebih lama, dan mungkin tidak akan memiliki efek dramatis seperti, katakanlah, BlackRock Inc. (NYSE: BLK) membalik sakelar pada $ 10 triliun aset yang dikelola.

Kasus Dalam penggunaan Bitcoin

Selain itu, Bitcoin memiliki beragam kasus penggunaan yang membuatnya berharga. Ingat – Bitcoin bukan hanya aset keuangan, tetapi juga inovasi teknologi yang didasarkan pada teknologi blockchain. Kasus penggunaan yang paling jelas saat ini bertindak sebagai penyimpan nilai. Banyak investor crypto menyebut Bitcoin sebagai “emas digital” justru karena tampaknya merupakan penyimpan nilai jangka panjang, mirip dengan emas fisik.

Tetapi ada beberapa kasus penggunaan lain untuk Bitcoin yang mungkin tidak Anda pertimbangkan. Dalam laporan “Big Ideas 2023” Ark Invest, perusahaan investasi menjabarkan delapan kasus penggunaan berbeda untuk Bitcoin. Untuk masing-masing kasus penggunaan ini, perusahaan menerapkan beberapa proyeksi dan perkiraan yang berbeda untuk seberapa besar peluang pasar.

Misalnya, skenario kasus dasar dalam laporan Ark Invest adalah bagi investor institusi untuk mengalokasikan 1% dari portofolio mereka ke Bitcoin. Tetapi skenario kasus banteng meminta investor institusi untuk mengalokasikan sebanyak 6,5% dari portofolio mereka ke Bitcoin. Semakin banyak investor institusional membeli (secara harfiah) ke dalam gagasan Bitcoin, semakin tinggi Bitcoin dalam jangka menengah dan panjang.

Apakah ada yang salah dalam penggunaan Bitcoin?

Berdasarkan hal di atas, Bitcoin tampaknya tak terbendung. Tidak heran Cathie Wood baru-baru ini menggandakan estimasi harga $ 1,5 juta untuk Bitcoin. Tetapi perlu diingat bahwa Bitcoin jarang dapat diprediksi dan seringkali sangat fluktuatif. Jadi, sementara tren makro jangka panjang mungkin bagi Bitcoin untuk melambung nilainya, pasti ada banyak turbulensi di sepanjang jalan.

Salah satu risiko utama Bitcoin adalah risiko regulasi. Secara sederhana, SEC dapat memutuskan untuk menarik steker pada Bitcoin kapan saja. Persetujuan skala besar dari begitu banyak tempat yang berbeda produk Bitcoin ETF pada suatu waktu akan tampak memberi sinyal bahwa SEC akhirnya OK dengan gagasan investor membeli Bitcoin. Tetapi bagaimana jika ETF baru berkinerja tidak menentu, atau ada gangguan besar dalam bagaimana Bitcoin berdagang di pasar crypto sebagai akibat dari begitu banyak uang baru yang memasuki pasar begitu cepat?

Yang sedang berkata, saya setuju dengan Wood bahwa “blok bangunan” model untuk penilaian Bitcoin – di mana semua proyeksi kasus penggunaan untuk Bitcoin diringkas dan kemudian dikumpulkan – sangat masuk akal. Dan saya setuju bahwa persetujuan Bitcoin ETF spot hampir pasti akan menghasilkan miliaran dolar baru yang mengalir ke Bitcoin. Namun, pertanyaan besarnya adalah berapa lama Bitcoin akan mencapai target harga $ 1 juta yang mistis itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE