26.9 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Meski Ada Larangan Ekspor CPO, Tapi Harga Minyak Goreng Curah Masih Tinggi

JAKARTA, duniafintech.com – Harga minyak goreng curah masih bertengger di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang diterapkan oleh pemerintah yaitu 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram (kg) meski larangan ekspor CPO sudah berjalan selama sepekan.

Pedagang Pasar Palmerah, Anly mengaku harga minyak goreng curah belum ada penurunan selama sepekan. Selama ini dia menjual minyak goreng curah seharga Rp. 20.000 per liter.

“Harga minyak goreng curah masih mahal Rp 20.000 per liter kita jualnya, karena barangnya juga langka,” katanya, dilansir dari kontan.co.id, Senin (9/5/2022). 

Baca juga: Larangan Ekspor Bahan Baku Minyak Goreng Ditetapkan Hingga Harga Turun ke Rp 14 Ribu

Pihaknya juga mengatakan hingga saat ini masih ada pembatasan pembelian minyak goreng curah dari agen. 

“Maximal 4-5 jirigen, itu pun tidak selalu ada dan harus langganan. Kalau tidak langgan ga bisa dapat jatah,” tambahnya.

Anly menyebut meski harga minyak goreng diatas HET, banyak pembeli yang masih memilih minyak goreng curah daripada minyak goreng kemasan. Hal ini karena disparitas harga yang tinggi antara minyak goreng curah dan kemasan.

Baca juga: Dipanggil Kejagung, Mendag Diminta Kooperatif Bongkar Kasus Minyak Goreng

Dari pantauan, selama minyak goreng kemasan dilepas HET nya menggunakan mekanisme pasar harga minyak goreng kemasan melambung tinggi hingga Rp 25.000 per liternya.

Anly menyebut banyak pembeli yang sering kehabisan minyak goreng curah. Terlebih saat ini masih belum banyak pedagang dan agen minyak goreng yang buka karena masih merakan lebaran.

“Hari ini saja saya tidak menjual minyak goreng curah karena emang stoknya ngak ada. Tadi ada pembeli yang nanya juga tapi ya memang ngak ada harus bagaimana,” tuturnya.

Sebagai tambahan informasi, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengeluarkan aturan resmi larangan ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil) atau CPO dan bahan baku minyak goreng, serta minyak goreng. Kebijakan ekspor CPO ini berlaku mulai Kamis 28 April 2022.

Baca juga: Sebelum Berlaku, Jokowi Sudah Prediksi Larangan Ekspor Minyak Goreng Rugikan Petani Sawit

Larangan ini sebagai upaya dari pemerintah untuk membanjiri pasokan minyak goreng curah dan menstabilkan harga minyak goreng curah hingga mencapai HET. 

Namun meski sepekan telah berjalan, kebijakan ini ternyata masih belum mampu menurunkan harga minyak goreng curah ke harga 14.000 per liter.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE