27 C
Jakarta
Senin, 15 Agustus, 2022

Mengenal Metode Limit Order, Bisa Diterapkan Saat Trading Indodax

JAKARTA, duniafintech.com – Metode limit order adalah salah satu tips trading yang memungkinkan para trader Kripto tetap mendapatkan keuntungan meskipun dipenuhi dengan kesibukan. 

Fitur ini digunakan saat trading tanpa harus terpaku di depan layar dengan menunggu penginputan penawaran. Metode ini bisa diterapkan di crypto exchange Indodax

Metode limit order dapat membantu para trader memasang harga jual lebih tinggi daripada harga yang berlaku saat ini, tetapi bisa juga sebaliknya. Harga jual atau harga beli yang diinput sesuai dengan keinginan trader dan akan ditetapkan oleh pialang setelah memasuki harga pasaran. Jika pergerakan harga meleset, transaksi tidak dapat diproses.

Baca juga: Raih Miliaran Rupiah, Daftarkan Dirimu di Indodax Trading Competition!

Melalui fitur ini, para trader dapat meninggalkan pasar tanpa khawatir dana investasi merosot karena crypto exchange akan mengeksekusinya bila limit sudah tercapai. 

Pada prinsipnya, trading adalah membeli aset saat harga rendah dan menjualnya saat harga tinggi. Namun pada kenyataannya, cara ini tidak mudah dilakukan khususnya bagi trader baru. 

Tips trading di Indodax menggunakan metode limit akan membuat kamu lebih mudah dalam menentukan harga. Jadi, keuntungan yang bisa didapat bisa kamu atur sendiri. Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

Metode Limit Order

Apa itu Metode Limit Order?

Seperti dijelaskan di atas, metode limit order adalah proses beli atau jual aset kripto dengan harga yang kamu tentukan sendiri. Biasanya, metode limit juga disebut market maker. Kamu bisa membeli aset kripto dengan menggunakan harga yang kamu tentukan sendiri. 

Misalnya, harga Bitcoin Rp 270 juta. Kamu ingin membelinya di harga Rp 260 juta. Jadi, nantinya saldo rupiah kamu akan di-lock di harga Rp 260 juta. Order kamu akan tereksekusi ketika harga aset Bitcoin menyentuh Rp 260 juta. 

Lawan dari metode limit ini adalah instant atau market taker. Kamu bisa membeli aset kripto dengan instant atau secara langsung. 

Kamu tidak perlu mengatur harganya karena kamu membeli aset kripto di harga jual saat itu. Misalnya, harga aset kripto seperti Bitcoin menyentuh Rp 270 juta, jika menggunakan market taker atau metode instant, kamu akan membelinya di harga Rp 270 juta. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Litecoin, Begini Pengertian hingga Perbedaannya Dengan Bitcoin

Metode limit juga berlaku saat kamu ingin menjual harga aset kriptonya. Misalnya, kamu sudah membeli harga sebuah aset kripto. Kemudian, kamu ingin mematok keuntungan sekitar 100 persen. Nah, kamu bisa menentukan limit harga jualnya.

Keuntungannya

Berikut ini keuntungan metode tersebut. 

1. Pedagang menetapkan harga ideal yang cocok sesuai keinginan.

2. Dengan metode limit order, memudahkan trader guna menghemat waktu ketika sedang memantau pergerakan pasar.

3. Tidak perlu memantau pasar secara terus-menerus.

4. Jika harga pasar turun di bawah jumlah yang sudah ditetapkan, maka posisi trader dapat dibuka dengan harga yang lebih menguntungkan.

5. Limit order bisa digunakan sebagai metode manajemen risiko yang bertujuan mencegah kerugian pada perdagangan. Para trader bisa menghentikan perdagangan jika merasa pasar sudah tidak menawarkan keuntungan.

6. Fitur ini efektif memastikan trader masuk dan keluar pasar pada level harga yang sudah ditentukan.

Kenapa Harus Menggunakan Metode Limit?

Ada beberapa keunggulan menggunakan metode limit order, yaitu:

1. Kamu bisa membeli atau menjual aset kripto di harga yang kamu inginkan.

2. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dan mampu trading dengan baik.

3. Di Indodax, kamu tidak akan dikenakan biaya atau trading fee jika kamu menggunakan metode limit. Berbeda dengan metode instant atau taker, kamu bisa kena biaya 0,3%.

4. Kamu tidak perlu membuang banyak waktu untuk melihat pergerakan harga. Karena kamu sudah memasang metode limit. Secara otomatis saldo kamu akan berjalan mengikuti pergerakan harga aset kripto tersebut.

Tips Trading di Indodax Menggunakan Metode Limit

Begini tipsnya:

1. Kamu login ke akun Indodax.

2. Jika belum registrasi, silahkan registrasi dan mengisi saldo.

3. Pilih aset kripto yang ingin kamu beli.

4. Isilah limit harga berapa kamu ingin membeli di kolom limit. Tentunya, kamu membeli atau mengisi harga yang lebih murah dari harga saat itu

5. Tunggulah sampai harga aset kripto tersebut menyentuh. Otomatis, saldomu akan diputar atau diinvestasikan.

6. Kamu juga bisa menentukan limit harga jual sesuai keuntungan yang kamu inginkan. Misalnya, 100%.

7. Setelah harga menyentuh 100%, otomatis saldo mu akan dikembalikan dalam bentuk Rupiah. Dengan kata lain, trading mu berhenti.

Apa Itu Market Taker atau Instant?

Metode ini adalah metode pembelian secara instan atau langsung. Kamu bisa membeli aset kripto di harga saat itu. Kelebihannya, kamu tidak perlu menunggu. Karena saat itu juga, saldomu akan otomatis bergerak mengikuti pergerakan harga aset kriptonya. 

Berbeda dengan market limit. Kamu bisa saja menunggu dengan tempo waktu tertentu sampai harga aset kriptonya mencapai harga yang sama dengan harga yang kamu inginkan. 

Tidak sedikit orang yang menggunakan market instant. Misalnya dalam kondisi yang kepepet atau dalam kondisi cut loss dan kondisi-kondisi tertentu lainnya. Metode yang ini merupakan lawannya metode limit order yang dijelaskan di atas.

Baca juga: Jangan Ragu, Begini Dasar Hukum Investasi Kripto yang Perlu Dipahami

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Beli Tiket Pesawat di Akulaku, Bisa Nyicil Bayarnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara beli tiket pesawat di Akulaku ini sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang berencana untuk bepergian ke luar kota. Seperti diketahui,...

Cara Top Up OVO lewat ATM Mega, Banyak Keuntungannya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Mega tentu saja perlu kamu ketahui sebab ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh metode ini. Sebagai...

Ketahuilah! Meski Canggih, Tapi Inilah Dampak Negatif Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Meskipun teknologi Metaverse terbilang canggih, namun tetap ada dampak negatif Metaverse tersebut. Bagi para pengguna, mesti tetap memperhatikan dampak-dampak tersebut.  Sebelumnya telah...

Harga Pertalite Mau Jadi Rp10 Ribu, Bahlil: Masih Dihitung

JAKARTA, duniafintech.com – Wacana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite menjadi Rp10.000/liter kencang berembus belakangan ini. Hal itu pun menuai komentar Menteri Investasi/Kepala...

Wajib Tahu, Inilah Jenis Crypto Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis crypto beserta kelebihan dan kekurangannya perlu untuk Anda pahami. Di dunia ini, mata uang digital bukan hanya bitcoin, namun juga...
LANGUAGE