30.9 C
Jakarta
Rabu, 4 Oktober, 2023

Memahami Metode Trading Bitcoin, Bisa Diterapkan Bagi Pemula

JAKARTA, duniafintech.com – Metode trading bitcoin bisa terapkan agar meraih untung dalam investasi kripto ini. Sejatinya, banyak metode yang bisa diterapkan agar cuan.

Namun, untuk para pemula, metode trading bitcoin yang akan dijelaskan pada artikel kali ini dinilai lebih cocok karena sangat simpel dan mudah dipahami bagi trader kripto pemula. Mesti dicoba, nih.

Sebelum itu, anda harus memahami lebih dulu apa itu aset kripto, bitcoin dan kripto jenis lainnya. Secara garis besar, kripto adalah jenis mata uang digital yang dapat diperjualbelikan atau ditradingkan sebagai instrumen investasi.

Baca juga: Cara Aman Trading Bitcoin, Dijamin Cuan Ngalir Terus! 

Memahami Apa Itu Aset Kripto

Melangsir Investopedia, cryptocurrency atau mata uang kripto adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin dipalsukan.

Pencatatan semua transaksi yang dilakukan tersimpan pada teknologi blockchain. Blockchain tersebar luas antara satu komputer dengan komputer lain dan terkoneksi di dalam satu jaringan yang tersebar luas sehingga tidak terpusat pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah desentralisasi.

Sederhananya, kripto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga.

Selain digunakan sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Hal ini disebabkan oleh naik turunnya nilai mata uang virtual tersebut.

Baca juga: Cara Trading Bitcoin di Indodax Simpel & Cocok untuk Pemula

Di sini juga berlaku hukum penawaran dan permintaan (supply-demand). Artinya, semakin banyak orang yang menanamkan modalnya pada cryptocurrency, nilainya akan semakin tinggi.

Di Indonesia sendiri aset kripto yang dikategorikan sebagai emas digital telah mendapatkan legalitas hukum melalui Peraturan Badan Pengawasan Perdagangan Komoditi (Bappebti).

Sementara bitcoin, merupakan salah satu aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Menyusul bitcoin, ada juga Ethereum, Solana, Binance Coin dan sebagainya.

Mengutip detikfinance.com, berdasarkan Peraturan Bappebti pada 2020, sebanyak 229 aset kripto, dinyatakan legal untuk diperjualbelikan. Hanya saja, aset kripto hanya diperuntukkan sebagai sarana investasi bukan menjadi nilai tukar yang sah.

Metode Trading Bitcoin

Metode Trading Bitcoin, Cocok Buat Pemula 

Terdapat beberapa jenis metode trading Bitcoin yang biasanya dilakukan, antara lain day trading, scalping, dan swing trading. 

Jenis trading ini berbeda dengan cara mining. Berikut adalah penjelasan singkat dari ketiga jenis trading Bitcoin yang populer tersebut, mari disimak.

1. Swing trading

Jenis metode trading bitcoin ini paling umum digunakan investor atau trader Bitcoin. Dalam menggunakan metode swing trading, trader akan mengamati chart harga atau tren pasar tanpa dipantau dari detik ke detik atau hari ke hari.

Para trader akan memantau secukupnya dan lebih memilih untuk menahan asetnya untuk waktu yang cukup lama. Apabila harga Bitcoin sudah mencapai keuntungan yang diharapkan, maka trader baru akan menjualnya.

2. Day trading

Jenis trading ini dilakukan secara per hari. Seorang trader akan melakukan pembelian dan penjualan Bitcoin dalam waktu sehari saja, ataupun pada hari yang sama.

Dengan metode trading bitcoin yang ini, seorang trader harus sangat teliti dan melihat terus pergerakan nilai Bitcoin dari waktu ke waktu. Jika terlihat adanya peluang harga jual yang lebih tinggi dari harga beli, maka trader akan langsung menjualnya.

3. Scalping

Dalam metode jenis ini, waktu penjualan dan pembelian yang dilakukan lebih lebih singkat ketimbang day trading, yaitu dilakukan dalam beberapa menit saja. Jenis trading ini cenderung mengejar keuntungan yang sedikit, namun dilakukan secara berulang.

Itulah tiga metode trading bitcoin yang cocok diterapkan oleh pemula. Investasi kripto saat ini tengah banyak digandrungi masyarakat dunia. Di Indonesia, platform perdagangan aset kripto yang terbesar dan terpercaya salah satunya adalah Indodax

Baca juga: Wajib Paham, Begini Cara Trading Bitcoin dari Nol Agar Panen Cuan

Di platform Indodax ini, trading Bitcoin sangat mudah sekali, karena tampilannya yang simpel dan dinamis. Bahkan, perusahaan industri blockchain dan perdagangan kripto ini juga menyediakan layanan Indodax Academy yang dapat menjadi tempat buat Anda belajar trading crypto.

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Setor Tunai BCA tanpa Kartu Mudah dan Praktis, Begini Caranya

JAKARTA, duniafintech.com – Setor tunai BCA tanpa kartu pada dasarnya penting diketahui oleh para nasabah dari PT Bank Central Asia TBK (BBCA). BCA sendiri salah...

Tips Mengatasi Mandiri Online yang Terblokir dengan Cepat dan Aman

JAKARTA, duniafintech.com - Tips mengatasi mandiri online yang terblokir nampaknya penting untuk dipelajari bagi para nasabah Bank Mandiri yang menggunakan layanan M-Banking. Memiliki mobile banking...

Berita Fintech Hari Ini: OJK Perbolehkan Pinjol Gunakan DC

JAKARTA, duniafintech.com - Berita fintech hari ini terkait Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengonfirmasi bahwa fintech peer to peer (P2P) lending diperbolehkan menggunakan jasa pihak...

Aplikasi Pembayaran Elektronik LinkAja, Cek Keunggulannya Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi pembayaran elektronik LinkAja adalah salah satu produk jasa keuangan yang sedang populer belakangan ini di tanah air. Aplikasi yang satu ini...

Tips Buka Deposito BCA untuk Investasi Jangka Panjang

JAKARTA, duniafintech.com - Tips buka deposito BCA tengah marak diperbincangkan belakangan ini, karena berinvestasi adalah langkah cerdas dalam mempersiapkan perekonomian masa depan. Bagi pemula yang...
LANGUAGE