25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Perhatikan Tips Aman Berhutang Pinjaman Online Resmi Biar Gak Buntung

JAKARTA, duniafintech.com – Tips aman berhutang pinjaman online resmi sejatinya memang sangat perlu untuk menjadi perhatian bagi setiap calon nasabah.

Sebab, jika tidak memperhatikan berbagai aspek maka akan menjadi kendala nantinya. 

Saat ini, ada banyak platform-platform yang menawarkan kemudahan dalam mengajukan kredit pinjaman online. Meski kerap dianggap sebagai momok yang menakutkan sebagian orang, namun pada kasus-kasus tertentu hutang bisa memberi dampak positif juga. 

Hanya saja tidak semua masyarakat bisa menggunakan hutang dengan bijaksana. Walhasil, malah jadi seperti sebuah budaya buruk dan membuat pelakunya terlilit bunga yang besar sampai-sampai harus melakukan cara “gali lubang tutup lubang” untuk mengatasi hutang. 

Saat ini memang, banyak masyarakat yang membutuhkan dana cepat dengan memanfaat pinjaman online. Hal ini dilakukan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari, apalagi di masa ekonomi yang tengah sulit. 

Baca juga: Cara Menghapus Izin Akses Pinjaman Online, Biar Aman Tentunya

Untuk itu, ada tips aman berhutang pinjaman online yang bisa jadi edukasi buat anda. Tujuannya, supaya anda bisa menerapkan pola yang baik dalam melakukan pinjaman. Maka, disimak baik-baik ya. 

Memahami Apa Itu Pinjaman Online

Sebagai pengingat kembali, pinjaman online atau pinjol adalah fintech (financial technology) platform yang menyediakan dana untuk dipinjamkan kepada nasabah atau masyarakat. 

Pinjaman online sendiri berjasa sebagai penyedia keuangan dan beroperasi secara digital atau online sehingga masyarakat yang memerlukan dana tunai bisa mengajukan pinjaman secara daring tanpa perlu bertatap muka langsung. 

Tidak seperti lembaga keuangan lainnya yang cenderung menerapkan banyak persyaratan, masyarakat pun akan lebih mudah mengajukan pinjaman online.

Sebab sejumlah layanan pinjol menerapkan prosedur dan ketentuan yang lebih mudah, tanpa agunan, serta tanpa persyaratan dokumen yang rumit.

Sebagai informasi, hingga 25 Oktober 2021 lalu, jumlah penyelenggara fintech lending terdaftar dan berizin OJK adalah 104 penyelenggara, sedangkan pada tahun 2022 ini ada 102.

Tips Aman Berhutang Pinjaman Online Resmi

Tips Aman Berhutang Pinjaman Online Resmi

Agar terhindar dari jeratan hutang yang merugikan, ada baiknya melakukan cara-cara bijak sebelum mencari pinjaman online. Berikut ini tips aman berhutang pinjaman online, di antaranya:

1. Bandingkan setiap penawaran

Dari sekian banyak penyedia jasa layanan kredit online atau pinjaman online, maka yang pertama harus dilakukan calon nasabah adalah melakukan perbandingan. Platform yang memberi suku bunga paling rendah, dengan masa tenor lebih panjang. Dengan begitu cicilan pun akan terasa lebih ringan. 

Baca juga: Cara Menghindari Teror Pinjaman Online Ilegal, Simak di Sini

Ada juga beberapa situs tertentu yang menawarkan pemberian cashback berupa uang untuk nasabah terbaru mereka. Jadi jangan melewatkan informasi penting tersebut. 

Calon pengajuan pinjaman juga bisa menanyakan referensi kepada orang-orang terdekat mereka. Biasanya situs yang baik pasti akan banyak yang pasti.

2. Rencana Pelunasan

Buat skema cara melunasi hutang yang dipinjam. Lakukan perhitungan dengan detail terkait kiat-kiat apa saja yang akan dilakukan untuk membayar cicilan dan sampai tenor berapa lama. Hal ini penting untuk memperlancar proses pelunasan dan penghasilan dapat lebih terarah. 

Jangan lupa untuk menyertakan plan B apabila rencana awal tidak berjalan sesuai rencana. Memiliki rencana cadangan akan jauh lebih baik dibandingkan tanpa rencana sama sekali, sehingga kredit online resmi dapat dilunasi tepat waktu.

3. Memperhitungkan kemampuan

Melakukan kalkulasi penghasilan terhadap kebutuhan-kebutuhan pokok yang harus ditanggung oleh pendapatan tersebut. Misalnya saja: anggaran makan, tagihan listrik, transportasi, dan lain-lain. Jika sudah sedemikian rupa, maka hitung selisihnya. 

Jumlah uang yang tersisa yang tersisa nanti bisa dibagi kembali menjadi beberapa pos seperti pinjaman hutang, dana darurat, dan tabungan. Ingat, penting, penting, siapkan uang cadangan sangat penting apabila terjadi hal-hal di luar kendali.

Meski uang yang diperoleh dari pinjaman online resmi dapat dipakai apa saja, namun lebih bijak jika digunakan untuk hal produktif. Hal tersebut hanya akan merugikan, yang pada akhirnya malah akan menjadi suatu kebiasaan buruk.

Itulah tips aman berhutang pinjaman online yang perlu anda pahami. Demikianlah informasi tersebut, semoga dapat bermanfaat  dan menambah wawasan anda seputar tips dalam melakukan pinjaman online. 

Baca juga: Tips Memilih Situs Pinjaman Online Resmi yang Kredibel

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE