31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Midtrans, Payment Gateway yang Mungkin Bisa Kamu Coba dalam Berbisnis UMKM

Mungkin sebagian dari kita masih menggunakan virtual account dan transfer via ATM saat belanja online. Padahal, saat ini ada sistem pembayaran yang lebih simple dan praktis, yaitu payment gateway. Teknologi ini berkembang pesat dan kini banyak platform payment gateway di Indonesia yang mulai diminati banyak masyarakat, salah satunya adalah Midtrans.

Apa Itu payment gateway? Payment gateway adalah medium transaksi secara online disediakan oleh aplikasi e-commerce yang memberi otorisasi pemrosesan pembayaran langsung. Payment gateway hadir untuk mempermudah pelaku bisnis dan konsumennya untuk melakukan transaksi.

Midtrans sebagai salah satu platform payment gateway di Indonesia dapat memudahkan para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, apalagi platform ini telah bekerja sama dengan berbagai bank di Indonesia. Di samping itu, Midtrans juga memiliki 500 ribu lebih mitra merchant online di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Cari Asuransi Mobil Beli Asuransi Garda Oto Secara Online

Baca Juga : Mengenal Avrist Insurance Perusahaan Asuransi Bertaraf Internasional

Sekilas Tentang Midtrans

PT Midtrans adalah perusahaan finansial berbasis teknologi (fintech) yang menyediakan layanan payment gateway, disburse payment serta fraud detection bagi pelaku bisnis di Indonesia. Berdiri sejak 2012, pada mulanya Midtrans bernama Veritrans, lalu pada 2017 diakuisisi oleh Gojek Group.

Perusahaan ini telah bermitra dengan bank-bank di Indonesia dan perusahaan-perusahaan fintech untuk melayani kliennya yang terdiri dari berbagai retail e-commerce, food & beverage, charity, platform games, vending machine dan lain-lain. Dari sisi legalitas, Midtrans resmi terdaftar di Bank Indonesia sebagai penyelenggara payment gateway Nomor 20/320/DKSP/Srt/B tanggal 27 Agustus 2018.

Keuntungan Menggunakan Payment Gateway Midtrans

Apa saja keuntungan dalam menggunakan payment gateway midtrans ini? Ada beberapa keuntungan yang pasti didapatkan oleh pelaku bisnis, yaitu sebagai berikut.

Midtrans Memberikan Keamanan dalam Transaksi

Salah satu dilema dalam bertransaksi secara online adalah keamanan suatu platform. Nah, Midtrans sebagai salah satu platform payment gateway yang telah beroperasi secara resmi tentu menjaga setiap keamanan transaksi dari fraud. Bahkan, Midtrans juga telah terdaftar di Bank Indonesia sebagai penyelenggara payment gateway.

Midtrans Membantu Operasional Online Shop

Salah satu keuntungan dari payment gateway tentu saja membantu pelaku bisnis dalam operasional toko onlinenya. Payment gateway yang dimiliki Midtrans memiliki layanan yang sangat lengkap dan responsive.

Dengan kemudahan yang ditawarkan teknologinya, pelaku usaha dapat menjangkau pelanggan dengan cakupan yang luas lagi. Di samping itu, selain memudahkan transaksi secara online, Midtrans juga punya produk in store payments, yang menyediakan pembayaran secara offline bagi bisnis yang memiliki toko fisik atau offline store.

Akses Pembelian Sangat Luas Melalui Internet

Keuntungan lainnya menggunakan Midtrans adalah dapat menjangkau pasar yang sangat besar di Indonesia. Kita ketahui bahwa Indonesia memiliki sangat banyak penduduk, dan hampir seluruh masyarakat juga telah mengenyam teknologi digital. Nah, melalui payment gateway, tentu saja dapat membuat pengusaha melakukan ekspansi bisnis secara lebih massif.

Cara Kerja Midtrans

Bagi yang ingin menggunakan Midtrans untuk membantu perkembangan bisnisnya, maka berikut ini cara kerja payment gateway terbaik di Indonesia ini.

1. Daftarkan toko online atau toko fisik kamu dengan cara terhubung ke merchant admin portal Midtrans dalam mode testing. Mode demo tersebut menyediakan berbagai macam pengaturan yang bisa dicoba.

2. Lengkapi dokumen seperti identitas pelaku bisnis dan usaha yang diminta. Dokumen yang kamu kirimkan itu akan diverifikasi oleh pihak Midtrans. Kelengkapan dokumen yang diminta adalah KTP dan NPWP.

3. Akun yang telah kamu miliki tersebut, bisa digunakan secara pribadi atau individu dan kolektif atau bersifat perusahaan. Akun tersebut dapat kamu integrasikan ke dalam teknis Midtrans yang disediakan ke situs bisnis online milik kamu. integrasi ini berguna untuk memudahkan proses checkout yang akan dilakukan pelanggan.

Biaya Penggunaan Midtrans

Nah, sebagai informasi, Midtrans memiliki biaya penggunaan yang harus dibayar oleh penggunanya. Sebagai pengguna, kamu hanya perlu membayar saat proses pembayaran atau checkout telah berhasil dilakukan. Mengapa berbayar? Sebab, sistem dari Midtrans memiliki sistem pendeteksi fraud yang melindungi setiap transaksi yang ada.

Artinya, setiap transaksi yang terjadi melalui Midtrans sudah sangat diawasi dan terjaga. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan biaya awal dan biaya lainnya. Pilihan yang disediakan di platform ini sangat beragam, di antaranya melalui debit, transfer, e-wallet, bahkan bisa melalui indomaret. Biaya yang dibebankan juga sangat terjangkau, dengan maksimal Rp 5 ribu per transaksi.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luncurkan Fitur Baru, Aplikasi Anak Bangsa Ini Mudahkan Bikin NFT Kurang dari Satu Menit

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi Media Sosial karya anak bangsa, Woilo meluncurkan fitur 'NFT Woilo'. Dengan fitur baru tersebut, Aplikasi asal Surabaya, Jawa Timur itu...

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...
LANGUAGE