27.3 C
Jakarta
Rabu, 19 Juni, 2024

Miris! ShopeeFood Sepi, Driver Terpaksa Gantung Jaket dan Helm

JAKARTA, duniafintech.com – Driver mitra dan pengguna ShopeeFood bekalangan ini ikut mengeluhkan layanan platform antar-makanan tersebut. Hal itu terjadi di tengah maraknya isu terkait adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan oleh Shopee.

Adapun sejumlah driver mitra ShopeeFood mengeluh soal sepinya pesanan di layanan aplikasi e-commerce asal Singapura ini. Beberapa driver pun komplain atas tarif ongkos kirim bagi driver yang dinilai tidak seimbang dengan jarak yang mereka tempuh.

“ShopeeFood sepi, tarif ongkirnya menekan mitra driver ShopeeFood. Ongkos kirim ITC Kuningan-Kemanggisan cuma Rp10.400, Blok M ke PIM 3 Rp9.600, Poris ke Parung Panjang Rp60.800,” tulis @SinatriaNur_Muh, dikutip dari Twitter via IDX Channel, Kamis (16/5).

“Jaket dan helm ShopeeFood jadi pajangan doang, semenjak lebaran order jadi sepi,” sebut @arulambardy.

Sementara itu, Happy Yudika, salah seorang pelanggan, juga ikut mengeluhkan promo ShopeeFood yang kian berkurang. Ia menilai, saat ini promo Shopee berkurang, dari yang biasanya diskon hingga 60 persen atau maksimal Rp20 ribu, saat ini angka maksimalnya hanya Rp18 ribu.

“Gratis ongkos kirim juga berkurang. Dulu bisa mencapai Rp10 ribu, tetapi sekarang maksimal hanya Rp5 ribu, padahal ongkos kirim di ShopeeFood lebih mahal dari pada kompetitor lainnya,” ucapnya, Rabu (15/6) kemarin.

Baca jugaDaftar Toko HP terpercaya di Akulaku: Shopee dan Lainnya

Bella Ernita, yang juga konsumen Shopee Food, mengeluhkan hal serupa. Kata Bella, promo layanan ini sekarang sudah mulai jarang dan tidak seperti dulu.

Pada awalnya, promo Shopee Food bisa mencapai 60 persen, tetapi saat ini turun menjadi maksimal 55 persen, bahkan bisa kurang. Bukan itu saja, imbuhnya, promo Shopee Food belum tentu berlaku di setiap merchant.

Baca jugaBisnis Pertashop Pertamina: Syarat dan Cara Daftarnya

Shopee sendiri sebelumnya dikabarkan akan melakukan pemutusan dalam skala besar terhadap karyawannya di beberapa negara di Asia Tenggara. Layanan yang terdampak PHK ini, yaitu Shopee Food dan ShopeePay.

Adapun layanan pesan-antar makanan milik Shopee ini diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2021. Sejak diluncurkan, Shopee Food menggelontorkan promo besar-besaran, misalnya memberikan potongan harga dan gratis ongkir untuk menarik minat penggunanya.

Di awal kemunculannya, Shopee Food bahkan sanggup memberikan potongan hingga 100 persen. Dengan demikian, konsumen bisa memesan makanan di aplikasi tersebut dengan gratis atau maksimal membayar biaya layanan hanya sebesar Rp1.000 hingga Rp3.000.

Ditengarai, promo yang diberikan Shopee Food membuat banyak pelanggan kemudian beralih menggunakan aplikasi ini. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, promo ini mulai berkurang.

Bahkan, belakangan ini, pengguna Shopee Food ikut mengeluhkan penurunan dari promo dan mahalnya ongkos kirim seiring dengan pemberitaan PHK massal yang melanda Shopee.

Baca jugaLengkap! Begini Cara Buka Toko di Shopee untuk Pemula

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Iklan

ARTIKEL TERBARU