27.6 C
Jakarta
Jumat, 19 April, 2024

My Neighbor Alice: Fitur, Cara Main, dan Menghasilkan Uang

My Neighbor Alice adalah sebuah game NFT yang menyita perhatian belakangan ini. Sejak kuartal terakhir tahun 2021, sorotan dunia telah terfokus pada tren Non-Fungible Token (NFT) dan game play-to-earn (P2E). 

Kemunculan generasi gamer baru yang hanya membutuhkan perangkat canggih di rumah mereka, telah disertai dengan kehadiran game dunia virtual yang tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga kesempatan untuk menghasilkan keuntungan melalui token digital atau aset kripto.

Dalam konteks ini, salah satu game NFT play-to-earn yang menarik untuk dicoba adalah My Neighbor Alice. My Neighbor Alice adalah permainan multiplayer-builder yang terinspirasi oleh konsep permainan Animal Crossing. Di dalam game ini, pemain dapat memiliki pulau virtual dan menghasilkan berbagai karya seni yang memukau.

Dengan adanya avatar pribadi, dunia My Neighbor Alice menawarkan berbagai aktivitas menarik, seperti bercocok tanam, membangun kerajaan virtual, dan terlibat dalam perdagangan aset digital melalui pasar daring.

Apa Itu My Neighbor Alice?

My Neighbor Alice adalah salah satu inkarnasi dari konsep Game dan Finance (GameFi) play-to-earn yang berjenis multiplayer-builder (game pertanian), memungkinkan pemain memiliki lahan virtual dan menciptakan dunia virtual pribadi mereka.

Baca juga: Game Penghasil Bitcoin Gratis di Android yang Patut Dicoba

My Neighbor Alice

Dalam permainan ini, pemain dapat menjelajahi, mengumpulkan barang-barang, berkebun, dan membangun kota virtual. Konsep My Neighbor Alice sangat mirip dengan permainan Animal Crossing dan Minecraft, yang dikenal dengan pendekatan community-centric mereka.

Pemain dapat terhubung dan bersosialisasi dengan tetangga (pemain lain), berpartisipasi dalam aktivitas harian, dan menerima imbalan dalam dunia My Neighbor Alice. Untuk memasuki dunia ini, pemain perlu membeli lahan virtual yang disebut plot land.

Di sana, mereka dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mencari serangga, memancing, berkebun, dan bahkan beternak. Status pemain akan meningkat seiring dengan menyelesaikan berbagai aktivitas, misi, dan kompetisi.

Aset dalam My Neighbor Alice, seperti bangunan, dekorasi, hewan, dan tanaman, diwujudkan dalam bentuk NFT. Oleh karena itu, terdapat pasar dalam game yang memfasilitasi jual beli berbagai item game dan NFT.

Karakter utama dalam permainan ini adalah Alice, yang memiliki beberapa teman di kepulauan Lummelunda sebagai latar utama permainan. Teman-teman Alice, termasuk seekor beruang bernama Bjorn, Jose si Tukang Kapal, dan Bob si peternak lebah.

My Neighbor Alice menggunakan model free-to-play sehingga semua orang dapat memainkannya secara gratis. Namun, pemain perlu memiliki ALICE, token asli My Neighbor Alice, untuk mendapatkan berbagai item game dan lahan.

ALICE adalah token ERC-20 dan dapat disimpan di bursa dan dompet yang kompatibel dengan blockchain Ethereum. Pengembang My Neighbor Alice adalah Antler Interactive, sebuah studio game yang berbasis di Swedia. Mereka memiliki sejarah yang solid dalam industri game, terutama sebagai pelopor dalam game Realitas Virtual (VR) dengan nama SVRVIVE Studios.

Beberapa game populer yang diproduksi oleh studio ini adalah The Deus Helix dan Krystopia. Antler Interactive diakuisisi oleh ChromaWay pada tahun 2019, sebuah perusahaan pengembangan blockchain yang dikenal dengan Chromia.

CEO Antler Interactive, Anna Norrevik, memiliki latar belakang keuangan yang kuat dari pengalamannya di Accenture dan Credit Suisse. Antler Interactive juga dikenal telah menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan, seperti Bounce Finance, The Sandbox, dan merek fashion Elle.

Dalam hal pendanaan, My Neighbor Alice berhasil mengumpulkan $2,100,000 melalui dua putaran pendanaan dari perusahaan modal ventura seperti Coin98 Ventures dan Kyros Ventures, serta $100,000 dalam putaran Initial Dex Offering (IDO) di DAO Maker.

Mengapa My Neighbor Alice Unik?

Mengutip kriptomat.io, My Neighbor Alice dikenal karena fokusnya pada dua demografi yang berbeda: para pemain game dan para penggemar Decentralized Finance (DeFi), menjadikannya proyek yang unik dalam hal penggunaan yang ditawarkan oleh permainan ini.

Keunikan My Neighbor Alice terletak pada teknologi yang digunakan untuk menciptakan ekosistem yang menampilkan game dunia terbuka dan ekonomi peminjaman untuk NFT. Sistem peminjaman yang disajikan di My Neighbor Alice bersifat trustless dan didasarkan pada kontrak pintar yang memastikan bahwa pemberi pinjaman akan selalu mendapatkan kembali pinjaman NFT mereka dengan keuntungan yang dihasilkan.

Yang membuatnya benar-benar unik adalah gabungan antara game berbasis blockchain dan DeFi. Jaringan ini memungkinkan pengguna untuk bersosialisasi dan bermain game dengan pemain lain sambil melakukan staking ALICE serta meminjam dan meminjamkan NFT untuk menghasilkan yield.

Cara Kerja Game My Neighbor Alice

My Neighbor Alice memanfaatkan Chromia sebagai infrastruktur utamanya. Chromia berfungsi sebagai blockchain Layer-1 dan juga berperan sebagai Layer-2 untuk Ethereum serta blockchain lain yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM).

Keputusan ini memungkinkan My Neighbor Alice untuk mengatasi masalah kinerja yang mungkin timbul karena batasan kapasitas server atau jaringan, serta memfasilitasi calon pemain untuk bergabung tanpa perlu memiliki aset kripto khusus.

Dalam My Neighbor Alice, NFT menggunakan Chromia Originals sebagai jaringannya. Keunggulan utama Chromia Originals adalah kemampuannya dalam menyajikan informasi dan menyimpan data NFT secara lebih lengkap. Hal ini dikarenakan penggunaan arsitektur database relasional yang meningkatkan efisiensi penyimpanan data, terutama dalam format teks. Melalui Chromia Originals, pemain My Neighbor Alice dapat dengan mudah mentransfer kepemilikan aset.

Manajemen permainan My Neighbor Alice dilakukan oleh Decentralized Autonomous Organization (DAO) yang dikenal sebagai Community Council. Pendekatan ini membuat pengembangan permainan menjadi lebih demokratis di mana pemain memiliki kemampuan untuk menentukan source code yang digunakan dan berpartisipasi dalam keputusan mengenai update yang dianggap perlu.

Roadmap My Neighbor Alice

Mengutip myneighboralice.medium.com, pada tahun 2022, My Neighbor Alice berhasil meluncurkan Alpha Season 1 dan Season 2 serta memperkenalkan fitur-fitur inovatif seperti Aplikasi Pendamping, peluncur game, misi komunitas pertama, memancing, dan bercocok tanam.

Selama tahun 2022, My Neighbor Alice aktif berpartisipasi dalam berbagai acara bergengsi seperti Paris Blockchain Week dan NFT.NYC, sambil mengumumkan kemitraan penting dengan ELLE.

Tahun 2023 membawa peluang baru dan mekanisme permainan yang lebih canggih. Pada kuartal pertama (Q1), My Neighbor Alice terlibat dalam acara industri seperti Web3XP/Paris Blockchain Week, PGC London, dan NFT Paris. Mereka fokus pada pengembangan fitur kerajinan, penyewaan, dan fitur pakaian.

Q2 akan melihat peluncuran Alpha Season 3 serta partisipasi dalam NFT.NYC dan Web3 Berlin. Fitur-fitur baru termasuk kerajinan, penyewaan, fitur pakaian, dan penjualan NFT dari mitra pertama akan diperkenalkan. Kemitraan dengan merek mitra pertama menjadi fokus utama kuartal ini, untuk mengeksplorasi potensi integrasi merek yang lebih luas setelah menunjukkan kesuksesan.

Q3 akan menampilkan penjualan tanah dan kemajuan penting dalam mekanisme permainan, termasuk:

  • Pengembangan Quest Framework: Dibuat untuk menyederhanakan langkah-langkah pembuatan misi yang menarik bagi merek dengan menyediakan antarmuka intuitif untuk merancang misi secara prosedural.
  • Pengembangan Sistem Perdagangan: Sistem perdagangan yang ada memungkinkan pemain menukarkan barang dengan aset atau barang lainnya sehingga memberikan dorongan pada dinamika ekonomi dalam game.
  • NFT di Multiple Chains: Perencanaan untuk memperluas dukungan NFT ke berbagai platform blockchain, termasuk Ethereum dan Chromia, yang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan inklusivitas bagi pemain.

Q4 akan menjadi panggung untuk peluncuran Alpha Season 4 dan peningkatan game lebih lanjut, antara lain:

  • Skalabilitas Multi-Chain di Chromia: Langkah ini bertujuan untuk mengatasi tantangan skalabilitas dengan memungkinkan pemrosesan transaksi yang efisien tanpa merugikan aspek-aspek penting seperti konsistensi, ketersediaan, atau partisi.
  • Wilayah Baru di Kepulauan Lummelunda: Rencana tim pengembang melibatkan pembukaan wilayah baru di Kepulauan Lummelunda, memberikan pengalaman segar bagi pemain dan menambah konten yang lebih banyak untuk dijelajahi.

Dengan semua perkembangan yang telah diumumkan, My Neighbor Alice bertekad untuk memenuhi ekspektasi yang terus meningkat. Dengan fokus pada inovasi mekanisme permainan, kolaborasi dengan merek yang menarik, dan pengenalan fitur baru, game ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman bermain secara menyeluruh.

Pada Alpha Season mendatang, kerja sama dengan mitra merek, dan ekspansi dukungan NFT menandai langkah-langkah signifikan dalam pengembangan proyek ini. Dengan terus mendorong batas-batas game virtual, My Neighbor Alice berambisi untuk menjadi pionir dalam ranah game berbasis blockchain.

Fitur di Dalam Game My Neighbor Alice

Seperti halnya game lain yang menghasilkan NFT, My Neighbor Alice menawarkan sejumlah fitur menarik untuk meningkatkan pengalaman bermain. Berikut adalah beberapa fitur yang ada di dalam game My Neighbor Alice:

  1. Token ALICE

Fitur utama dalam permainan ini adalah token ALICE yang berfungsi sebagai aset utama di dalam game. Token ALICE dapat diperoleh melalui pembelian dengan uang fiat, kripto, atau didapatkan langsung saat bermain. Penggunaan token ALICE mencakup pembelian pulau, NFT, dan berbagai barang di dalam game. Selain itu, token ini dapat ditukar dengan uang fiat atau kripto di luar lingkup permainan.

  1. Koleksi NFT Spesial

My Neighbor Alice juga menawarkan koleksi NFT sebagai aset digital yang dapat dikumpulkan, dijual, atau ditukar dengan pemain lain. Koleksi NFT melibatkan beragam elemen, seperti pulau, tanaman, hewan, bangunan, dan barang-barang lain yang dapat ditemukan dalam permainan.

  1. Fitur Sosial Antar Pemain

Game ini memiliki fitur sosial yang memungkinkan interaksi antar pemain. Pemain dapat saling berkunjung ke pulau milik orang lain, berbagi ide, melakukan pertukaran barang, atau berkolaborasi dalam proyek bersama. Adanya fitur ini memungkinkan pemain untuk terlibat dalam komunitas di dalam game, seperti bergabung dengan klub hobi, guild profesional, atau organisasi sosial.

Spesifikasi untuk Bermain Game My Neighbor Alice

Mengutip store.steampowered.com, berikut ini adalah spesifikasi (persyaratan sistem) yang diperlukan untuk dapat memainkan game My Neighbor Alice, antara lain:

  • Sistem Operasi: Windows 7 atau yang lebih tinggi
  • Prosesor: Prosesor Dual Core 2.8 GHz
  • Memori: 4 GB RAM
  • Grafis: Kartu video dengan 1024MB VRAM
  • DirectX: Versi 10
  • Penyimpanan: Tersedia 4 GB ruang

Bagaimanakah Cara Bermain Game My Neighbor Alice?

Gameplay yang disajikan oleh My Neighbor Alice tidak terlalu berbeda dari game-builder pada umumnya. Game ini mengadopsi format open-world sehingga pemain dapat membuat bangunan dan aset menggunakan berbagai material.

Setiap pemain diwajibkan memiliki lahan atau pulau agar bisa bermain My Neighbor Alice. Untuk mendapatkan pulau, pemain dapat mengikuti sesi penjualan yang diadakan oleh My Neighbor Alice atau memanfaatkan marketplace yang disediakan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa land plot tidak tersedia dalam jumlah yang tak terbatas. Pembatasan ini diterapkan untuk menjaga nilai NFT, di mana keunikannya dapat meningkatkan nilai aset tersebut. Semakin langka suatu aset, semakin tinggi kemungkinan harganya.

Baca juga: 10 Game NFT Terbaik, Seru dan Bisa Hasilkan Cuan Lho!

My Neighbor Alice

Pada sesi penjualan land plot sebelumnya, yaitu Tourney Wolds yang berakhir pada 16 Agustus 2022, tercatat bahwa sebanyak 1.000 lahan telah terjual. Dari jumlah tersebut, sebanyak 975 land plot dijual melalui mekanisme lelang, sementara sisanya melalui undian. Harga awal lelang untuk land plot menggunakan token ALICE.

Meskipun tidak memiliki pulau, pemain masih tetap dapat menikmati My Neighbor Alice meski dengan fitur dan akses yang lebih terbatas. Setelah memperoleh pulau, pemain dapat mengelolanya dengan kegiatan bercocok tanam dan peternakan hewan.

Pemain juga dapat melakukan perjalanan ke berbagai pulau untuk berinteraksi dengan pemain lain dan karakter dalam permainan. Meskipun konsepnya open-world, My Neighbor Alice tetap menawarkan alur cerita yang harus diikuti oleh para pemain. Hal itu melibatkan berbagai kegiatan, mulai dari interaksi dengan pemain lain hingga menyelesaikan misi di dalam permainan.

Seperti yang terlihat pada Alpha Season 1, pemain diberi misi untuk memancing ikan. Kesuksesan dalam menyelesaikan misi ini akan memberikan imbalan yang dapat digunakan untuk membeli item di dalam permainan.

Bagaimanakah Cara Menghasilkan dari Game My Neighbor Alice?

Mengutip cointelegraph.com, ketika pemain mengelola ekonomi di game My Neighbor Alice, interaksi di antara mereka menciptakan berbagai peluang penghasilan. Berikut beberapa cara untuk menghasilkan pendapatan pasif dari game My Neighbor Alice:

  1. Perdagangkan Hewan

Hewan-hewan dalam permainan adalah NFT unik dengan kemampuan untuk menciptakan barang-baru dari bahan yang sudah ada. Hewan sering kali lebih diminati di pasar dan bahkan bisa menjadi komoditas unik karena setiap hewan memiliki bakat berkembang biak yang khas, beberapa di antaranya lebih istimewa daripada yang lain.

Sebagai contoh, setelah panen kapas organik di properti Anda, beberapa hewan akan membantu Anda memintal kapas menjadi benang. Sebaliknya, hewan lain dapat menenun benang menjadi kain, dan beberapa spesies dapat memberi warna pada kain sesuai keinginan mereka. Bahan-bahan hasil proses ini dapat dijual di pasar atau digunakan untuk membuat pakaian unik.

Di sisi lain, Anda mungkin ingin terlibat dalam kepemilikan hewan peliharaan setelah mengumpulkan cukup uang sebagai pedagang keliling. Anda bisa memiliki hewan di dalam game dan merawatnya di tanah yang Anda sewa dari pemain lain. Anda juga dapat memanfaatkan keahlian Anda kepada pemain lain tanpa harus menggunakan hewan Anda secara langsung.

  1. Lengkapi Pekerjaan Pemain Lain

Anda mungkin dapat memulai pendapatan pertama Anda dengan melamar pekerjaan yang diiklankan oleh pemilik tanah jika Anda belum memiliki hewan atau tanah sendiri. Mereka mungkin membutuhkan bantuan Anda untuk merawat tanaman atau merawat hewan mereka.

Hewan membutuhkan air, makanan, kasih sayang, dan perhatian, sementara tanah memerlukan penyiraman dan perawatan. Di sinilah Anda dapat berperan sebagai pengurus hewan dan tanah.

Tanah yang terjaga dengan baik menghasilkan hasil panen yang lebih baik, dan hewan yang dirawat dengan baik lebih baik dalam berkembang biak, menjadikan bantuan Anda sangat berharga bagi pemilik tanah.

  1. Ekspor Sumber Daya

Mengelilingi berbagai negara pemain adalah pengalaman yang luar biasa. Dalam hal ini, Anda akan bertemu dengan orang baru dan melihat pertanian, kreasi, hewan, dan perabotan mereka.

Jika beruntung, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa item lebih murah di satu tempat dibandingkan dengan tempat lain. Dinamika ini memungkinkan Anda berperan sebagai pedagang, membeli dan menjual barang di seluruh dunia untuk mendapatkan keuntungan.

  1. Bertani (Menanam Tanaman atau Menyewakan Tanah)

Semua kegiatan pertanian berlangsung di tanah yang direpresentasikan oleh NFT dan dapat dibeli melalui undian. Menanam dan bertani adalah pengalaman yang menyenangkan. Jika Anda beruntung memiliki tanah, Anda bisa menanam tanaman dan menjualnya kepada pemain lain.

Pastikan tanaman Anda selalu tercukupi air agar bisa mendapatkan uang dari hasil panen yang sehat. Jika semua ini terdengar seperti pekerjaan yang terlalu berat, Anda juga dapat menyewakan tanah Anda kepada orang lain dalam permainan dan mendapatkan keuntungan dari pendapatan sewa.

  1. Perdagangkan NFT Eksklusif

Topi dan gaun adalah produk unik yang dapat pemain ciptakan untuk menunjukkan gaya mereka. Karena setiap potongan pakaian yang Anda buat adalah NFT unik, Anda dapat menjualnya kepada pemain lain. Semakin unik dan menarik desainnya, semakin tinggi nilai pasarannya.

My Neighbor Alice vs Axie Infinity 

Mengutip coingape.com, berikut adalah beberapa poin penting perbandingan antara My Neighbor Alice dan Axie Infinity:

  1. Simbol

ALICE adalah simbol untuk token asli My Neighbor Alice, sementara token asli Axie Infinity ditandai dengan simbol AXS.

  1. Pasokan Beredar

Pasokan beredar untuk token ALICE dari My Neighbor Alice adalah sebanyak 41,468,157. Pasokan beredar yang sama untuk token asli Axie Infinity, AXS, yaitu sebanyak 101,105,779.

  1. Peringkat CMC

Selanjutnya, perbedaan pada peringkat CMC untuk My Neighbor Alice dan Axie Infinity. Untuk My Neighbor Alice, peringkatnya adalah 325, sementara untuk Axie Infinity, tercatat menjadi 52.

  1. Volume

Pada saat penulisan (diunggah pada 12 Agustus 2023) ada perbedaan pada volume 24 jam untuk koin My Neighbor Alice dan Axie Infinity. Untuk ALICE, nilainya adalah $39,220,218. Sementara itu, untuk token asli Axie Infinity, AXS, diketahui sebesar $86,164,895.

  1. Persentase Perubahan

Pada saat penulisan, persentase perubahan 24 jam, untuk koin My Neighbor Alice dan Axie Infinity, masing-masing adalah -0,93% dan -1,86%.

  1. Kapitalisasi Pasar

Poin penting terakhir yang akan dibahas tentang keduanya adalah kapitalisasi pasar. Adapun kapitalisasi pasar untuk My Neighbor Alice adalah $62,457,900. Untuk Axie Infinity, nilainya adalah $62,457,900.

Lantas, mana yang lebih unggul antara My Neighbor Alice vs Axie Infinity? Pada akhirnya, baik My Neighbor Alice maupun Axie Infinity memiliki keunggulan dan kelemahan tertentu. Pilihan terbaik bagi pemain pada akhirnya bergantung pada apa yang mereka inginkan dari sebuah game

My Neighbor Alice mungkin menjadi pilihan yang lebih baik jika pemain menginginkan pengalaman yang lebih santai. Namun, jika pemain ingin pengalaman yang lebih mendalam dan mencari tantangan yang lebih besar maka Axie Infinity adalah pilihan yang lebih baik.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, game My Neighbor Alice berhasil menggabungkan dunia simulasi dunia terbuka dengan elemen kripto, menciptakan pengalaman yang unik dan menghasilkan. Game ini menghadirkan kombinasi antara kemudahan akses bagi pemain dari berbagai usia dengan keuntungan dari ekosistem kripto.

My Neighbor Alice

Pada akhirnya, hal itu terbukti mampu menciptakan suatu ekosistem permainan yang menarik dan berpotensi memberikan nilai tambah bagi para pemain game My Neighbor Alice.

Baca juga: Nifty Gateway: Panduan Cara Beli dan Jual NFT dengan Mudah

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE