28.8 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Nifty Gateway: Panduan Cara Beli dan Jual NFT dengan Mudah

Nifty Gateway adalah salah satu digital marketplace atau pasar digital untuk membeli dan menjual NFT yang populer saat ini. Belakangan ini, Non-Fungible Token (NFT) telah menjadi salah satu konsep yang paling populer yang muncul dari teknologi blockchain. 

Seiring dengan popularitas NFT, beberapa pasar digital telah muncul di mana pengguna dapat membeli dan menjual NFT. Salah satu pilihan yang terkenal adalah Nifty Gateway.

Seperti pasar NFT SuperRare, Nifty Gateway dikenal karena fokusnya pada seni digital kelas atas dan koleksi yang dikuratori. Platform ini secara berkala menawarkan koleksi edisi terbatas melalui kerja sama dengan seniman dan merek terkemuka, termasuk Beeple, Daniel Arsham, dan Pak.

Meskipun pasar lain yang berbasis blockchain Ethereum seperti OpenSea dan Rarible terus mendominasi, Nifty Gateway menawarkan pengalaman yang berbeda dengan koleksi seni digital yang luas dan opsi kustodian unik bagi para kolektor NFT.

Baca juga: E-Wallet Terbaik yang Cocok Untuk Trading NFT

Nifty Gateway

Apa Itu Nifty Gateway?

Mengutip phemex.com, Nifty Gateway adalah platform pasar (marketplace) NFT yang didirikan oleh saudara kembar, Duncan Cock Foster dan Griffin Cock Foster. Misi mereka adalah “membuat Nifties dapat diakses oleh semua orang”.

Misi ambisius Nifty Gateway menyatakan bahwa mereka akan terus berupaya hingga satu miliar orang mengoleksi Nifties. Perlu diketahui, “Nifties” adalah permainan kata dari singkatan NFT yang berarti token non-fungible.

Nifty Gateway didirikan pada tahun 2018. Antara Mei 2020 dan April 2021, Nifty Gateway mencatat penjualan total sebesar USD $303.800.000 di kedua pasar utama dan sekundernya. Selama periode yang sama, platform ini dilaporkan telah meluncurkan sebanyak 2.960 NFT baru dari 263 seniman.

Bagaimana Nifty Gateway Bekerja?

Masih mengacu pada phemex.com, Nifty Gateway berkolaborasi dengan seniman dan merek untuk menciptakan koleksi seni digital edisi terbatas yang eksklusif untuk platform tersebut.

Nifty Gateway juga mengambil tanggung jawab yang tinggi dalam kurasi NFT yang diterbitkan di platformnya. Dalam hal ini, seniman harus melalui proses aplikasi dan wawancara sebelum diizinkan untuk mencetak dan menerbitkan NFT.

Tujuan dari langkah ini adalah memastikan bahwa semua karya seni yang dikoleksi memiliki kualitas tinggi, dan membantu menjaga reputasi premium platform tersebut. Di sisi lain, hype pasar diciptakan untuk koleksi seni digital langka ini dengan merilisnya melalui “drop” yang dijadwalkan dan hanya tersedia untuk jangka waktu terbatas.

Untuk memberikan informasi terkini tentang NFT yang akan segera dirilis, Nifty Gateway meluncurkan buletin digital khusus mereka. Untuk “drop” oleh seniman terkenal, kolektor mungkin memilih untuk mendaftar sebelumnya karena NFT yang populer sering habis terjual segera setelah dirilis.

Fitur Unik Nifty Gateway

Nifty Gateway dikenal karena menawarkan berbagai fitur menarik pada platformnya, mulai dari Model “Drop”, Lelang, hingga Kepemilikan Terfraksionasi. Mengutip blockchain-council.org, berikut adalah ulasan tentang fitur-fitur unik di Nifty Gateway:

  1. “Drop” Model

Model “Drop” dari Nifty Gateway adalah fitur unik yang menciptakan rasa eksklusivitas dan urgensi seputar NFT yang ditawarkan di platform ini. Berbeda dengan menawarkan aliran terus-menerus NFT, Nifty Gateway melepas sejumlah terbatas NFT pada waktu-waktu tertentu. Hal ini menciptakan lonjakan permintaan yang sering kali mengakibatkan NFT habis terjual hanya dalam hitungan menit.

  1. Lelang

Selain model “drop”, Nifty Gateway juga menawarkan lelang untuk NFT yang unik. Lelang ini bisa sangat kompetitif, dengan beberapa NFT dijual pada harga puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu dolar Amerika Serikat (USD). Fitur ini memungkinkan para kreator menciptakan NFT yang benar-benar unik dan memberikan pembeli kesempatan untuk memiliki sesuatu yang benar-benar satu-satunya.

  1. Penjualan yang Dikendalikan oleh Kreator

Berbeda dengan pasar NFT lain yang mengambil persentase dari setiap penjualan, Nifty Gateway memungkinkan kreator menetapkan harga sendiri dan mendapatkan 100% dari hasil penjualan. Ini memberikan kreator lebih banyak kontrol atas harga dan distribusi NFT mereka, yang dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan dan eksposur.

  1. Pasar Sekunder

Nifty Gateway memiliki fitur pasar sekunder yang memungkinkan pengguna menjual kembali NFT mereka kepada pengguna lain. Fitur ini penting karena memungkinkan pembeli untuk mendapatkan kembali investasi mereka jika mereka memutuskan untuk menjual NFT mereka. Ini juga menciptakan pasar untuk NFT yang telah mengalami peningkatan nilai, yang dapat meningkatkan permintaan dan mengakibatkan harga yang lebih tinggi.

  1. Kemitraan Premium

Perlu diketahui, Nifty Gateway telah bermitra dengan beberapa merek dan seniman terkenal untuk menawarkan koleksi NFT eksklusif. Mereka bermitra dengan NBA, sebagai contoh, untuk menawarkan NFT yang dilisensikan resmi, dan dengan seniman seperti Trevor Jones dan Mad Dog Jones untuk menawarkan koleksi NFT unik. Kemitraan-kemitraan ini memberikan pengguna Nifty Gateway akses ke NFT yang sangat dicari dan dapat membantu meningkatkan visibilitas serta reputasi platform.

  1. Integrasi Media Sosial

Nifty Gateway memungkinkan pengguna untuk berbagi koleksi NFT mereka di platform media sosial, seperti Twitter dan Instagram. Ini tidak hanya membantu mempromosikan NFT dan platform itu sendiri, tetapi juga dapat mengakibatkan peningkatan permintaan dan eksposur bagi para kreator.

  1. Kepemilikan Terfraksionasi (Fractionalized Ownership)

Nifty Gateway menawarkan fitur yang disebut kepemilikan terfraksionasi yang memungkinkan beberapa pengguna memiliki sebagian dari suatu NFT. Ini bermanfaat bagi pembeli yang tidak mampu membeli seluruh NFT sendiri, tetapi masih ingin memiliki saham di dalamnya. Selain itu, fitur ini juga bermanfaat bagi kreator yang potensial dapat menjual lebih banyak bagian dari suatu NFT dan meningkatkan pendapatan mereka.

Apa yang Membuat Nifty Gateway Berbeda dari Marketplace Lainnya?

Lantas, apa yang membuat Nifty Gateway berbeda dari marketplace lainnya? Mengutip coindesk.com, Nifty Gateway diketahui menawarkan beberapa layanan yang membedakannya dari pasar NFT lainnya, di antaranya:

  1. Sistem Penitipan (Kustodian)

Salah satu poin perbedaan terbesar Nifty Gateway adalah bahwa platform ini menawarkan opsi penitipan. Penitipan kripto merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan siapa yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan aset digital.

Istilah ini sering dikaitkan dengan dompet kripto yang dapat bersifat penitipan atau non-penitipan. Dengan NFT, Nifty Gateway berfungsi sebagai penitip pihak ketiga untuk NFT yang dibeli dan dijual di platformnya.

NFT yang disimpan di platform menggunakan produk penitipan Gemini yang menyimpan aset digital dalam sistem aman offline, yang dikenal sebagai “cold storage”. Nifty Gateway menggunakan “omnibus wallet” atau akun induk untuk memindahkan NFT di sekitar platform tanpa harus memproses transaksi di blockchain.

Opsi ini berarti tidak ada biaya gas yang biasanya diperlukan untuk setiap transaksi di blockchain Ethereum, termasuk transfer NFT. Penting untuk dicatat, opsi tersebut juga berarti bahwa Nifty Gateway dapat membantu jika pengguna kehilangan akses ke akun atau kata sandi mereka.

  1. Pembayaran dengan Kartu Kredit

Opsi penitipan di Nifty Gateway memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai metode pembayaran, termasuk kartu debit atau kredit, ETH yang telah didepositokan sebelumnya ke dompet yang terhubung dengan platform, atau dana kripto dari akun Gemini.

  1. Wallet 2 Wallet (W2W)

Nifty Gateway juga menawarkan opsi non-penitipan untuk penjualan NFT yang disebut Wallet 2 Wallet (W2W), yang memungkinkan pengguna membeli dan menjual NFT langsung dari dompet kripto eksternal mereka dalam bentuk ether (ETH).

Karena transaksi W2W terjadi di blockchain, biaya gas dikenakan meskipun kontrak pintar kustom Nifty Gateway membuat transaksi NFT lebih efisien, mengurangi biaya gas hingga 70%.

Pada Agustus 2022, fitur ini memungkinkan pengguna membuat daftar W2W untuk NFT yang dipegang di dompet Ethereum, dan pengguna dapat membeli daftar W2W hanya dengan ETH yang dipegang di dompet MetaMask. Sekitar satu dari lima daftar di situs tersebut adalah W2W.

  1. Tidak Ada Biaya Gas saat Pembuatan

Nifty Gateway juga menanggung 100% biaya gas selama pembuatan NFT di platformnya tanpa biaya tambahan bagi kolektor. Kolektor hanya bertanggung jawab atas biaya gas saat mereka menarik ETH yang telah didepositokan sebelumnya, menarik NFT melalui opsi pembayaran seperti Google Pay dan Apple, atau membeli NFT dengan ETH yang didepositokan dan menyetor NFT ke Nifty Gateway.

Baca juga: Minting NFT adalah: Cara Membuat dan Menjualnya [2024]

Nifty Gateway

Selain itu, pembaruan terbaru perusahaan akan mengurangi biaya pasarannya untuk daftar dari 5% menjadi 2,5%, jumlah yang sama dengan pesaing seperti OpenSea dan Rarible. SuperRare memiliki biaya 3%. Platform ini menyatakan bahwa pengguna tidak akan pernah membayar biaya untuk menghapus daftar NFT.

  1. Drops” yang Dikuratori dan Diverifikasi

Nifty Gateway memastikan bahwa rilis NFT baru diulas dan diverifikasi sebelum dijual. Drops yang dikuratori dipilih oleh Nifty Gateway dan dijual langsung oleh pencipta secara eksklusif di platform.

Drops yang diverifikasi merupakan drops di seluruh ekosistem NFT yang telah diverifikasi oleh Nifty Gateway sebagai otentik. Drops tersebut terdaftar di situs sebagai kalender dengan tanggal dan waktu masing-masing drop yang sudah ditandai sebelumnya.

Platform ini juga memiliki pasar sekunder di mana pengguna dapat membeli koleksi populer yang telah diverifikasi, seperti Bored Ape Yacht Club dan World of Women.

Perbedaan Nifty Gateway vs Rarible vs OpenSea

Setelah memahami apa yang membuat Nifty Gateway berbeda dari marketplace lainnya, kini saatnya untuk mencari tahu perbandingannya dengan marketplace lainnya, di antaranya Rarible dan OpenSea. Mengutip blockchain-council.org, berikut ini perbandingan Nifty Gateway vs Rarible vs OpenSea:

  1. Asal

Perbandingan pertama berdasarkan asal masing-masing marketplace ini. Nifty Gateway didirikan pada tahun 2018 oleh Duncan Cock Foster dan Griffin Cock Foster. Nifty Gateway adalah pasar dengan perusahaan induknya, Gemini, sebuah perusahaan yang berbasis di New York.

Sementara itu, Rarible adalah pemain terbaru yang debut pada tahun 2020, meskipun konsepnya sudah ada sejak tahun 2017. Rarible adalah salah satu pasar NFT yang berbasis di Amerika Serikat.

OpenSea adalah pasar NFT tertua, diluncurkan pada tahun 2017, dan berbasis di Amerika Serikat juga.

  1. Target Pasar

Meskipun beberapa platform ini ditujukan kepada kelompok yang sama, yaitu seniman digital dan penyedia konten, tetapi dalam praktiknya terdapat beberapa perbedaan. Nifty Gateway cocok untuk seseorang yang mencari platform online untuk membangun rangkaian NFT premium beredisi terbatas.

Di sisi lain, pasar NFT Rarible cocok untuk siapa pun yang ingin membuat atau mengoleksi komoditas digital langka sambil menjaga keamanan blockchain. Sementara itu, OpenSea adalah pilihan yang sangat baik bagi pengguna yang ingin mendapatkan manfaat dari interaksi pintar dan teknologi blockchain yang aman.

  1. Bantuan & Pelatihan

Bantuan online & pelatihan adalah perbedaan signifikan lainnya antara ketiga pasar NFT ini. Alat pelatihan dan dukungan online sangat berguna bagi siapa pun yang baru menggunakan platform ini, baik kreator maupun seniman digital. 

Selain itu, platform dapat menggunakan fitur ini untuk mendidik dan membantu konsumennya dalam membuat pilihan terbaik. Nifty Gateway dan Rarible adalah platform yang sesuai bagi mereka yang mencari platform NFT dengan opsi pelatihan online langsung.

Di lain sisi, OpenSea tidak menawarkan pelatihan online. Akan tetapi, tidak ada dari ketiga pasar NFT ini yang menawarkan instruksi berbasis web atau diskusi tatap muka.

  1. Integrasi Teknologi

Terakhir, perbandingan dalam hal fleksibilitas integrasi teknologinya. Platform Nifty Gateway terintegrasi dengan Metamask dan Ethereum saja. Sementara itu, platform Rarible terintegrasi dengan dompet populer seperti Coinbase Wallet, WalletConnect, dan lainnya.

Dalam kategori ini, OpenSea adalah pemenang yang jelas. Hal itu karena platform ini mendukung integrasi dengan berbagai teknologi, termasuk Ethereum, Metamask, Coinbase Wallet, Mintbase, Bitski, dan lain-lain.

Bagaimanakah Cara Menjual dan Membeli NFT di Nifty Gateway?

Mengutip blockchain-council.org, berikut ini adalah panduan untuk membeli dan menjual NFT di Nifty Gateway yang perlu diketahui, yaitu:

Panduan Cara Membeli NFT di Nifty Gateway

  1. Buat Akun
  • Untuk membuat akun di Nifty Gateway, buka situs web https://www.niftygateway.com/ dan klik tombol “Sign Up” yang terletak di pojok kanan atas halaman.
  • Isi alamat email kamu, buat kata sandi, dan setujui syarat dan ketentuan. Kamu juga perlu menyediakan nama dan lokasi kamu.
  • Setelah menyelesaikan proses registrasi, kamu akan menerima email verifikasi. Klik tautan yang disediakan dalam email untuk mengaktifkan akun kamu.
  1. Deposit ke Akun
  • Untuk mengisi saldo akun kamu di Nifty Gateway, klik tombol “Wallet” yang terletak di pojok kanan atas halaman setelah masuk ke akun kamu.
  • Pilih opsi “Add Funds” dan pilih jumlah yang ingin kamu depositkan.
  • Kamu dapat mengisi saldo akun kamu menggunakan kartu kredit atau debit, transfer bank, atau kripto.
  1. Cari NFT yang Ingin Dibeli
  • Untuk menemukan NFT yang ingin dibeli di Nifty Gateway, klik tombol “Marketplace” yang terletak di bilah navigasi atas situs web.
  • Kamu dapat menelusuri NFT yang tersedia berdasarkan seniman, koleksi, atau kategori.
  • Kamu juga dapat menggunakan fungsi pencarian untuk menemukan NFT tertentu.
  1. Tempatkan Penawaran atau Beli NFT secara Langsung
  • Setelah menemukan NFT yang ingin kamu beli, klik gambar untuk melihat rincian.
  • Jika NFT tersedia untuk dijual maka kamu dapat membelinya langsung dengan mengklik tombol “Buy Now” dan mengikuti petunjuk.
  • Jika NFT dilelang maka kamu dapat menempatkan tawaran dengan mengeklik tombol “Place Bid” dan memasukkan jumlah tawaran yang diinginkan.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Nifty Gateway memegang peran penting dalam mendukung seniman dan mendorong pertumbuhan pasar NFT secara keseluruhan. Sebagai platform yang didirikan pada tahun 2018 oleh Duncan dan Griffin Cock Foster, Nifty Gateway bertujuan untuk membuat NFT dapat diakses oleh semua orang. Akuisisi oleh bursa kripto Gemini pada akhir 2019 menambahkan legitimasi pada platform ini.

Dalam ekosistem seni digital, Nifty Gateway menonjol dengan menekankan seni digital kelas atas dan koleksi yang dikuratori. Melalui kemitraan dengan seniman dan merek ternama seperti Beeple, Daniel Arsham, dan Pak, platform ini secara teratur meluncurkan koleksi edisi terbatas yang menciptakan kehebohan di pasar NFT.

Nifty Gateway

Keunikan Nifty Gateway terletak pada model penurunan eksklusif, lelang, dan penjualan yang dikendalikan oleh kreator. Platform ini juga menawarkan opsi penitipan (kustodian) yang memastikan keamanan aset digital bagi para kolektor.

Dengan integrasi teknologi yang kuat, termasuk dukungan untuk dompet populer seperti Metamask dan Ethereum, Nifty Gateway memberikan pengalaman yang unik bagi mereka yang ingin terlibat dalam pasar NFT.

Baca juga: Bisa Hasilkan Cuan! Begini Cara Memainkan Game NFT Splinterlands untuk Pemula

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE