25.9 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Negara Tiongkok Adopsi Mobile Payment Tertinggi Dunia

DuniaFintech.com – Negara Tiongkok menjadi yang tertinggi dalam mengadopsi mobile payment di dunia. Menurut Statista, lebih dari miliyaran warga Tiongkok diprediksi akan melakukan transaksi pembayaran sehari-hari dengan memanfaakan layanan elektronik pada tahun 2020.

Disebutkan juga, jumlah penetrasi rata-rata dari penggunaan mobile payment di Tiongkok mencapai 32%. Jumlah tersebut menjadi yang tertinggi saat ini. Selain itu, pertumbuhan jumlah tersebut juga didukung oleh pemain-pemain besar yang ada di negeri Tirai Bambu tersebut, seperti Alipay dan WeChat Pay yang menggandeng restoran, penjual grosis hingga konumen untuk mengadopsi layanannya.

Tiongkok yang juga memiliki banyak usaha level mikro dan menengah, membuat adopsi pembayaran dengan kartu kredit tidak dimungkinkan. Fenomena tersebut lantas membuat kebiasaan pembayaran pun mengalami transisi dengan melongkapi satu tahap.

Negara Tiongkok Adopsi Mobile Payment Tertinggi Dunia
Sumber: Statista

Selain menjadi yang tertinggi dalam urusan adopsi mobile payment, Tiongkok juga menjadi negara dengan rata-rata nilai transaksi tahunan terbesar di wilayah Asia, dengan menorehkan USD 1.569. Tiongkok mengungguli Korea Selatan, India dan Vietnam dari segi nilai transaksi tahunan dan penetrasinya.

Baca juga:

Tiongkok Pimpin Penetrasi Mobile Payment Dunia

Korea Selatan menjadi negara kedua yang membayang-bayangi Tiongkok dalam melakukan penerapan pembayaran mobile dunia. Namun, meski menjadi yang tertinggi, secara total nilai transaksi yang dihasilkan Tiongkok masih berada di bawah negara adidaya lainnya, seperti Amerika Serikat, Britania Raya dan beberapa negara Eropa lainnya.

Negara berkembang di Asia memang memiliki perkembangan dan penetrasi yang cukup tinggi dalam mobile payment di level global. Namun, nilai hasil transaksi yang digunakan oleh pengguna cenderung rendah. Hal ini merujuk kepada manfaat dan fungsi pembayaran elektronik yang digunakan pengguna dalam kondisi tertentu.

DuniaFintech/Fauzan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE