25.9 C
Jakarta
Kamis, 18 April, 2024

NFT Lagi Ngetren, Ini Deretan Pesohor Tanah Air Bergelut Bisnis Kripto

JAKARTA, duniafintech.com – NFT lagi ngetren akhir-akhir ini. Aset digital mata uang kripto dan NFT saat ini sedang naik daun. Para artis dan tokoh di Indonesia juga tak mau ketinggalan dalam berbisnis digital ini.

Siapa saja mereka, kami akan mengulasnya satu persatu. Namun sebelum itu, kita tentu harus tau apa itu NFT yang lagi ngetren ini dan merupakan salah satu jenis kripto.

Pengertian NFT yang lagi ngetren ini memang sangat penting untuk diketahui, sementara NFT sendiri merupakan kepanjangan dari Non-Fungsible Token. Biasanya NFT akan menggunakan basis teknologi blockchain, sebut saja Bitcoin.

Selain itu, Non-Fungible Token akan diperjualbelikan secara online dan terkadang dibayar menggunakan cryptocurrency. Biasanya juga akan dibuat dengan kode menggunakan perangkat lunak dasar yang sama seperti aset crypto lain.

Sepertinya Non-Fungible Token merupakan salah satu jenis aset digital yang terus membludak akan popularitasnya. Mulai dari karya seni visual sampai berbagai macam makanan serta tweet yang tak umum, rupanya objek ini menyebabkan efek fenomena tulip mania.

Bagaimana tidak, pendapatan yang berhasil teraih untuk NFT sejak tahun 2017 lalu mencapai 174 juta dolar Amerika Serikat. Menakjubkan bukan? Lalu sebenarnya apa maksud dari NFT sendiri?

NFT merupakan sebuah aset digital yang mampu mewakili objek dunia nyata seperti seni musik, lukisan, video, hingga item dalam game. Pasalnya, mereka akan beli dan jual secara online dengan menggunakan cryptocurrency.

Pengertian NFT Crypto adalah tidak ada duanya atau tidak ada duplikatnya sama sekali dan termasuk sebuah token unik. Meskipun NFT sudah ada sejak 2014, rupanya malah semakin populer. Sebab ini merupakan metode yang sangat praktis dalam membeli atau menjual karya seni.

Secara umum NFT sebagai salah satu proses transaksi yang cukup terbatas bahkan juga mempunyai kode pengenal unik. Tentunya fakta tersebut bertolak belakang dengan adanya kreasi digital dan pasokan yang tidak terbatas.

Meski demikian, sepertinya sebagian besar pasar NFT juga masih spekulatif dan sering terjadi perubahan harga. Tetapi, itu bukan berarti bahwa Non-Fungible Token tidak dapat Anda beli karena ada alasan tertentu.

Dikutip dari Tribunnews.com, ini deretan artis tanah air yang bergelut di bisnis aset digital NFT kripto:

  1. Anang Ashanty

Anang Hermansyah dan Ashanty merilis token kripto bernama ASIX ke pasar NFT beberapa waktu lalu.

Token kripto yang dikembangkan Anang dan keluarga bersama MC Basyar, SEO IDM Token, ludes terjual saat pertama rilis secara terbatas pada 27 Januari lalu.

Tidak hanya karya, ASIX memungkinkan pengguna memainkan game Pay to Earn (P2E). Namun token kripto milik Asix sempat bermasalah karena dianggap belum berizin untuk diperjual belikan di Indonesia.

  1. Luna Maya

Aktris Luna Maya turut merambah bisnis investasi aset digital dengan merilis NFT berupa karya digital secara terbatas.

Karya-karya tersebut hanya tersedia 10 item saat dirilis pada Juni 2021 lalu. Karya digital orisinal miliknya diproduksi oleh Tokau, perusahaan yang berpengalaman membuat karya NFT untuk para artis Jepang.

Luna Maya pun menggunakan platform NFT Bakery Swap untuk memasarkan produk NFT miliknya.

  1. Syahrini

Lama tak muncul di tv, Syahrini merilis NFT berjudul ‘Syahrini’s Metaverse Tour’ pada 14 Desember 2021 lalu.

Ia ikut merambah bisnis tersebut dengan merilis karya seni digitalnya ini berupa avatar yang bergambar dirinya. Avatar bergambar wajah Syahrini dapat digunakan di Metaverse, dunia digital 3D yang dikembangkan oleh Meta.

Bisnis terbarunya itu merupakan hasil kerja sama Syahrini dengan PT Anak Gaul Jaksel dan NFT Kings Pro.

NFT tersebut dijual lewat salah satu platform jual beli Binance dengan harga persatuan sekitar 20 Binance USD atau sekitar Rp286 ribu. Telah terjual sebanyak 17.800 buah, karya digital Syahrini didapuk sebagai NFT hijab pertama di dunia.

  1. Reza Arap

YouTubers dan musisi Reza Arap ikut ambil bagian dalam bisnis aset digital itu. Ia merilis produk NFT, yakni Rezarap Smoking Kills, Rezarap -2016, dan Rezarap Purple Pacifier.

Reza memasarkan karya digitalnya tersebut melalui salah satu platform NFT yang lagi ngetren ini, OpenSea. Ketiga produknya berhasil terjual senilai 0,5 ETH per karya, atau sekitar Rp22 juta.

Tak hanya memasarkan miliknya, Reza Arab juga meramaikan pasar NFT, seperti membeli foto selfie Ghozali Everyday senilai Rp18,6 juta.

  1. Wirda Mansur

Putri dari Ustaz Yusuf Mansur, Wirda Mansur menjadi salah satu influencer yang ikut berbisnis aset digital.

Ia akan merilis NFT Marketplace dalam waktu dekat. Wirda akan meluncurkan token ICOIN.

Sebelum dirilis, Wirda sudah mengadakan pre sale dan sempat dikritik oleh beberapa pegiat investasi digital.

  1. Angel Lelga

Angel Lelga turut berbisnis aset digital, ia merilis koin token yang kemudian diberi nama Angel Token.

Kabarnya Angel Lelga menghabiskan puluhan miliar rupiah dalam bisnis terbarunya itu. Mantan istri Rhoma Irama itu langsung fokus mengurus bisnis terbarunya dan mengurangi kegiatan di dunia entertain.

Angel lelga berharap agar para pembelinya bisa mengerti soal investasi digital sebelum membeli Angel Token agar tidak merugi.

  1. Rizky Billar dan Lesti Kejora

Pasangan suami istri Rizky Billar dan Lesti Kejora baru saja merilis bisnis aset digital berupa koin kripto yang baru saja dirilis.

Sebelum dirilis secara resmi, koin yang diberi nama $Leslar ludes terjual dalam waktu 30 detik di private sale.

Di acara Private Sale, Leslar Metaverse sudah menyiapkan 555 BNB dan semuanya ludes terjual habis dengan cepat sehingga banyak orang yang tidak kebagian kuota saat Private Sale berlangsung.

Sadar bahwa banyak penggemarnya yang ikut membeli koin kriptonya itu, Lesti mengingatkan untuk memahami lebih dulu.

  1. Gabe Welly

Selebgram yang sempat viral karena mirip Atta Halilintar itu juga mengumumkan bahwa dirinya mulai tekuni bisnis aset investasi digital.

Gabe mengaku habiskan dana hingga ratusan juta untuk memulai bisnis yang kemudian ia beri nama Gaberversecoin.

Meski begitu, dana sebesar itu berasal dari dirinya dan beberapa temannya yang juga tergabung dalam tim Gaberversecoin. Ke depannya Wely menuturkan projectnya itu akan menggandeng sederet artis untuk berkolaborasi.

 

Penulis: Panji A Syuhada

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE