30.2 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

Niat Investasi Bukan Sedekah, TKW Hong Kong Gugat Yusuf Mansur

JAKARTA, duniafintech.com – Darni, seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) Hong Kong asal Sragen muncul ke publik dan menceritakan kronologi dirinya mengikuti investasi ala Ustaz Yusuf Mansur yang belakangan sedang diterpa masalah.

Menurut Darni, pada mulanya ia hanya ikut pengajian yang diisi Yusuf Mansur di Hong Kong pada tahun 2014 silam. Akan tetapi, ia kemudian terpikat dengan investasi yang dikenalkan Yusuf Mansur.

Lantas, Darni pun mulai menyetorkan uang sebesar Rp10 juta kepada Yusuf Mansur.

“Saya sebenarnya bukan penggemar Yusuf Mansur. Hanya pengin ikut pengajian. Karena saat pengajian itu ada tawaran investasi nabung tanah dari Yusuf Mansur, akhirnya saya bersama dengan kawan-kawan yang lain ikut. Saya menyetor Rp10 juta untuk investasi empat meter,” katanya di kanal Youtube JIA TV, dikutip pada Jumat (17/6).

Baca juga: Yusuf Mansur Tawar Ganti Rugi Jadi Rp1 Juta, Kuasa Hukum Penggugat: Itu Tidak Adil!

Yusuf Mansur saat itu menjanjikan bagi hasil kepada investor per tahunnya. Akan tetapi, beberapa waktu setelah uang disetor, nomor sang ustaz tidak dapat dihubungi.

“Saya niatnya investasi, bukan sedekah. Jadi, ya tetap meminta uang itu dikembalikan berikut dengan komitmen di awal ia menjanjikan,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, setidaknya ada 60 investor dari berbagai investasi Ustaz Yusuf Mansur yang akan menggeruduk kediamannya di Ketapang, Tangerang, Banten, dalam. Yusuf Mansur pun masih harus menghadapi gugatan wanprestasi yang diajukan oleh beberapa koleganya dengan nilai tuntutan mencapai triliunan rupiah.

Baca juga: Bukan 1 Triliun! Yusuf Mansur Ngaku Butuh Rp200 T untuk PayTren, Ini Alasannya

Kontroversi Yusuf Mansur

Belakangan ini, Yusuf Mansur memang sedang menjadi sorotan publik lantaran sering menuai kontroversi. Berbagai aksinya dinilai tidak mencerminkan sosok seorang ustaz kondang.

Bahkan, ia juga kerap dihujat dan dicaci warganet lantaran aksi-aksinya tersebut. Berikut ini beberapa aksi kontroversi ustaz Yusuf Mansur yang berhasil dirangkum.

1. Marah-marah Gebrak Meja

Pada awal April 2022 lalu, beredar video ustaz Yusuf Mansur di media sosial. Video dengan durasi 5 menit itu berisi ustaz Yusuf Mansur mencurahkan isi hatinya terkait kesulitan mengumpulkan dana sebanyak Rp1 triliun untuk Paytren.

“Katanya ‘ah Mansur, saham, saham, saham, saham, jangan saham, Paytren lo urusin’ emang kita lagi ngurusin ape? Emang kita ngurusin saham itu ngurusin apa? Emang kita masuk perusahaan sana, perusahaan sini, menyebut ini, menyebut itu, emang buat siapa,?” katanya di video yang beredar.

“Yang saya lakukan buat Paytren. Bisa saya ajak ngomong Anda semua, saya butuh duit Rp1 triliun, buat ngerjain Paytren,” imbuhnya.

Menurut pengakuan ustaz Yusuf Mansur, dana Rp1 triliun bisa saja diperoleh dengan cara patungan.

“Mau Anda patungan? Mau? Kalaupun mau dan saya terima duit Anda, maka saya akan makin bermasalah hari ini. Maka itu lah saya ngamen, saya ngasong, demi siapa? Demi Anda semua, demi satu nama, Paytren Paytren. Nangis saya,” tutupnya sambil menggebrak meja.

Namun, rupanya video ini telah beredar sejak Agustus 2021. Paytren merupakan pihak yang mengunggah video itu, tetapi baru viral karena videonya dipotong-potong oleh publik dan disebarkan ke Instagram, Twitter, dan TikTok.

Adapun potongan video saat ustaz Yusuf Mansur berbicara dengan nada tinggi hingga menggebrak meja yang ada di depannya itu tak ayal menjadi viral hingga dijadikan meme oleh warganet.

2. Sumpahi Jemaah Miskin

Yusuf Mansur pun kembali membuat heboh usai melontarkan sumpah pada jamaahnya. Hal itu tampak dari unggahan video yang tersebar di media sosial.

Awalnya, Yusuf Mansur menyampaikan ceramah soal sedekah yang memberikan motivasi kepada para jamaahnya. Akan tetapi, di tengah ceramahnya tiba-tiba ia melontarkan sumpah tersebut pada jemaah yang tidak mau bersedekah.

“Siapa yang pengen punya duit 10 miliar?” tanya Yusuf Mansur kepada jamaahnya.

“Mana? Mana? Yang nggak ngacung gua sumpahin miskin!” sambungnya.

Pada video yang tersebar itu pun tertulis ‘Parah! Jama’ahnya nggak ada yang mau sedekah, eh Ustadz Yusuf Mansur malah ngomong yang enggak-enggak gue sumpahin miskin lu!’.

Akibat aksi itu, Yusuf Mansur langsung dicaci oleh warganet.

3. Teriak-teriak Saat Azan

Belum lama ini, Yusuf Mansur juga membagikan unggahan baru di halaman Instagram pribadinya. Unggahan itu memperlihatkan rekaman video ketika sang penceramah kondang itu tengah melaksanakan salat gaib untuk mendiang Emmeril Kahn Mumtadz.

Namun, video itu justru disorot publik lantaran menuai hujatan dari berbagai pengguna media sosial. Hal itu karena pada video yang diunggah oleh Yusuf Mansur itu dirinya tampak asyik merekam video di tengah kumandang azan menggema.

Bukan hanya merekam, Ustaz Yusuf Mansur malah terlihat berteriak memanggil salah seorang jamaah.

“MasyaAllah, Allahuakbar!, wali nih wali, hei Jamil!” teriak Yusuf Mansur.

Lantas, momen itu menuai hujatan warganet lantaran sang ustaz dinilai tak menghargai suara azan yang tengah berkumandang.

Baca juga: Polisikan Pihak yang Sengaja Potong Videonya, Yusuf Mansur: Gak Ada Cerita Cabut Laporan!

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU