30.9 C
Jakarta
Rabu, 27 Oktober, 2021

Perusahaan Mineral Nornickel Gabung dengan Jaringan Blockchain

DuniaFintech.com – Nornickel, produsen paladium dan nikel bermutu tinggi terbesar di dunia serta produsen utama platinum dan tembaga terbesar di dunia, baru-baru ini mengumumkan akan bergabung dengan RSBN (Jaringan Blockchain Sumber yang Bertanggung Jawab/Responsible Sourcing Blockchain Network).

Penggunaan teknologi Blockchain di berbagai sektor kian menggeliat. Salah satunya adalah di bidang produksi mineral dan barang tambang lainnya.

RSBN sendiri merupakan hasil kolaborasi di antara para penggiat industri mineral. Tujuannya adalah menggunakan Blockchain untuk mendukung praktek produksi yang bertanggungjawab dari seluruh aktivitas penambangan sampai pemasaran.

Langkah ini dilakukan setelah Nornickel mengumumkan strategi untuk menggunakan teknologi digital canggih untuk menciptakan rantai pasokan yang berpusat pada pelanggan, yang akan mencakup token yang didukung logam pada platform Atomyze global, platform tokenisasi yang mewakili aset fisik dalam bentuk digital.

Baca juga:

Didukung oleh Perusahaan Teknologi Raksasa, IBM

Baik platform Atomyze dan RSBN dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi Hyperledger, yang diciptakan atas partisipasi IBM. Dengan bergabungnya Nornickel dengan RSBN, serangkaian rantai pasokannya akan diaudit setiap tahun berdasarkan persyaratan sumber utama yang bertanggung jawab oleh RCS Global.

Audit tersebut mencakup setiap tahap operasi perusahaan yang terintegrasi secara vertikal dari tambang Rusia hingga kilang di Finlandia dan Rusia.

Setelah diaudit berdasarkan persyaratan sumber yang bertanggung jawab, setiap rantai pasokan akan dibawa ke RSBN dan jejak data audit yang tidak dapat diubah akan disimpan ke dalam platform.

Tujuannya adalah untuk membuktikan bahwa produksi nikel dan kobalt dijalankan dengan cara yang bertanggungjawab sesuai dengan aturan yang berlaku, ungkap perwakilan dari Nornickel.

Dibangun di atas teknologi IBM Blockchain dan didukung oleh Hyperledger Fabric dari Linux Foundation, platform RSBN membantu meningkatkan transparansi dalam rantai pasokan mineral dengan menyediakan catatan yang aman dan tidak dapat diubah serta dapat dibagikan dengan anggota jaringan tertentu.

RSBN dirancang untuk diadopsi di seluruh industri oleh pabrikan peralatan asli (Original Equipment Manufacturers/OEM) di bidang otomotif, elektronik, dirgantara dan pertahanan. Serta mitra rantai pasokan mereka di bidang pertambangan dan manufaktur baterai.

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

5 Langkah Mudah Melakukan Investasi bagi Anak Muda

Investasi menjadi salah satu bagian yang terpenting bagi anak muda yang melek dalam kondisi masa depan nanti. Sehingga banyak yang memulai untuk mempelajari apa...

5 Sektor Saham Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang

Sektor saham adalah hal penting untuk dipahami ketika memutuskan saham apa saja yang ingin dikoleksi untuk jangka panjang saat dihadapkan dengan ratusan saham untuk...

Apa Itu Premi, dan Tujuan Membayar Premi Asuransi

Mengapa premi tertera pada perjanjian asuransi? Dan apa yang dimaksud dengan premi asuransi? Berikut penjelasan pengertian premi asuransi. Setelah Anda mengetahui pengertian asuransi dan risiko,...

Ketahui Syarat dan Cara Mendapatkan Pinjaman UMKM agar Cepat Cair

Pinjaman UMKM cepat cair adalah solusi dalam berwirausaha yang seringkali terkendala pada modal awal untuk memulai usaha. Padahal, usaha tanpa modal sebenarnya sudah bisa...

Aplikasi GoTrade, Solusi Mudah Beli Saham Listing di Luar Negeri

GoTrade adalah sebuah merek dagang yang bernama TR8 Securities Inc., sebuah perusahaan berlisensi untuk menjalankan bisnis oleh lembaga pengatur dan pengawas dari Pemerintah Malaysia....
LANGUAGE