24.5 C
Jakarta
Sabtu, 13 Agustus, 2022

OJK Setujui Izin Asuransi Paydi Beroperasi Secara Digital

DuniaFintech.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberi lampu hijau kepada penyelenggara asuransi melakukan paydi, penjualan produk terkait investasi secara daring. Pada persetujuan pertama ini, OJK memberikan 9 perusahaan izin untuk beroperasi. Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Eksekutif Pengawas Industri Non Bank (IKNB) OJK Riswinandi.

“Dari 14 perusahaan yang mengajukan, sembilan perusahaan sudah disetujui untuk melakukan penjualan secara tanpa tatap muka atau secara virtual dan ini kita terus monitor,”

Melalui SEOJK Nomor 19/2020 tentang Saluran Pemasaran Produk Asuransi, diharapkan para penyelenggara mampu mengikuti payung hukum yang berlaku. Kehadiran aturan itu sebagai panduan perusahaan asuransi dalam menjalin kerja sama pemasaran produk baik dengan agen, bank, serta institusi lainnya.

Riswinandi berharap, kerja sama tersebut mampu menciptakan akses masyarakat terhadap produk asuransi yang semakin luas. Dengan demikian, akan mendorong peningkatan penetrasi asuransi di Indonesia.  

“Kami juga berharap peraturan ini menjadi acuan. Sehingga pemasaran produk asuransi bisa terselenggara baik secara prudent dan mengedepankan aspek perlindungan konsumen. Dalam hal ini, perlindungan konsumen menjadi prasyarat yang sangat penting untuk mendorong inklusi asuransi,”

Baca juga:

OJK Beri Izin Asuransi Mengadakan Paydi

Selanjutnya, OJK bersama asosiasi sedang mematangkan dan segera menerbitkan aturan mengenai minat pemakaian asuransi paydi. OJK bersama-sama asosiasi asuransi mendalami peraturan yang berkaitan dengan perlindungan konsumen dan posisi perusahaan asuransi.

Salah satu penyelenggara asuransi yang telah mendapat izin paydi ialah Generali. Chief Marketing & Customer Generali Indonesia Vivin Arbianti Gautama mengatakan, pihaknya sudah mendaftarkan proses ini ke OJK sesuai ketentuan yang berlaku.

Nantinya, penjualan unitlink secara daring akan dibantu para agen. Dengan demikian, seluruh prosesnya dijalani secara online, dimulai dari melakukan submit aplikasi dan persetujuan. 

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Menteri Bahlil: Siap-Siap Untuk Kenaikan Harga BBM Subsidi

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memberikan sinyal akan terjadi kenaikan harga BBM subsidi, lantaran harga minyak dunia sudah melampaui harga minyak di APBN sekitar US$63...

Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

JAKARTA, duniafintech.com - Dampak positif Metaverse dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Teknologi ini bisa mendukung aktivitas manusia.  Saat ini dunia digital atau metaverse ini tengah...

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...
LANGUAGE