33.1 C
Jakarta
Minggu, 24 Oktober, 2021

Padang Jadi Potensi Besar Fintech Berkembang?

duniafintech.com – Padang dianggap menjadi pasar potensial bagi pengembangan ekonomi digital atau financial technology (fintech). Kondisi ini didukung oleh inklusi keuangan yang belum tumbuh secara merata di daerah-daerah.

Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute Sukarela Batunanggar menjelaskan, pada prinsipnya Sumatera Barat sama dengan daerah lain di Indonesia yang pasarnya masih sangat terbuka bagi penetrasi perusahaan fintech.

Baca juga : Home Credit Indonesia Dukung Pariwisata Lewat Inovasi Pembiayaan

Untuk menyikapi pengembangan fintech khususnya di Padang, OJK pun tidak diam. OJK juga telah menggelar sosialisasi POJK No.13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital Sektor Keuangan, di Padang.

Padang menjadi kota yang dipilih karena Padang salah satu kota yang dianggap penting. Mengingat banyaknya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Barat dianggap menjadi potensi besar bagi fintech untuk berkembang.

Sosialisasi yang bertemakan “Sinergi dalam Membangun Ekonomi Digital di Sumatera” tersebut, diselenggarakan di Hotel Mercure Padang pada tanggal 4-5 Oktober 2018 lalu. Tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini adalah untuk membangun ekonomi digital di pulau Sumatera, tepatnya di kota Padang.

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Lembaga Pemerintahan Daerah, Bank Indonesia, Industri Jasa Keuangan, Perguruan Tinggi, mahasiswa, dan pelaku UMKM.

Baca juga : Heboh, Bitcoin Kembali Meroket 20% dalam 3 Hari Terakhir

OJK berharap dengan adanya sosialisasi POJK, masyarakat di Sumatera Barat bisa paham bahwa ada kesempatan bagi masyarakat terutama yang memiliki bisnis UMKM untuk bisa mendapatkan akses kepada sektor jasa keuangan.

Tidak hanya itu, salah satu startup fintech yang telah terdaftar OJK, Do-It juga turut berperan aktif dalam acara tersebut dengan membuka stan yang bertujuan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para mahasiswa, pelaku UMKM, Jasa layanan Keuangan dan masyarakat lainya yang turut hadir dalam acara tersebut.

Selain memberikan edukasi kepada para pengunjung, tim Do-It memberikan sosialisasi dan edukasi serta memperkenalkan fintek ke semua kalangan masyarakat di kota tersebut. Tim Do-It juga turun langsung di Jalan Proklamasi Padang dan sekitarnya. Tidak hanya turun ke jalan-jalan, Do-It juga memberikan sosialisasi dan edukasi selama tiga jam kepada anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Andalas.

Baca juga : Bisakah Ethereum Naik 250% Hingga Akhir Tahun Ini?

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Panduan Sukuk Terlengkap untuk Investasi Obligasi Syariah

Investasi obligasi belakangan ini kian diminati sehingga panduan sukuk terlengkap sangat penting untuk diketahui. Istilah sukuk yang menjadi lini investasi ini prospeknya dilirik oleh...

Bunga Bank: Hukum, Faktor yang Mempengaruhi, dan Jenisnya

Bunga bank atau bank interest adalah salah satu istilah perbankan terpopuler, yang meski seringkali didengar, tetapi masih banyak orang yang belum begitu dekat dengan...

Kenali 12 Prinsip Asuransi Syariah sesuai Syariat Islam

Sebagaimana diketahui, prinsip asuransi syariah harus sesuai dengan syariat Islam sebab jenis pertanggungan yang satu ini mendasarkan kriterianya sesuai dengan ajaran Islam. Saat ini,...

Keuntungan dan Cara Menjadikan Perusahaan Go Public

Perusahaan go public berarti perusahaan tersebut telah menawarkan sahamnya kepada masyarakat umum sesuai tata cara yang telah diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan...

Pinjaman AwanTunai, Layanan Cicilan Online tanpa Kartu Kredit

Awantunai adalah pinjaman online tanpa kartu kredit sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi cicilan tanpa kartu kredit dan...
LANGUAGE