26 C
Jakarta
Rabu, 7 Desember, 2022

Payment Gateway adalah: Definisi hingga Sederet Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway adalah bidang bidang fintech yang menghubungkan transaksi antara konsumen dan penyedia barang.

Lantas, apa sih definisi, cara kerja, dan manfaatnya? Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari laman OCBC NISP.

Baca juga: Payment Gateway: Manfaat, Rekomendasi, hingga Tips Memilih

Payment Gateway adalah

Berasal dari istilah bahasa Inggris, payment gateway terdiri dari kata payment yang berarti pembayaran dan gateway yang artinya gerbang. Jika digabungkan maka artinya gerbang pembayaran.

Ini adalah teknologi yang mampu membuat seluruh bisnis menerima transaksi pembayaran dari berbagai tempat dan waktu tak terbatas dengan memanfaatkan internet. Dengan demikian, pengertiannya adalah alat pembayaran sebuah transaksi dalam layanan aplikasi e-commerce dengan fungsi mengotorisasi berbagai proses pembayaran baik perbankan, kartu kredit, transfer bank maupun secara langsung dari konsumen.

Berikut ini sistem yang penunjang gerbang pembayaran:

  • Address Verification System: sistem verifikasi tagihan otomatis pada pihak penagih sesuai data dimasukkan, bisa ke nomor telepon, email, kartu kredit, atau alamat penagihan lainnya.
  • Security Code: sistem yang membuat transaksi hanya bisa diproses jika diselesaikan melalui alamat penagihan terdaftar.
  • 3D Secure Password: sistem keamanan berlapis untuk memastikan hanya pemilik alamat penagihan bisa melakukan transaksi.

Perkembangan Payment Gateway di Indonesia

Adapun gerbang pembayaran di Indonesia diresmikan pada tanggal 4 Desember 2017 di Jakarta oleh Bank Indonesia (BI). Sistemnya di Indonesia diberi nama Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), yang disahkan dalam Peraturan BI No. 19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017.

Peraturan Anggota Dewan Gubernur mengatur sistem gerbang pembayaran di Indonesia untuk mengintegrasikan berbagai instrumen pembayaran secara nasional dan membuat lokal pembayaran perbankan di Indonesia.

Dukungan pemerintah terhadap perkembangan payment gateway di Indonesia pun sangat tinggi. Nah, supaya GPN ini sukses, pemerintah telah membentuk 3 pihak khusus, yakni Lembaga Standar, Lembaga Switching, dan Lembaga Service.

payment gateway

Cara Kerja Payment Gateway

Berikut ini cara kerjanya melalui e-commerce yang perlu diketahui.

Konsumen melakukan transaksi

Pertama, konsumen e-commerce melakukan window shopping lalu memutuskan untuk membeli suatu produk sehingga muncul opsi pembayaran, salah satunya adalah payment gateway. Pembayaran dengan layanan ini bisa menjadi salah satu opsi atau terpasang otomatis ketika konsumen akan membayar.

Penerusan informasi payment gateway ke prosesor pembayaran

Kedua, meneruskan informasi di langkah pertama yang diketahui oleh koneksi sumber gerbang pembayaran kepada pelaku proses pembayaran yang dipilih konsumen. Misalnya, konsumen memilih transaksi pembayaran melalui bank, gerbang pembayaran akan menyampaikan informasi ke bank tersebut.

Informasi diterima oleh asosiasi penerbit

Ketiga, pelaku processor pembayaran menyampaikan informasi terjadinya pembayaran kepada asosiasi penerbit kartu, misalnya Visa atau Mastercard. Selain berdasarkan Visa atau Mastercard, gerbang pembayaran juga bisa menghubungkan ke bank-bank yang bekerja sama.

Pemberian kode khusus

Keempat, asosiasi penerbit akan memberikan balasan berupa kode khusus kepada prosesor pembayaran. Kode khusus ini sifatnya mirip dengan OTP, tetapi hanya diketahui oleh penerbit kartu dan prosesor gerbang pembayaran.

Keberhasilan transaksi

Terakhir, setelah kode pembayaran diterima dan dikonfirmasi, gerbang pembayaran akan mengubah status pembayaran konsumen menjadi lunas. Kemudian, gerbang pembayaran akan meneruskan informasi ke merchant pemasang dan transaksi jual beli pun sukses dilakukan.

Baca juga: Payment Gateway Indonesia: Cara Kerja dan Rekomendasi Terbaik

Manfaat Payment Gateway

Gerbang pembayaran tentunya membawa dampak signifikan bagi kehidupan. Seluruh transaksi pembayaran berjalan secara efektif. Bukan itu saja, inilah sederet manfaatnya yang lain.

Mempermudah transaksi online

Pertama, mempermudah transaksi online. Dengan adanya teknologi ini, kamu tidak perlu melakukan pembayaran secara offline lewat bank atau bertemu pihak penjual secara langsung. Pasalnya, proses transaksi telah otomatis dilakukan secara online.

Opsi pembayaran lebih banyak

Kedua, opsi pembayaran lebih banyak. Lantaran transaksi dilakukan secara online, penyediaan sarana pembayaran menjadi berkembang dan beragam. Kamu dapat memilih sarana transaksi sesuai dengan opsi pembayaran yang dimiliki tanpa harus membuat dari awal.

Transaksi lebih cepat diselesaikan

Ketiga, transaksi lebih cepat diselesaikan. Kamu tidak perlu menunggu beberapa hari untuk membeli suatu produk lantaran proses transaksi lama. Dengan adanya gerbang pembayaran, proses transaksi kamu segera selesai sebab gerbang pembayaran terintegrasi langsung ke asosiasi penerbit atau bank dan tempat transaksi barang.

Keamanan lebih terjamin

Keempat, keamanan lebih terjamin. Sistem transaksi gerbang pembayaran memiliki keamanan berganda, baik dari sisi hubungan dengan penerima dana maupun tempat transaksi barang. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir dana kamu dicuri oknum melalui skimming, kebocoran data, dan sebagainya.

Tidak ada limit transaksi

Kelima, tidak ada limit transaksi. Konsumen dapat melakukan transaksi pembayaran sepuas mungkin dalam satu waktu tanpa terikat limit transaksi.

Melayani pertukaran kurs dengan mudah

Keenam, melayani pertukaran kurs dengan mudah. Ini adalah manfaat gerbang pembayaran bagi kamu yang akan bepergian ke luar negeri.

Alasannya, kamu tidak perlu mengantre secara offline untuk menukarkan kurs. Hanya melalui gerbang pembayaran secara online, keperluan pertukaran kurs bisa terpenuhi.

Memungkinkan transaksi massal dalam satu waktu

Bagi pelaku usaha, manfaat yang dirasakan dari gerbang pembayaran adalah transaksi bisa dilakukan secara massal dalam satu waktu. Tentunya hal itu membantu aktivitas bisnis lebih efisien. Misalnya, pengiriman gaji karyawan yang bisa dilakukan secara efektif.

Sekian ulasan tentang payment gateway yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Payment Gateway Termurah di Indonesia, Intip Yuk Jawaranya!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE