26 C
Jakarta
Kamis, 8 Desember, 2022

Promosikan IKN ke Dunia Internasional, Jokowi Gandeng Tony Blair

JAKARTA, duniafintech.com – Promosikan Ibu Kota Nusantara atau yang akrab disebut IKN ke panggung dunia internasional tentu menjadi tantangan bagi pemerintah.

Presiden Joko Widodo mengajak seluruh pihak untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) karena memiliki keuntungan tersendiri jika berinvestasi di Nusantara sebagai kota masa depan.

Bahkan, Jokowi tidak tanggung-tanggung meminta bantuan eks Perdana Menteri Inggris Tony Blair untuk membantu promosikan IKN ke dunia internasional. Untuk itu, Jokowi membuka seluas-luasnya kepada investor untuk terlibat dalam pembangunan IKN.

Eks Perdana Menteri Inggris Tony Blair Promosikan IKN ke Dunia Internasional

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Tony Blair menyarankan kepada pemerintah untuk promosikan IKN ke dunia internasional, seperti Uni Emirat Arab (UEA) dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) serta beberapa perusahaan asing di kawasan Asia untuk berinvestasi di IKN.

Bahkan, Luhut mengungkapkan berdasarkan saran dari Tony Blair perusahaan dari Indonesia juga dapat berkontribusi dalam pembangunan IKN dengan menanamkan modalnya.

Dia menambahkan Tony Blair mengaku puas terhadap paparan Presiden Jokowi dalam proses pembangunan dan kegiatan IKN.

“Tony Blair sangat puas dengan yang disajikan oleh panitia dan Presiden juga hadir disana,” ujar Luhut.

Jokowi Ajak Investor Untuk Investasi di IKN

Jokowi membuka pintu seluas-luasnya kepada investor untuk berinvestasi dalam pembangunan IKN sebagai kota masa depan. Bahkan dia membuka peluang kepada investor untuk memilih kawasan di IKN untuk dilakukannya pembangunan sesuai dengan minat para investor.

“Investasi terbuka lebar, Bapak, Ibu bisa pulih, mau investasi di sebelah mana, mau kawasan inti ya harganya beda. Financial center, kawasan health care center, kawasan educating center, housing area dan tourism area,” kata Jokowi.

Baca juga: Softbank Batal Ikut Investasi di IKN Nusantara, Begini Tanggapan Pemerintah

Promosikan IKN ke Dunia Internasional

Jokowi Turun Gunung Hilangkan Keraguan Investor di IKN

Menteri Investasi/Kepala Badan Koorinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menegaskan tindakan Jokowi untuk turun langsung promosikan IKN ke dunia internasional sebagai bentuk untuk menghilangkan keraguan kepada para calon investor IKN bahwa proyek IKN akan tetap berjalan sesuai dengan rencana pemerintah.

Dia mengakui ada beberapa investor yang meragukan terhadap proses pembangunan IKN, sehingga dengan hadirnya Presiden Jokowi sebagai bentuk ketegasan agar para investor tidak ragu dalam melakukan investasi di IKN, sekaligus promosikan untuk membuka mata dunia internasional.

“Ketegasan Pak Presiden Belikan penjelasan, itu sebagai wujud dari tanggung jawab pemerintah untuk menjamin investor untuk berinvestasi di IKN,” kata Bahlil.

IKN Sebagai Kota Perubahan Peradaban Indonesia

Selain turut promosikan ke dunia internasional, Presiden Jokowi memastikan pembangunan IKN nantinya akan memiliki konsep kota pintar masa depan berbasis alam dengan 70 persen arean hijau. Selain itu, IKN akan menggunakan sumber energi baru terbarukan (EBT).

Begitu juga dalam segi transportasinya, sekitar 80 persen transportasinya menggunakan kendataan berbasis listrik atau autonomous vehicle (AV).

Baca juga: IKN Ibu Kota Nusantara Resmi Dibangun, Tak Merusak Lingkungan

Dia mengungkapkan transportasi tersebut nantinya tidak akan menggunakan awak dan tanpa supir. Hal itu dilakukan agar dalam aktivitas masyarakat di IKN dapat ditempuh dengan jalan kaki. Bahkan untuk jarak tempuh kota IKN dapat dilakukan dalam waktu 10 menit.

“Jadi yang kita hargai disana adalah pejaan kaki dan orang yang senang naik sepeda. Ten minutes city, jarak tempuh kemana-mana itu adalah dalam waktu 10 menit,” lata Jokowi.

Jokowi menambahkan dalam budaya kerja juga akan dibangun budaya kerja produktif. Sehingga dalam tata kelola dan manajemen juga didukung dengan teknologi yang mumpuni, dan berharap dapat promosikan IKN ke dunia internasional.

“Smart living, smart city, semua layanan masyarakat melalui aplikasi, akta lahir, akta nikah lewat handphone, paperless. Ini yang nanti ingin kita bangun,” ujar Jokowi.

Baca jugaNilainya Fantastis, Korsel Disebut Akan Investasi di IKN Nusantara

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE