28.9 C
Jakarta
Sabtu, 24 Februari, 2024

Pemerintah Bersama Facebook Beri Pelatihan Gratis untuk UMKM di Indonesia

Duniafintech.com – Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Facebook untuk mengembangkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia agar mampu bertahan di tengah pandemi. Upaya pelatihan gratis ini diwujudkan melalui kampanye virtual #TumbuhdiFacebook yang diluncurkan secara virtual. Melalui program yang berlangsung pada Oktober 2020-Januari 2021, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Facebook akan menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi, diskusi, hingga festival belanja.

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari mengatakan, “UKM merupakan komunitas terbesar yang ada di Facebook Group. Oleh sebab itu Facebook terus membantu setiap gerak UMKM. Hingga saat ini sudah ada 85 ribu UMKM yang kami sudah latih. Kami tadi membicarakan UKM yang akan kami latih juga bersama teman-teman dari Smesco sekitar 15 ribu tapi tentu minimal kita berharap bisa meningkatkan angka tersebut.”

Sebagai langkah awal pelatihan gratis ini, Kemendag dan Facebook menyelenggarakan pelatihan virtual Akademi Instagram untuk membantu para pelaku UMKM di seluruh Indonesia memaksimalkan penggunaan platform digital dalam mengembangkan usaha mereka. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan penjualan mereka melalui aplikasi digital dari Facebook.

Baca Juga:

Kemudian pelatihan Whatsapp Go Digital and Scale-Up bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT-KUMKM) dengan target 3,6 ribu usaha. Serta pelatihan untuk Inovator terpilih dari program Pahlawan Digital UMKM KEmenkop UKM dengan target yang terus menyesuaikan.

Dalam program pelatihan gratis yang berlangsung pada periode Oktober 2020 sampai Januari 2021, Kemendag dan Facebook akan melaksanakan 10 kegiatan yang melibatkan pelaku UMKM, perwakilan perdagangan, dan pegawai Kemendag. Adapun beberapa rangkaian kegiatan tersebut meliputi dua sesi pelatihan virtual Optimalisasi Sosial Media untuk pegawai Kemendag, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), dan Atase Perdagangan.

Selain itu, akan dilakukan juga serangkaian penayangan konten IGTV series #BanggaBuatanIndonesia, kelas pelatihan lanjutan seputar fitur Facebook dan Instagram Shops, Masterclass Facebook sebagai wadah diskusi dan saling berbagi inspirasi antara sesama pelaku UMKM di Facebook Indonesia page, azar virtual yang ditayangkan secara langsung (live) di Instagram, pelatihan Facebook Laju Digital bagi alumni Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI).

Selanjutnya ada Kolaborasi program #SheMeansBusiness dari Facebook, bersama Kemendag dan Femina untuk mengadakan pelatihan dan bincang-bincang virtual (virtual talk) bagi para perempuan wirausaha Indonesia.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE