Pemerintah Rangkul AFTECH Perluas UMKM Digital

0
221
UMKM digital

DuniaFintech.com – Pemerintah melalui Kemenko Perekonomian mulai mengimbau pelaku UMKM untuk mengadaptasi digital sebagai bagian dari Strategi nasional (Stranas) Ekonomi Digital. Dalam penerapannya, pemerintah menggandeng Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Terdapat 4 pilar dalam menerapkan Stranas Ekonomi Digital, yakni talenta digital, riset dan inovasi, infrastruktur fisik dan digital serta regulasi dan kebijakan yang mendukung.

Kedua belah pihak menanda-tangani program ini dalam ikatan Pengembangan Ekonomi Digital Nasional melalui Pemanfaatan Layanan Keuangan Digital yang disepakati pada Rabu, 27 Januari 2021. Program ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam merealisasikan perkembangan layanan digital.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin mengapresiasi ikatan kerja sama pihaknya dengan AFTECH untuk membuat UMKM go digital. Ia juga berharap, literasi dan pengetahuan akan produk teknologi keuangan dan ekonomi digital juga meningkat.

“Melalui penandatanganan kerja sama ini juga tentu diharapkan dapat berimbas pada digitalisasi serta peningkatan daya saing UMKM lokal,”

Baca juga:

Pemerintah Klaim UMKM Go Digital Masih Sedikit

Rudy menilai belum tersentuhnya layanan digital pada badan usaha berpengaruh dalam peningkatan bisnisnya. Ia beralasan tingginya penggunaan internet serta gawai yang mendukung menjadi syarat utama berkembangnya potensi perekonomian digital Tanah Air.

“Dikarenakan kurangnya kemampuan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital, baik dalam memasarkan produknya maupun untuk kegiatan-kegiatan lainnya. Selain itu juga keterbatasan infrastruktur dan tenaga kerja yang kurang terampil masih menjadi kendala bagi perkembangan ekonomi digital nasional,” 

Di sisi lain, Wakil Ketua AFTECH, Budi Gandasoebrata akan berkomitmen mendukung digitalisasi UMKM melalui inovasi dan teknologi layanan keuangan digital, pada usia yang memasuki tahun ke-5.

“AFTECH mendukung program Kemenko Perekonomian RI dalam pengembangan ekonomi digital melalui pemanfaatan layanan serta peningkatan literasi keuangan digital,” 

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here