31.9 C
Jakarta
Sabtu, 26 September, 2020

Pengguna Spotify Meningkat Drastis di Kuartal 2 2020

DuniaFintech.com – Platform digital streaming musik dan hiburan, Spotify mendapatkan peningkatan pengguna, atau monthly active user sebanyak 299 juta. Hal tersebut disampaikan oleh perusahaan berbasis di Stockholm, Swedia dalam laporan keuangannya di kuartal ke 2 tahun 2020.

Peningkatan tersebut juga memengaruhi pertumbuhan pengguna Spotify yang berlangganan fitur premium. Dalam laporannya, terdapat peningkatan sebanyak 29% jika dibandingkan dengan 2019 lalu. Selain itu, peningkatan juga terjadi sebanyak 5% jika dibandingkan Q1 2020. 

Kendati demikian, Spotify mengalami performa yang menurun pada urusan aliran dana. Hal tersebut diakibatkan keberlanjutan dari ketidakpastian yang terjadi atas dampak pandemi COVID-19. Lansiran Wall Street Journal menyebut, perusahaan juga mengalami penurunan selama 3 bulan, yang berakhir pada 30 Juni. Selepas tanggal tersebut, saham perusahaan kembali mengalami tren positif, bahkan melebihi pajak penghasilan yang diharapkan, serta diimbangi dengan pertumbuhan pengguna.

Spotify merupakan salah satu perusahaan yang terseret arus krisis kesehatan global. Penurunan daily active users dan overall listening menjadi indikatornya. Namun hal tersebut berubah setelah Juni, saat beberapa kontingen dunia telah beradptasi dengan pandemi.

Baca juga:

Laporan Pengguna Spotify di Berbagai Wilayah

Daniel Ek, pimpinan eksekutif Spotify mengaku terkejut dengan performa perusahaannya. Kepada Wall Street Journal ia mengatakan, kebiasaan pengguna mendengarkan lagu di kendaraan telah menurun di akhir kuartal 1 sebanyak 10% lebih rendah dibanding sebelum pandemi.

Daniel juga mengatakan, temuan saat ini menyebutkan pengguna Spotify lebih banyak mendengarkan musik di rumah dan beberapa alat pendukung, seperti smart speakers dan smart tv.

“Tidak banyak kabar yang benar-benar terbaru tentang kami. Kami sangat beruntung memiliki bisnis dengan arah angin besar terhadap bisnis digital,”

“Memainkan lagu di rumah bukan kelebihan yang kami tawarkan sebelumnya. Kami sangat bersifat mobile. Tren tersebut sangat kuat untuk kami,”

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Dua Startup Asuransi Digital Ini Peroleh Modal! Tren Insurtech Positif?

DuniaFintech.com - Qoala dan PasarPolis menjadi dua startup layanan asuransi berbasis digital yang mendapatkan suntikan dana di tahun 2020. Qoala mendapatkan pendanaan...

Sulit Menyisihkan Uang? Inilah Cara Menabung Paling Efektif yang Sesuai dengan Kemampuan

Duniafintech.com - Tak hanya berfungsi menghindari utang karena adanya kebutuhan darurat, menabung juga bermanfaat untuk menambah pundi-pundi keuangan di masa depan. Meskipun...

Dukung Kreator Indonesia, Sony Luncurkan Kamera Seri Alpha 7S III dengan Tampilan Klasik

Duniafintech.com - Sony luncurkan kamera seri Alpha 7S III yang menjadi penerus Alpha 7S II. Sony Alpha 7S III akan segera tersedia...

E-Commerce Jadikan Permintaan Asuransi Digital Melonjak

DuniaFintech.com - Penyelenggara niaga berbasis elektronik, e-commerce menghadirkan tren positif terhadap startup asuransi berbasis digital (insurtech). Adalah 2 startup insurtech, Qoala dan...

Pandemi Bikin Wacana Grab dan Gojek Merger Kembali Menyeruak

Duniafintech.com - Kabar Grab dan Gojek merger atau melakukan penggabungan kembali santer terdengar saat pandemi melanda. Dua perusahaan raksasa ride-hailing terbesar di...
LANGUAGE