35 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Pinjam Uang di Pegadaian Untuk Dapat Dana Tunai Instan, Simak Persyaratannya

DuniaFintech.com – Pinjam uang di Pegadaian dapat menjadi alternatif solusi saat Anda mendadak membutuhkan dana tunai instan. Pinjam uang di Pegadaian pun bisa dibilang memiliki bunga pinjaman yang terhitung rendah. Sebagai perbandingan sekitar 1,25-1,5 persen per bulan.

Persyaratan pengajuan pinjaman di Pegadaian jauh lebih ringan dan sederhana. Secara umum, persyaratan yang diperlukan adalah barang jaminan yang dilengkapi bukti kepemilikan, seperti BPKB atau faktur pembelian. Anda bisa datang langsung ke Pegadaian dengan membawa barang agunan. Pengajuan pinjaman dapat langsung diproses pada hari yang sama, begitu pula dengan pencairan dananya.

Berikut beberapa produk pinjaman Pegadaian beserta persyaratannya.

Kredit Cepat dan Aman (KCA)

KCA merupakan produk pinjaman di pegadaian yang tergolong paling fleksibel. Sebab, pinjaman ini dapat digunakan untuk keperluan konsumtif maupun kebutuhan produktif. Untuk produk ini sendiri, nasabah diharuskan untuk membawa agunan berupa barang berharga atau surat penting kendaraan, seperti perhiasan emas, emas batangan, mobil, motor, laptop, ponsel, dan barang elektronik lain. 

Adapun plafon pinjaman yang ditawarkan, mulai dari Rp 50 ribu hingga lebih dari Rp 500 juta. KCA menawarkan pinjaman dengan tenor maksimal empat bulan. Namun, meski terhitung singkat, tenor pinjaman dapat diperpanjang dengan membayar sewa modal atau mengangsur sebagian uang pinjaman.

Persyaratan pengajuan KCA:

  • Fotokopi KTP atau identitas resmi lainnya.
  • Barang jaminan berupa perhiasan, kendaraan bermotor, elektronik, atau barang gudang.
  • Jika jaminan berupa kendaraan bermotor, diperlukan BPKB dan STNK asli.
  • Nasabah menandatangani surat bukti kredit atau SBK.

Selain dikenakan bunga atau sewa modal sebesar 0,75 persen per 15 hari, pinjaman juga akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2 ribu-Rp 125 ribu. 

Pegadaian KCA Prima

Pegadaian KCA Prima ditujukan untuk mereka yang membutuhkan pinjaman dalam jumlah tak terlalu besar dengan tenor singkat. Keunggulannya, pinjaman ini bebas bunga pinjaman dan hanya dikenakan biaya administrasi yang ringan. 

Plafon pinjaman yang ditawarkan, mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu. Sementara, pilihan tenor pembayaran, mulai dari 1 hari hingga 60 hari (dapat diperpanjang). Adapun, biaya administrasi pinjaman dipatok mulai dari Rp 2-5 ribu. Cukup ringan bukan? 

Sebagai contoh, jika kamu menggadaikan laptop dengan harga taksiran sebesar Rp 1,2 juta, kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 500 ribu. Adapun biaya yang perlu dibayar adalah biaya administrasi transaksi sebesar Rp 5 ribu.

Persyaratan pengajuan KCA Prima:

  • KTP yang terdata di Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil) atau e-KTP.
  • Nasabah dalam satu kartu keluarga hanya dapat memperoleh satu kali periode kredit.

Kreasi

Pinjaman Kreasi merupakan kredit angsuran bulanan yang ditawarkan khusus kepada usaha kecil dan menengah (UKM) dengan sistem fidusia. Artinya, agunan pinjaman cukup berupa BPKB, sehingga kendaraan masih bisa dimanfaatkan untuk kegiatan usaha. Plafon pinjaman Kreasi mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 200 juta. Pinjaman akan dikenakan biaya administrasi atau sewa modal sebesar 1 persen dari total pinjaman. Tersedia pilihan jangka waktu pinjaman yang cukup fleksibel, yaitu mulai dari 12 hingga 36 bulan.

Saat mengajukan pinjaman Kreasi, tim mikro dari Pegadaian akan melakukan verifikasi dokumen dan analisis usaha. Selanjutnya, analis kredit akan melakukan survey lokasi dan kondisi usaha dan agunan. Jika semua proses berjalan mulus, nasabah akan segera mendapatkan uang pinjaman dalam waktu tiga hari sejak proses pengajuan.

Persyaratan pengajuan Kreasi:

  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama satu tahun.
  • Fotokopi KTP, kartu keluarga, dan surat nikah (jika sudah menikah).
  • Menyerahkan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian).

Baca juga :

Krasida

Sama seperti pinjaman Kreasi, Krasida juga ditujukkan untuk pengembangan usaha, yang membedakan adalah sasaran Krasida adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Selain itu, agunan yang diberikan dapat berupa kendaraan bermotor maupun perhiasan emas. 

Krasida menawarkan plafon pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 250 juta. Pinjaman yang diberikan dapat mencapai 95 persen dari nilai taksiran agunan. Adapun tenor pinjaman yang ditawarkan mulai dari 6-36 bulan. Meski begitu, kamu dapat melakukan pelunasan sewaktu-waktu tanpa dikenakan biaya tambahan. Suku bunga pinjaman Krasida mulai dari 1,25 persen per bulan.

Persyaratan pengajuan Kresida:

  • Fotokopi KTP dan kartu keluarga.
  • Menyerahkan barang jaminan, berupa perhiasan emas atau kendaraan bermotor.
  • Jika agunan berupa kendaraan bermotor, perlu disertakan pula dokumen kepemilikan, berupa BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian.

Gadai Tabungan Emas

Gadai Tabungan Emas adalah layanan gadai dengan agunan berupa saldo tabungan emas titipan. Plafon pinjaman akan ditentukan berdasarkan saldo tabungan emas yang dimiliki. 

Untuk bisa mengajukan pinjaman Gadai Tabungan Emas, minimal saldo emas yang dimiliki adalah sebesar 0,1 gram. Pinjaman ini dikenakan biaya administrasi sebesar 0,05 persen atau sekitar Rp 2-25 ribu. Adapun, biaya sewa modal alias suku bunga Gadai Tabungan Emas, sebesar 0,75 persen per 15 hari. 

Persyaratan pengajuan Gadai Tabungan Emas:

  • Sudah memiliki tabungan emas.
  • Sudah melakukan registrasi di outlet dengan membawa KTP, buku tabungan emas, dan mengisi form registrasi gadai.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Fitur Bank Jago Terlengkap, dari Kantong sampai Arisan

JAKARTA, duniafintech.com – Fitur Bank Jago penting, mulai dari Kantong sampai dengan Arisan, perlu diketahui oleh calon nasabah bank digital ini. Bank Jago sendiri merupakan...

Cek Limit Asuransi Reliance Termudah, Begini Caranya

JAKARTA, duniafintech.com – Cek limit Asuransi Reliance termudah akan kamu temukan di ulasan ini. Jadi, simak hingga tuntas yuk artikelnya! Pada dasarnya, mengecek limit asuransi...

Cara Top Up ShopeePay via Aplikasi Line Bank, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up ShopeePay via aplikasi Line Bank berikut ini tentu perlu dipahami oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui bersama, saat...

Cara Isi Saldo DANA via ATM BCA hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi saldo DANA via ATM BCA ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna layanan keuangan tersebut. Seperti diketahui bersama, dompet digital...

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...
LANGUAGE