25.6 C
Jakarta
Jumat, 30 September, 2022

Pinjaman Online atau KTA, Mana yang Lebih Untung? Cek Perbedaannya Yuk

Duniafintech.com – Saat ini mengajukan pinjaman merupakan suatu kebutuhan bagi banyak orang. Apalagi seiring berkembangnya teknologi, masyarakat kian dimudahkan dengan pinjaman berbasis online. Dalam situasi pandemi seperti saat ini, tak sedikit masyarakat yang membutuhkan dana mendesak untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan mengajukan pinjaman. Namun manakah yang lebih menguntungkan, pinjaman online atau KTA (Kredit tanpa Agunan) dari bank?

Kedua layanan tersebut memang sama-sama memberikan pinjaman secara cepat, namun dibalik kemudahan keduanya tentu saja memiliki untung rugi yang sama. Seperti halnya pinjaman online, karena kemudahan teknologinya banyak oknum yang memanfaatkan aplikasi ini untuk meraup keuntungan pribadi. Misalnya dengan mematok bunga setinggi-tingginya. Untuk itu lihat perbedaan pinjaman online atau KTA yang lebih menguntungkan.

Pengajuan Pinjaman Online dan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Perbedaan untuk mengajukannya tentu saja hal yang paling mencolok dari kedua layanan tersebut. Jika mengajukan pinjaman online hanya tinggal klik di smartphone saja, pencairan langsung dapat dilakukan. Semua proses yang dilakukan untuk mengajukan pinjaman online bisa dari rumah saja dan secara online.

Namun pengajuan pinjaman KTA dari bank, bisa dikatakan semua layanannya dilakukan offline. Anda harus pergi ke Bank yang menyediakan KTA tersebut untuk menyerahkan dokumen dan harus melakukan tanda tangan basah. Jadi jika ada KTA yang bisa melakukan pinjaman melalu website, namun setelahnya peminjam harus tetap bertatap muka dengan pihak bank.

Baca Juga:

Jenis Persyaratan Pengajuan

Untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA), Anda harus melakukan proses pengumpulan berkas, seperti KTP, slip gaji, rekening tabungan, kartu kredit hingga laporan keuangan bisnis. Namun jika mengajukan pinjaman online, Anda tidak harus melalui persyaratan yang berbelit-belit. Cukup dengan KTP dan dan foto selfie saja pengajuan pinjaman akan langsung cair.

Bunga

Jika dilihat dari bunga, pengajuan pinjaman online atau KTA mempunyai ketentuan bunga masing-masing. KTA bisa dikatakan lebih unggul dari pada pinjaman online karna mematok bunga yang lebih rendah. Bahkan bunga yang ditetapkan KTA tidak lebih dari 2% perbulannya. Lain lagi jika pinjaman online, memiliki bunga yang sedikit lebih tinggi. Hal ini lantaran dana dari pinjaman online yang diberikan hanya mengandalkan dana dari investor.

Prosedur BI Checking

Pengajuan KTA masih melalui BI Checking karena prosedur standar yang dilakukan oleh Bank mengharuskan nasabah lolos dari isu skor kredit. Jadi lunasi dulu utang Anda sebelum mengajukan pinjaman KTA. Pinjaman online tidak melakukan BI Checking,karema menggunakan teknologi alternatif dalam menilai skor kredit. seperti dengan cek tagihan telepon, laporan keuangan hingga media sosial si peminjam.

Kelebihan dan kekurangan dari pinjaman online atau KTA tergantung kepada kebutuhan calon nasabah. Ketahui kondisi keuangan Anda jangan sampai terjerat utang yang tak kunjung lunas. Pahami dan teliti kembali persyaratan yang diberikan oleh masing-masing lembaga keuangan.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Butuh Integrasi Pertumbuhan Hijau

JAKARTA, duniafintech.com - UOB Indonesia berpandangan bahwa proses integrasi pertumbuhan hijau ke dalam strategi pembangunan nasional akan menjadi kunci dari pertumbuhan ekonomi berkelanjutan jangka...

Potensi Resesi di Negara Maju Tahun 2023

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa sebagai negara penggerak perekonomian dunia, diprediksi akan memiliki...

Harga BBM Indonesia Masih Lebih Murah Dibanding Negara Lain

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia masih tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Jokowi...

Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Timpang, Timbulkan Korban

JAKARTA, duniafintech.com - Literasi keuangan dan inklusi keuangan yang timpang, menjadi sorotan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo menyatakan indeks...

Pinjol Cepat Cair: Prosedur Pengajuan & Daftar Aplikasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana yang cepat. Saat ini, pinjol yang berizin...
LANGUAGE