26.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Tips Memilih Pinjaman Online Resmi, Dijamin Pasti Aman

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjaman online resmi merupakan pilihan yang sangat tepat bagi masyarakat. 

Pandemi Covid-19 yang mengejutkan dunia membuat banyak orang membutuhkan kredit online saat ini. Kebanyakan masyarakat memang lupa menyisihkan penghasilannya untuk dana darurat. Tidak mengherankan jika sesuatu hal buruk tiba-tiba terjadi, maka mereka membutuhkan kredit dari lembaga keuangan seperti pinjaman online. 

Ada poin-poin yang harus diperhatikan agar peminjam memperoleh dana dari perusahaan pinjaman online resmi yang jelas legalitasnya. 

Hal tersebut penting agar tidak terjadi kejadian yang dilakukan penyedia layanan seperti yang terjadi. Misalnya menaikan suku bunga pinjaman secara salah, atau uang yang dipinjamkan merupakan uang ilegal, dan lain-lain sebagainya.

Situs Pinjaman Online

Tips Memilih Pinjaman Online Resmi

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk menentukan pinjaman online resmi, yaitu:

  1. Lacak Nomor Izin Usaha

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih kredit secara online yang aman adalah melihat legalitas nomor izin usaha tersebut. Pastikan mereka sudah terdaftar di OJK beserta seluruh produk-produk keuangan yang mereka tawarkan. 

Pilih jasa yang benar-benar sudah mengantongi izin dari lembaga pemerintah terkait, sehingga bisa dipastikan keamanannya. 

2. Perhatikan Platform 

sebuah situs kredit uang online yang aman biasanya memiliki platform baik situs web atau pun aplikasi yang memiliki tampilan menarik. Hal tersebut adalah bahwa mereka benar-benar ingin memberikan pelayanan terbaik pada para nasabahnya. Berusaha memberikan kenyaman pada setiap aspek layanan yang dimiliki.

3. Fitur Layanan Konsumen

Perhatikan setiap situs web atau aplikasi yang mereka miliki apakah terdapat fitur layanan konsumen atau tidak. Pinjaman online resmi yang baik akan memberikan kemudahan bagi kliennya untuk menghubungi mereka. 

Apalagi jenis platform digital tersebut jarang memiliki kantor resmi, sehingga keberadaan layanan konsumen yang dapat diakses secara digital penting artinya. Pastikan juga fitur tersebut tidak hanya sekedar pajangan pada aplikasi tetapi benar-benar dapat dihubungi. 

4. Baca Kebijakan Peminjaman

Perhatikan dengan seksama setiap aturan kredit yang disuguhkan pada saat Anda akan berurusan dengan kesepakatan tersebut. Pastikan benar-benar memahami seluruh isi perjanjian dengan baik. Jangan sampai terjadi, yang bahkan bisa merugikan pihak nasabah itu sendiri.

5. Perhatikan Penetapan Suku Bunga

Suku bunga juga penting diperhatikan terutama ketika hendak menetapkan strategi pembayaran. Biasanya ada dua jenis yaitu: suku bunga tetap, dan suku bunga menurun. Untuk suku bunga tetap biasanya lebih cocok untuk kredit jangka panjang, sedangkan jika menurun biasanya sebaliknya.

Baca jugaCara Mengaktifkan Blibli PayLater, Mudah & Praktis!

Meski memilih kredit online resmi, namun langkah meningkatkan nasabah juga sudah mengajukan pertanyaan pada diri sendiri kemampuan melakukan pembayaran. Hal tersebut penting dipertanyakan agar tidak mengalami masalah kelak di kemudian hari.

Manfaat Pinjaman Online

Kemudian, apa saja manfaat yang dapat Anda nikmati jika menggunakan pinjaman online ini?

Baca juga:  Cara Menonaktifkan Lazada Paylater Lengkap, Ini Tutorialnya

  1. Dana diproses secara cepat

Kamu tidak butuh waktu lama untuk memperoleh dana pinjaman. Rata-rata aplikasi pinjaman online memberikan persetujuan pinjaman yang diajukan dalam kurun waktu kurang dari waktu 24 jam. Bandingkan dengan bank konvensional yang memprosesnya selama satu sampai dua pekan.

2. Persyaratan mudah tanpa repot

Bank kerap meminta calon peminjam menyiapkan sejumlah dokumen sebagai syarat pinjaman. Namun, penyelenggara pinjaman online hanya membutuhkan KTP dan foto diri Anda sendiri. Syarat dokumen lain bersifat opsional jika memang benar-benar itu diperlukan.

3. Praktis tidak perlu tatap muka

Karena semua proses berlangsung online, mulai dari pendaftaran, pengajuan, persetujuan, hingga pengiriman dana, Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja tentunya. Pinjaman online 24 jam dapat diperoleh dengan cepat sepanjang Anda sudah mengunduh aplikasi dan memenuhi syarat yang diminta penyedia

4. Tenor bersifat fleksibel

Berbeda dengan jenis kredit lain, tenor pinjaman online cenderung pendek, yaitu 30 hari atau satu bulan. Tenor ini disukai karena dipandang sesuai dengan siklus gajian para karyawan. Berlawanan dengan masa pinjaman bank yang hanya memberi opsi tenor minimum sampai enam bulan. Padahal, tidak semua orang mampu membayar cicilan dalam waktu yang lama.

5. Meminjam tanpa jaminan dan kartu kredit

Tidak punya jaminan maupun punya kartu kredit? Tenang, dua hal ini tidak Anda butuhkan jika hendak mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil. Tentu kehadiran aplikasi pinjaman online memberi manfaat bagi Anda yang memang tidak punya kartu kredit tersebut. Bahkan, Anda tidak usah menyerahkan aset sebagai jaminan pinjaman, ini tentu praktis dan mudah.

Demikianlah ulasan mengenai pinjaman online resmi. Semoga informasi ini bermanfaat buat anda.

Baca jugaDaftar Layanan Paylater Terpopuler di Indonesia

Simak berita dan ulasan lengkap mengenai dunia cryptocurrency dan fintech hanya di Duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kenaikan Tarif Ojol Diulur, Gojek Gencar Sosialisasi

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Perhubungan memperpanjang waktu masa pemberlakuan kenaikan tarif ojek online (ojol). Awalnya kenaikan tarif ojek online (ojol) diberlakukan di hari minggu...

Tadpole Finance, Token “Cebong” yang Sudah Berizin Resmi BAPPEBTI

JAKARTA, duniafintech.com - Tadpole Finance (TAD) sebuah proyek blockchain yang bergerak di bidang Decentralized Finance (DeFi) telah resmi terdaftar menjadi salah satu aset kripto...

Berita Fintech Indonesia: Nama Fintech Legal Dicatut, AFPI Ancam Tempuh Jalur Hukum

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru kali ini datang dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Untuk diketahui, AFPI melayangkan ancaman terhadap pihak-pihak yang...

Berita Bitcoin Hari Ini: Koreksi, BTC Dibanderol Rp 355 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini masih seputar pergerakan harga kripto yang mengalami koreksi.  Saat ini, aset kripto dengan kapitalisasi pasar tersebar Bitcoin atau...

Makin Dilirik, Sandiaga Uno Ajak Jelajahi Keindahan Indonesia Lewat Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Teknologi Metaverse kini semakin dilirik, Sandiaga Uno mengajak untuk menjelajahi keindahan Indonesia melalui Metaverse.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf ini...
LANGUAGE