27 C
Jakarta
Rabu, 29 November, 2023

Pinjaman Pendidikan jadi Solusi Dukung Biaya Pendidikan Anak

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjaman pendidikan banyak jenisnya, salah satunya dapat menjadi solusi pendanaan untuk perguruan tinggi atau mahasiswa. Pinjaman pendidikan juga bisa didapat tanpa agunan seperti kredit tanpa agunan atau KTA. Layanannya pun beragam, seperti membiayai kuliah secara keseluruhan termasuk uang pangkal serta peralatan yang dibutuhkan.

Pinjaman pendidikan untuk mahasiswa sendiri memiliki tujuan utama yakni membantu pelajar perguruan tinggi yang tidak mampu membayar uang pangkal, biaya semester ataupun biaya bangunan universitas karena keterbatasan finansial. Tidak hanya itu saja, pinjaman ini juga dapat digunakan untuk keperluan lain yang mendukung proses belajar sampai sarjana.

Untuk itu tim DuniaFintech akan mengupas lebih dalam berbagai macam pilihan pinjaman pendidikan yang mungkin saja berguna bagi para mahasiswa di Indonesia.

Baca jugaCara Klaim Asuransi Pendidikan Anak dan Tipsnya Supaya Tak Ditolak!

pinjaman pendidikan

Baca jugaProduk Tabungan Pendidikan Anak dan Ragam Jenisnya

5 Pilihan Pinjaman Pendidikan untuk Mahasiswa

Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan sebagai solusi pembiayaan mahasiswa dalam menempuh pendidikan hingga berhasil menjadi sarjana.

  1. Mandiri

Bank Mandiri memiliki produk yang mendukung para mahasiswa dengan nama Kredit Pendidikan Mandiri yang merupakan bagian dari KSM atau Kredit Serbaguna Mikro, dengan menyediakan pembiayaan untuk mahasiswa yang memiliki usaha atau UKM.

Pinjaman ini juga menyasar mahasiswa yang mendapatkan program bantuan pendidikan miskin berprestasi (Bidikmisi) di Universitas Gadjah Mada (UGM). Bunga yang ditawarkan cukup rendah, yaitu 0,5% per bulan, dan tenornya bisa mencapai 10 tahun.

  1. Edufund

Produk pinjaman pendudukan lainnya yang bisa kita dapat adalah Edufund yang memberikan layanan pembiayaan kepada para pelajar perguruan tinggi untuk mengejar pendidikan di universitas.

Bukan hanya mahasiswa saja, pembiayaan tersebut mencakup uang sekolah, kuliah, kurus hingga dana tunai.

Untuk pinjaman uang kuliah, Edufund sendiri menawarkan pinjaman untuk uang pangkal, uang semester/ UKT, hingga bundling yang berisi uang pangkal + uang semester yang tentunya bisa dicicil hingga 24 bulan.

  1. CICIL

Selanjutnya masih ada CICIL yang menawarkan pinjaman guna membayar uang kuliah, termasuk cicilan biaya semester dan uang pangkal. Kelebihan dari CICIL adalah pinjaman ini dapat juga digunakan untuk membeli peralatan pendidikan seperti ponsel dan laptop dengan tenor cicilan yang bervariasi.

Kamu bisa meminjam hingga 80% dari biaya pendidikan yang dibutuhkan dengan bunga 1-1,5% per bulan.

Layanan CICIL juga tersaji atau dapat digunakan di berbagai universitas negeri dan swasta di Indonesia.

  1. Danacita

Pilihan lainnya dalam pinjaman untuk mahasiswa adalah Danacita. Produk ini menyajikan pembiayaan kepada mahasiswa dengan batas maksimal biaya pendidikan. Jumlah pinjamannya pun dapat disesuaikan dengan kemampuan calon debitur.

Ada biaya administrasi sebesar Rp 100.000 dan biaya pinjaman 3% dari total pinjaman.

  1. DANAdidik

DANAdidik adalah pinjaman berbasis penggalangan dana dan merupakan peer to peer (P2P) lending untuk pendidikan di Indonesia. Salah satu pinjaman untuk mahasiswa ini mencakup pembiayaan bagi yang ingin melanjutkan jenjang kuliah S2.

Bedanya, bunga pinjaman ini adalah 0%, dan peminjam harus membagi hasil pendapatannya selama 30 bulan setelah lulus untuk membayar kembali pinjaman.

Program pinjaman ini juga menyasar untuk mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan D1, D2, D3 dan S1.

Demikian ulasan lengkap dari kami mengenai ragam pilihan pinjaman pendidikan yang bisa dipertimbangkan. Semoga bermanfaat.

Baca jugaTeknologi Pembelajaran: Metode dan Peran Penting Pendidikan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Gagal Bayar Pinjol, Ketahui Risiko dan Solusi Menghadapinya

JAKARTA, duniafintech.com – Gagal bayar pinjol atau pinjaman online pada dasarnya bisa menimpa siapa pun yang mengajukan pinjaman uang dengan mudah ini. Istilah gagal bayar...

Ragam Contoh Produk Fintech di Indonesia yang Makin Populer

JAKARTA, duniafintech.com – Saat ini perkembangan teknologi yang tidak terbatas terus berlanjut dan tumbuh secara signifikan, termasuk ragam contoh produk fintech di Indonesia. Perkembangan...

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA dan Persyaratannya, Sangat Mudah!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara tarik tunai kartu kredit BCA pada dasarnya sangatlah mudah. Namun, penting untuk mengetahui beberapa persyaratannya. Menggunakan fasilitas penarikan tunai kartu kredit...

Panduan Investasi Crypto yang Penting untuk Disimak Nih!

JAKARTA, duniafintech.com – Panduan investasi crypto kerap menjadi perbincangan hangat dalam beberapa tahun terakhir. Seiring dengan perkembangan teknologi, jenis investasi yang tersedia di pasar...

Cara Pemutihan Kredit Macet BI Checking: Lunasi Tagihan hingga Klarifikasi

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pemutihan kredit macet atau pemutihan BI Checking menjadi langkah penting untuk mencegah penolakan pengajuan kredit seseorang oleh bank atau lembaga...
LANGUAGE