27.9 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli, 2024

Ponsel Lipat Huawei Dengan Teknologi 5G?

duniafintech.com – Huawei, vendor asal China ini tampaknya akan menantang Samsung untuk meluncurkan ponsel lipat pertama. Tidak hanya sampai disitu, ponsel lipat Huawei tersebut juga akan disematkan jaringan 5G. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Huawei Ken Hu  pada panel di World Economic Forum awal pekan ini.

Baca juga : Block Community Event Pertama Tokenomy X Ontology

Dalam World Economic tersebut, Deputy Chairman Huawei Ken Hu menjelaskan bahwa dua fitur layar lipat dan 5G tersebut akan diterapkan di perangkat yang sama.

“Di smartphone 5G pertama kami, kami akan memperkenalkan layar lipat. Ini untuk pertama kalinya layar lipat muncul pada smartphone,” ujar Hu, Dengan kata lain, smartphone layar lipat bikinan Huawei nanti akan dibekali konektivitas 5G.

Dengan ini, tampaknya ponsel lipat Huawei tersebut akan memiliki daya baterai yang lebih besar dan beberapa ruang untuk antena tambahan. Pasalnya, 5G membutuhkan daya tahan baterai lebih banyak serta array antena yang berbeda.

Baca juga : Asuransi Cigna Menyajikan Ragam Produk

Hu menambahkan, pihak Huawei berencana merilis perangkat berteknologi foldable display dan jaringan seluler generasi terbaru ini pada pertengahan 2019. Jaringan 5G sendiri memang dijadwalkan mulai digelar pada 2019 mendatang di sejumlah negara. Operator seluler di Amerika Serikat, misalnya, menyiapkan roll-out 5G mulai akhir 2018. Dibandingkan jarinan 4G LTE saat ini, teknologi 5G menawarkan kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi sekaligus latency lebih rendah.

“Jadi bayangkan saja, dengan kecepatan jauh lebih tinggi -hingga 100 kali lebih kencang dari sekaran- Anda bisa menikmati video high-definition dengan layar lebar di samrtphone,” ujar Hu, sebagaimana dilansir dari Forbes, Minggu (23/9/2018).

Menurut kabar yang beredar Ponsel lipat Huawei 5G ini juga akan menggunakan system on-chip teranyar dari sang pabrikan, Kirin 980. Adapun layar lipatnya kemungkinan akan memakai panel OLED fleksibel yang beberapa tahun belakangan sudah dikembangkan oleh sejumlah pabrikan komponen, termasuk Samsung Display, LG Display, dan Japan Display. Lebih lanjut, pada gelaran IFA 2018 Huawei juga mengatakan jika ponsel dengan layar lipatnya tersebut akan menggantikan komputer.

Sebagai tambahan informasi, Huawei memang telah mengungkap rencana untuk meluncurkan ponsel lipat awal tahun ini. Selain itu, Samsung juga kabarnya akan mengungkapkan beberapa rincian perkembangan tentang ponsel lipat pada November 2018. Namun, masih belum diketahui siapa yang terlebih dahulu meluncurkannya.

Written by : Dinda Luvita
Picture : Pixabay.com

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU