25.4 C
Jakarta
Minggu, 14 Juli, 2024

TEKNOLOGI MENGUBAH CARA PRESENTASI DALAM BISNIS

duniafintech.com – Digitalisasi mengubah hampir semua aspek bisnis, tetapi satu hal tetap sama – bagaimana Anda melakukan pitching masih faktor penentu dalam seberapa baik gagasan Anda dapat ditangkap orang lain. Apakah Anda berhasil atau tidak, yang terpenting adalah bagaimana cara Anda presentasi dalam bisnis.

Presentasi adalah gabungan dari seni dan pengetahuan. Keduanya membutuhkan bakat, keahlian, dan keterampilan, cara yang sama memengaruhi presentasi bisnis tidak dapat dilakukan tanpa pembicara yang karismatik. Untungnya, teknologi dapat membantu Anda mengimbangi kekurangan Anda. Ada 7 hal yang berhasil diubah teknologi untuk cara presentasi dalam bisnis. Apa saja?

Baca juga: LABA ALFAMART ANJLOK? KENAPA?

  1. Menghilangkan Kesulitan Teknis

Coba Anda ingat kembali kapan terakhir kali Anda melakukan presentasi dalam bisnis tanpa komputer? Sekarang Anda bisa menjabarkan bisnis Anda tanpa selembar kertas pun. Sekarang cukup dengan membawa data-data di flashdisk dan menghubungkannya ke komputer dan proyektor tanpa perlu repot-repot membagikan lembaran dokumen pada peserta.

  1. Teknologi Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketatnya persaingan bisnis sekarang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang menderita gangguan panik dan kecemasan. Karena itulah kehadiran teknologi banyak membantu orang-orang yang memiliki kemampuan speech terbatas. Kehadiran layar besar dan mikrofon akan membuat Anda lebih santai saat presentasi dan membantu audiens membagi perhatian antara Anda dengan materi yang ditampilkan di layar.

  1. Jarak Bukan Lagi Masalah

Dari ruang kelas digital dan modul eLearning hingga webinar dan ruang konferensi virtual, streaming langsung telah mengambil saluran komunikasi online dengan sangat cepat. Hal ini memungkinkan baik konten visual dan tekstual untuk disampaikan di seluruh dunia dan diterima secara real time, tanpa dibatasi ruang dan waktu.

  1. Multimedia Menjadi Faktor Penarik Terbesar

Tujuan dari presentasi adalah menarik perhatian audiens. Dengan kemampuan teknologi yang mumpuni, Anda bisa meningkatkan cara Anda mempresentasikan bisnis Anda. Ketika Anda menyajikan presentasi dengan visual yang ciamik, efek suara yang keren, ini akan menjadi nilai lebih yang tentu akan membuat audiens terkesima dengan materi yang Anda sampaikan.

Baca juga: STARTUP FINTECH INI RAUP JUTAAN DOLAR?

  1. Sharing Online Memudahkan Segalanya

Saat belum mengenal sistem penyimpanan file, Anda pasti selalu memikirkan bagaimana caranya membawa dan membagikan materi presentasi Anda kepada semua peserta. Sekarang semuanya bisa Anda satukan dalam satu folder dengan ukuran hingga bergiga-giga, simpan dalam akun cloud dan Anda dapat membagikannya hanya dengan satu link saja ke manapun dan kepada siapapun.

  1. Virtual Reality Membawa Babak Baru

Tidak ada yang bisa membuat presentasi bisnis yang membosankan lebih berdampak dan interaktif daripada VR. Pendidik sudah menggunakan headset virtual reality untuk mendemonstrasikan konsep abstrak kepada siswa mereka, dan hanya masalah waktu sebelum cara ini digunakan dalam presentasi bisnis.

  1. Kecerdasan Buatan Semakin Umum Digunakan

Hanya dalam beberapa tahun, pengalaman yang dipersonalisasi telah tumbuh dari kata kunci bisnis menjadi norma yang tidak boleh diabaikan jika Anda bertujuan menuju relevansi dan daya saing di era digital. Dalam hal presentasi bisnis, personalisasi tidak hanya membutuhkan desain intuitif, tetapi juga sistem navigasi internal, penyesuaian yang lebih baik, pitch yang lebih fleksibel, dan terjemahan bahasa real-time yang menggunakan teknologi AI (kecerdasan buatan).

Cara lain di mana teknologi digital telah mengubah kita dalam membuat dan menyampaikan presentasi bisnis, secara khusus berkaitan dengan praktik desain. Dari situlah teknologi menentukan tingkat keterlibatan pendengar dan selanjutnya meningkatkan pengalaman secara keseluruhan.

Penulis : Dita Safiri

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU