27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Rekomendasi 8 ETF Aset Kripto Terbaik 2024 yang Wajib Diketahui Investor

JAKARTA, duniafintech.com – Rekomendasi ETF aset kripto, apa saja daftarnya? Instrumen investasi semakin beragam dengan kehadiran Exchange Traded Fund atau ETF yang mengandung aset kripto (cryptocurrency). 

Secara sederhana, Exchange Traded Fund (ETF) adalah bentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di bursa efek. ETF kripto membuka peluang bagi investor untuk berpartisipasi dalam investasi Bitcoin atau aset kripto lainnya. 

Saat ini, terdapat beberapa ETF yang fokus pada cryptocurrency dan jumlahnya terus bertambah. Untuk mengetahui, berikut ini ulasan selengkapnya.

Keunggulan ETF Aset Kripto

  1. Kemudahan dalam Investasi

ETF crypto menyediakan cara yang lebih sederhana untuk mendapatkan paparan terhadap mata uang digital. Pengguna dapat berinvestasi tanpa harus memahami secara mendalam sistem kepemilikan aset kripto.

Baca juga: SEC Setujui ETF Bitcoin Spot, Harga Kripto Auto Semringah!

  1. Aksesibilitas yang Praktis

Ketersediaan ETF crypto melalui broker saham konvensional dan platform pertukaran membuatnya lebih mudah diakses oleh investor. Prakondisi broker saham tradisional memberikan perlindungan hukum dan kepatuhan terhadap regulasi.

  1. Diversifikasi yang Terkelola

Banyak ETF menawarkan kumpulan mata uang kripto atau aset lainnya, memungkinkan diversifikasi portofolio tanpa harus menguasai berbagai jenis aset. Contohnya, ETF Bitcoin dapat mencakup Bitcoin, saham perusahaan teknologi terkemuka, dan berbagai aset lainnya, membuka peluang diversifikasi.

Tantangan dalam ETF Aset Kripto

  1. Tingginya Tingkat Volatilitas

ETF crypto, seperti aset kripto pada umumnya, terkenal dengan fluktuasi harga yang signifikan. Tingkat volatilitas yang tinggi dapat menjadi tantangan bagi investor yang tidak siap menghadapi perubahan harga yang tajam.

  1. Implikasi Pajak Internasional

Investasi dalam ETF dari negara asing dapat berdampak pada kewajiban pajak internasional. Penting untuk mempertimbangkan implikasi pajak dan merencanakan secara matang sebelum berinvestasi.

  1. Ketidakakuratan Harga

Perbedaan harga yang tidak akurat bisa terjadi. Misalnya, kenaikan harga Bitcoin sebesar 10% yang mungkin tidak secara tepat tercermin dalam nilai ETF yang diperdagangkan di pasar saham.

Rekomendasi ETF Aset Kripto

1. Rekomendasi ETF Aset Kripto: ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO)

ProShares Bitcoin Strategy ETF memegang kontrak berjangka Bitcoin. ETF ini mencatatkan pengelolaan asetnya sebesar US$1,4 miliar, dengan rasio pengeluaran tahunan sebesar 0,95 persen atau US$95 untuk setiap US$10.000 yang menjadi investasinya.

2. Rekomendasi ETF Aset Kripto: Valkyrie Bitcoin Strategy ETF (BTF)

Kendati tidak memiliki aset Bitcoin langsung, tetapi Valkyrie Bitcoin Strategy ETF berencana untuk memegang kontrak berjangka Chicago Mercantile Exchange Bitcoin pada bulan depan. BTF memiliki aset sebesar US$59,5 juta dengan rasio biaya sebesar 0,95 persen.

3. Rekomendasi ETF Aset Kripto: Grayscale Bitcoin Trust (GBTC)

Berbeda dari ETF Bitcoin lainnya, GBTC memegang cryptocurrency secara langsung. Dalam hal ini,setiap bagian EFT mewakili sekitar 0,0009 Bitcoin. GBTC memiliki aset sebesar US$41,3 miliar dengan rasio biaya sebesar 2 persen.

Baca juga: Indodax: ETF Bitcoin Spot, Gebrakan Baru di Industri Kripto

Rekomendasi ETF Aset Kripto

4. Rekomendasi ETF Aset Kripto: Amplify Transformational Data Sharing ETF (BLOK)

Amplify Transformational Data Sharing ETF (BLOK) memegang aset kripto tidak secara langsung, tetapi melalui beberapa kepemilikannya, seperti Galaxy Digital Holdings Ltd. (GLXY) dan Square Inc. (SQ). BLOK memiliki rasio biaya sebesar 0,71 persen.

5. Bitwise 10 Crypto Index Fund (BITW)

Selanjutnya, di saat sebagian besar ETF fokus pada Bitcoin, BITW memberikan paparan terhadap 10 cryptocurrency paling berharga berdasarkan kapitalisasi pasar. BITW memiliki aset sejumlah US$1,4 miliar dengan rasio biaya sebesar 2,5 persen.

6. Grayscale Ethereum Trust (ETHE)

Bagi investor yang ingin fokus pada Ethereum, Grayscale Ethereum Trust dapat menjadi pilihan. ETHE memiliki total aset sebesar US$14,5 miliar dan rasio biaya 2,5 persen. Setiap bagian ETHE mewakili sekitar 0,01 eter, token asli pada platform Ethereum.

7. Siren Nasdaq NexGen Economy ETF (BLCN)

ETF ini berfokus pada blockchain yang melacak Indeks Ekonomi Blockchain Nasdaq. Perlu diketahui, BLCN tidak berinvestasi langsung dalam aset kripto. Terkait hal itu, beberapa kepemilikannya memiliki kripto di portofolionya. ETF BLCN memiliki aset sebesar US$314 juta dan beban rasio biaya 0,68 persen.

8. First Trust Indxx Innovative Transaction & Process ETF (LEGR)

LEGR ETF adalah ETF blockchain kripto lainnya yang populer dengan proses pemilihan dan pembobotan yang unik. ETF ini memiliki kepemilikan atas Nvidia Corp. (NVDA), Advanced Micro Devices Inc. (AMD), dan Salesforce.com Inc. (CRM).

Baca juga: Rekomendasi 8 Aplikasi Kripto Futures Trading Terbaik 2024

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE