27.6 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

Rekomendasi Saham Hari Ini: Intip Pergerakan IHSG dan Saham yang Cuan

JAKARTA, duniafintech.com – Berikut ini adalah rekomendasi saham hari ini. Pada perdagangan Senin (26/8/9/2022), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat setelah akhir pekan tertekan kenaikan suku bunga acuan.

IHSG ditutup pada posisi 7.178,58 atau melemah 0,56 persen pada Jumat (23/9/2022) kemarin, setelah pada Kamis (22/9/2022) menghadapi sentimen peningkatan suku bunga Bank Indonesia BI7DRR dan The Fed.

Pergerakan IHSG Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan Senin (26/9/2022), setelah akhir pekan tertekan kenaikan suku bunga acuan.

IHSG ditutup pada posisi 7.178,58 atau melemah 0,56 persen pada Jumat (23/9/2022) kemarin, setelah pada Kamis (22/9/2022) menghadapi sentimen peningkatan suku bunga Bank Indonesia BI7DRR dan The Fed.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan mengawali perdagangan pada pekan terkhir di bulan kesembilan tahun 2022, IHSG masih belum memperlihatkan kekuatan naik yang besar. 

“Di sisi lain minimnya sentimen juga menjadi salah satu faktor yang kurang dapat mendongkrak pergerakan IHSG,” paparnya dalam publikasi riset, dikutip dari Bisnis.com.

Baca juga: Cara Investsi Saham Buat Pemula, Berikut Langkah Sederhananya

Kemudian, untuk jangka panjang IHSG masih berada dalam jalur uptrend sehingga peluang koreksi masih dapat dimanfaatkan investor untuk melakukan akumulasi pembelian. 

Hari ini IHSG berpotensi menguat dalam rentang 7.123 – 7.273. Rekomendasi saham pilihannya TBIG, HMSP, UNVR, ASRI, PWON, JSMR, BBCA, BINA, GGRM.

Rekomendasi Saham Hari Ini

Prediksi IHSG Senin (26/9) Naik, Berikut Rekomendasi Saham Hari Ini Untuk Dapat Cuan

Lebih lanjut, melansir Kontan, prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin 26 September 2022 akan naik. 

Analis rekomendasi sejumlah saham pilihan untuk dicermati pada perdagangan hari ini agar bisa mendapatkan cuan alias income. 

Prediksi IHSG hari ini akan rebound setelah pada perdagangan sebelumnya melemah. IHSG pada Jumat (23/9) turun 0,56% ke level 7.178,58.

Prediksi IHSG naik hari ini lantaran sejumlah sentimen. Salah satu sentimen pendorong IHSG adalah kepastian suku bunga.

Pada pekan lalu, bank sentral Amerika Serikat (AS) The Fed menaikkan suku bunga acuannya sebesar 75 bsis points (bps), sesuai ekspektasi pasar. Hal ini diikuti dengan Bank Indonesia (BI) yang menaikkan suku bunga sebesar 50 bps, di atas ekspektasi pasar.

Analis Indo Premier Sekuritas Mino memperkirakan, IHSG akan naik dengan rentang support-resistance di 7.145-7.215. Sentimen utamanya berasal dari sudah adanya kepastian terkait kebijakan suku bunga acuan.

Baca juga: Jangan Sampai Keliru, Begini Perbedaan Crypto dan Saham

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan juga memprediksi bahwa IHSG akan menguat pada Senin (26/9). Support 1 berada di level 7.158, support 2 di 7.141, resistance 1 di 7.205, dan resistance 2 di 7.235.

Secara teknikal, candlestick membentuk formasi bearish harami serta tertahan di resistance MA 5 dan MA 20 mengindikasikan potensi pelemahan. 

“Pergerakan akan terbatas di awal pekan melihat Stochastic mulai mendekati area oversold,” ucap Dennies, dalam keterangannya. 

Sementara itu, Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan prediksi IHSG akan sideway untuk beberapa waktu ke depan. Kisaran support-resistance berada di 7.130-7.230.

Dari eksternal, IHSG dibayangi oleh meningkatnya kekhawatiran resesi, khususnya di AS seiring upaya agresif The Fed untuk menekan inflasi di AS. CNBC’s September Fed survei menghasilkan 52% kemungkinan ekonomi AS memasuki resesi dalam 12 bulan ke depan.

Dari dalam negeri, keputusan BI untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 bps, lebih besar dari perkiraan pasar di 25 bps turut membayangi IHSG. Menurut Valdy, tekanan bagi BI untuk kembali menaikkan suku bunga acuan saat ini cukup besar.

Di samping potensi kenaikan inflasi, nilai tukar Rupiah cenderung tertekan di atas level psikologis Rp 15.000 per dolar AS sejak kenaikan suku bunga acuan The Fed di 22 September 2022. “Mempertimbangkan hal-hal di atas, saham-saham energi nampaknya masih menjadi top picks untuk saat ini,” ucap Valdy.

Rekomendasi Saham Hari Ini

Sejumlah saham dengan potensi rebound lanjutan, seperti INDY, TKIM, SSMS, dan MEDC dapat diperhatikan. ADRO, PTBA, dan HRUM juga masih berada dalam kecenderungan rebound meski terjadi pullback di Jumat (23/9).

Sementara itu, menurut Mino, saham yang menarik dicermati adalah BRIS, ISAT, PGAS, dan TLKM. Dennies melihat, saham yang layak dicermati adalah WIIM, RALS, dan ADRO.

Itulah prediksi IHSG dan rekomendasi saham pilihan untuk perdagangan hari ini, Senin 26 September tahun 2022.

Baca jugaTop Gainer Saham Hari Ini, Simak Info dari Samuel Sekuritas

Baca terus berita fintech Indonesia dan Kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE