26.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Raksasa Minyak Saudi Aramco Berinvestasi di Perusahaan Blockchain

duniafintech.com – Perusahaan minyak negara Arab Saudi, Saudi Aramco, telah membeli saham perusahaan perdagangan minyak yang berbasis Blockchain Vakt, lapor Reuters pada 28 Januari.

Cabang Energy Ventures Saudi Aramco telah membeli $ 5 juta saham baru, menurut siaran pers Vakt. Investasi ini akan digunakan untuk mengembangkan platform, dengan fokus pada ekspansi ke pasar Asia.

Selain investasi, anak perusahaan perdagangan konglomerat minyak tersebut yakni Aramco Trading akan menggunakan platform Vakt. Platform saat ini digunakan di pasar minyak mentah Brent, Forties, Oseberg, Ekofisk dan Troll Laut Utara, di mana perusahaan tersebut dilaporkan memiliki pangsa pasar yang tinggi. Aramco Trading akan menambah volume perdagangannya ke platform berbasis Blockchain.

Baca juga:

Berpotensi Merampingkan dan Memodernisasi Perdagangan Minyak

Platform Vakt berfokus pada pemrosesan pasca-perdagangan untuk transaksi energi fisik. Ini memberikan proses yang lancar dari perdagangan masuk ke penyelesaian dengan menghilangkan proses berbasis kertas dan praktik akuntansi manual. 

Hans Middelthon, direktur pelaksana SAEV Eropa mengatakan, “Vakt telah menunjukkan bahwa platform mereka memiliki potensi untuk mendigitalkan apa yang saat ini merupakan proses yang sangat manual.”

Penggunaan Blockchain akan memastikan satu data yang benar untuk pembeli dan penjual, yang disimpan pada buku besar yang tidak berubah dan didistribusikan, menurut Vakt.

Vakt meluncurkan platform perdagangannya pada Desember 2018 dengan penyediaan layanan awal di pasar Laut Utara. Perusahaan ini dibuat pada 2017 oleh konsorsium para pemimpin industri yang mencakup Shell dan BP, yang juga merupakan pengguna pertama platform tersebut.

Sejak saat itu, platform ini menaungi lebih banyak raksasa industri seperti Chevron, Total, dan Industri Reliance India.

Saudi Aramco – perusahaan minyak terbesar di dunia dalam hal produksi – sebelumnya telah berinvestasi di perusahaan Blockchain melalui anak usahanya.

Pada Mei 2019, perusahaan berpartisipasi dalam putaran pendanaan $6 juta untuk startup Blockchain Amerika, Data Gumbo Corp. Pembelian saham Vakt yang baru-baru ini dilakukan semakin memperkuat komitmen Saudi Aramco untuk menggunakan Blockchain dalam memaksimalkan perdagangan minyak mereka.

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Fintech Indonesia: Nama Fintech Legal Dicatut, AFPI Ancam Tempuh Jalur Hukum

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru kali ini datang dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Untuk diketahui, AFPI melayangkan ancaman terhadap pihak-pihak yang...

Berita Bitcoin Hari Ini: Koreksi, BTC Dibanderol Rp 355 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini masih seputar pergerakan harga kripto yang mengalami koreksi.  Saat ini, aset kripto dengan kapitalisasi pasar tersebar Bitcoin atau...

Makin Dilirik, Sandiaga Uno Ajak Jelajahi Keindahan Indonesia Lewat Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Teknologi Metaverse kini semakin dilirik, Sandiaga Uno mengajak untuk menjelajahi keindahan Indonesia melalui Metaverse.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf ini...

OneAset, Aplikasi Investasi One Stop Solution Favorit Masa Kini

JAKARTA, duniafintech.com - Saat ini investasi sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat, salah satunya karena munculnya berbagai aplikasi yang mendukung, yakni OneAset adalah suatu...

Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga, Inilah Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan syariah untuk keluarga penting dimiliki sebagai upaya pertanggungan atas segala risiko yang akan terjadi. Tentu saja, setiap orang ingin memiliki...
LANGUAGE