27.8 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Sedang Marak, Penjahat Dunia Maya Incar Aset Metaverse Milik Investor

JAKARTA, duniafintech.com – Seorang perawat di pedesaan Maine, seorang instruktur kebugaran di Colorado, dan seorang kapitalis ventura di Florida, ketiganya investor atu berinvestasi di metaverse, membeli tanah yang menurut mereka adalah investasi yang solid.

“Saya sangat bersemangat tentang hal itu dan berharap untuk, Anda tahu, proyek apa pun yang akan keluar darinya.” kata perawat perawatan jangka panjang, Kasha Desrosiers dikutip dari CNBC, Selasa (31/5/2022). 

Tapi hanya dalam hitungan beberapa hari atau bulan, semua tanah virtual mereka hilang dan masing-masing dari mereka mengatakan tidak ada cara untuk mendapatkannya kembali.

Baca jugaHeran! Orang Dekat & Keluarga Indra Kenz Dijerat Kasus Binomo, Doni Salmanan Kok Aman?

Investor di seluruh negeri mengatakan kepada CNBC peretas mencuri tanah mereka di metaverse dengan menipu mereka agar mengklik tautan yang mereka yakini sebagai portal asli ke alam semesta virtual, tetapi ternyata situs phishing yang dirancang untuk mencuri kredensial pengguna. 

Penipuan phishing

Melansir Liputan6.com, Desrosiers mengatakan metaverse menggelitik minatnya karena perawat berharap menggunakan platform virtual untuk mengembangkan game edukasi tentang anatomi dan fisiologi manusia. Jadi, dia menginvestasikan USD 16.000 atau sekitar Rp 233,8 juta di sebidang tanah di The Sandbox dan SuperWorld.

“Ini seperti perbatasan baru,” kata Dick Desrosiers, suami Kasha, yang juga terlibat dalam pembelian tersebut.

Namun, mimpinya tentang game pendidikan kedokteran virtual dengan cepat pupus. Sekitar tiga bulan setelah membeli tanah, Kasha mengatakan dia mengetikkan nama platform virtual Decentraland di bilah pencarian Google tautan pertama yang muncul adalah tautan phishing. Setelah dia mengklik tautan, itu menghapus dompet MetaMask-nya.

“Saya benar-benar sedih. Saya pergi bekerja keesokan harinya, dan saya mengatakan, ‘Tanah metaverse saya dicuri’ dan semua orang terkejut,” ujar suami Kasha.

Serangan Phising Banyak Beredar

Instruktur kebugaran online yang berbasis di Boulder, Colorado, Tracy Carlinsky, memiliki pengalaman serupa. Carlinsky menghabiskan sekitar USD 20.000 untuk mendarat di The Sandbox setelah mendengar hype tentang metaverse.

Baca jugaBerapa Penghasilan YouTuber? Simak di Sini Cara Menghitungnya

Properti Sandbox-nya berbatasan dengan rumah virtual rapper Snoop Dogg. Snoop Dogg adalah salah satu selebritas pertama yang memasuki metaverse dan baru-baru ini merekam video musik di ruang virtual.

“Saya pikir itu bisa menjadi area yang menyenangkan untuk dikunjungi. Kamu tahu, dia berbicara tentang mengadakan pesta pribadi, berinteraksi dengan penggemarnya,” kata Carlinsky. 

Namun sayangnya mereka harus kehilangan aset mereka di dunia virtual itu akibat serangan phising yang banyak beredar.

Modus Kejahatan Baru

Apa yang para penjahat siber inginkan adalah bagian dari metaverse satu set platform virtual berbasis blockchain baru yang baru-baru ini menjadi terkenal karena keterlibatan signifikan dari selebriti, peragaan busana, dan investor.

Sebaliknya, para investor mengatakan mereka mendapat pelajaran tentang bahaya investasi berisiko tinggi.

Meningkatnya popularitas investasi di metaverse di mana pengguna membeli “tanah” virtual di berbagai platform dengan harapan nilainya akan meningkat juga telah mengantarkan gelombang baru penipuan teknologi tinggi, menurut pihak berwenang, wawancara dengan para korban. dan pakar keamanan siber.

Metaverse bukanlah satu tempat tunggal. Dari headset realitas virtual hingga dunia digital yang dapat pengguna dapat berjelajah sebagai avatar, istilah “metaverse” mengacu pada serangkaian platform realitas virtual yang membenamkan pengguna dalam pengalaman online interaktif.

Dengan cryptocurrency, pengguna dapat membeli dan mengembangkan lahan virtual atau menghadiri peragaan busana dan konser semuanya dalam batas layar komputer mereka.

Baca juga: Kenali 5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis Ini sebelum Meraih Kesuksesan

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE