23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Sedekah Online Memudahkan Donasi

duniafintech.com – Sedekah Online adalah platform pengumpulan donasi masyarakat (crowdfunding) melalui online untuk program-program yang dilaksanakan oleh PPPA Daarul Qur’an, utamanya program-program berbasis tahfidzhul Qur’an dalam bidang pendidikan dan dakwah, sosial dan kemanusiaan serta pengembangan masyarakat.

PPPA Daarul Qur’an adalah lembaga pengelola sedekah yang berkhidmad pada pembangunan masyarakat berbasis tahfizhul Qur’an yang dikelola secara profesional dan akuntabel. Penerima manfaat PPPA Daarul Qur’an tersebar di 411 kabupaten di 34 provinsi dan 7 negara. Program-program yang diselenggarakan oleh PPPA Daarul Qur’an merupakan wadah untuk menampung penyaluran dana sedekah, zakat, dan wakaf atas suatu program pendidikan dan dakwah, sosial dan kemanusiaan serta pengembangan masyarakat.

Baca juga

Selain berdonasi untuk program-program yang diinisiasi oleh PPPA Daarul Qur’an, masyarakat luas dapat mengajukan program sendiri selama masih sesuai dengan visi dan misi PPPA Daarul Qur’an. Bila hendak mengajukan program sendiri, masyarakat bisa mengirimkan proposal langsung ke PPPA Daarul Qur’an, email, atau menghubungi Call Center PPPA Daarul Qur’an terlebih dahulu.

Dalam sistem Sedekah online terdapat beberapa pilihan pembayaran, misalnya melalui payment gateway atau transfer bank. Dalam proses pembayaran tersebut, jika mengalami gangguan transaksi, pengguna diharuskan melakukan konfirmasi manual dan mengisi beberapa data tambahan sesuai dengan pilihan yang telah mereka tentukan dengan melakukan konfirmasi manual dan mengirimkan bukti transfer.

Pada platform Sedekah Online, donasi bisa diperuntukkan untuk individu dalam Program Beasiswa penghafal Quran. Pada program ini, PPPA Daarul Qur’an mengajak masyarakat ikut serta menjadi bagian para penghafal Quran dan mendukung para santri yang tersebar di seluruh Indonesia dalam meraih cita-cita untuk masa depan yang cermelang.

Salah satu campaign pada program ini diperuntukkan kepada Abqori Muhammad yang merupakan santri Pesantren Takhasus Kemang. Campaign pengumpulan dana untuk Abqori telah terkumpul Rp2,25 juta yang sesuai dengan target beasiswa.

Baca juga

Di samping untuk individu, pengumpulan dana melalui Sedekah Online juga bisa ditujukan untuk hal-hal lain, seperti pembangunan Masjid Al-Mansur di Bandung, Jawa Barat. Sampai saat ini, donasi yang terhimpun untuk program itu sebanyak Rp163.502.336 terhitung sejak akhir tahun 2017.

Perkembangan pembangunan Masjid Al Mansur yang dibangun sejak September 2017 ini telah selesai pembangunan tahap pertama. Bersama PPPA Daarul Qur’an, Masjid Al Mansur dibangun dengan fasilitas khusus difabel. Mulai dari penyediaan kursi roda, tempat wudhu, tangga kayu tanpa anak tangga, dan fasilitas difabel lainnya. Tentunya, ini sebagai salah satu ikhtiar untuk mewujudkan pembangunan 1.000 masjid di 1.000 lokasi.

Tak hanya di lingkungan lokal, penghimpunan dana melalui Sedekah Online juga ditujukan untuk masyarakat internasional. Salah satunya adalah program bertajuk Bersama Bantu Rohingya. Pada akhir Ramadhan lalu, dana sebanyak Rp28.477.701 disalurkan ke warga Rohingya di Rakhine State, Myanmar. Misi kemanusiaan kali ini mendistribusikan paket logistik makanan. Program yang didukung oleh Yayasan Hasanah Titik BNI Syariah ini juga melakukan berbagai aktivitas lainnya, misalnya paket lebaran untuk para guru-guru tahfizh yang mengajar di camp pengungsi Kampung Qur’an Mauducara, Bangladesh. Penyaluran ini dilakukan secara bersamaan.

Ada pula program Dukung Dakwah Qur’an di Jalur Gaza. Program yang diinisiasi oleh PPPA Daarul Qur’an ini telah membentuk 12 halaqah Al-Qur’an di Gaza, Palestina. Tujuh halaqoh dialokasikan untuk siswa perempuan. Dua di antaranya diperuntukkan bagi mereka yang menghafal Qur’an seluruhnya. Sementara siswa laki-laki terdiri atas lima halaqoh. Salah satunya adalah halaqoh bagi mereka yang menghafal seluruh ayat Al Qur’an.

Program-program yang tertera pada platform Sedekah Online dengan jelas mencantumkan waktu berlakunya campaign dan jumlah donatur.

Baca juga

Source: sedekahonline.com

Written by: Sebastian Atmodjo

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU