26.6 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Segera Siapkan Regulasi Investasi Kripto, Zulkifli Hasan Bilang Biar Lebih Aman

JAKARTA, duniafintech.com – Investasi aset kripto saat ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus beradaptasi dengan tren ekosistem ekonomi digital itu.

Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan lewat akun Twitternya. Menurut Zulkifli Hasan, pihaknya tentu melihat tren ekosistem ekonomi digital yang kekinian tersebut, sehingga pihaknya pun melakukan adaptasi.

Tak hanya itu, Ketua Umum PAN ini mengakui bahwa investasi aset kripto digandrungi anak muda. Pihaknya, akan menyiapkan regulasi investasi aset kripto tersebut agar aman.

Baca jugaPerkembangan Bursa Kripto Indonesia, Wamendag Berharap Bisa Meluncur 2022

“Saya pastikan Kementerian Perdagangan akan selalu beradaptasi dengan tren ekosistem ekonomi digital. Kami siapkan regulasinya agar investasi Aset Kripto yang sedang digandrungi anak muda ini aman,” ungkapnya, dilansir dari Warta Ekonomi, Minggu (26/6/2022). 

Didukung Asosiasi Kripto

Sebelumnya, Indonesia Crypto Consumer Association (ICCA) menyatakan dukungan terhadap menteri perdagangan Zulkifli Hasan yang diumumkan sebagai bagian dari reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (15/6/2022) lalu. 

Sebagai lembaga yang menaungi para pelaku industri aset kripto di Indonesia, Ketua ICCA Rob Rafael Kardinal mengatakan, pihaknya memahami mengenai pentingnya peranan pemerintah dalam mendukung tumbuh kembang industri aset kripto.

“Oleh karena itu kami tentunya selaku asosiasi terus mendukung penuh seluruh anggota kepemerintahan dalam menjalankan tugasnya, dan tentunya akan terus bersemangat untuk berkolaborasi bersama pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri aset kripto,” kata dia dalam siaran pers. 

Ia menambahkan, hal ini disampaikan ICCA sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah, yakni Kementerian Perdagangan yang merupakan lembaga pemerintah yang memiliki hubungan cukup erat dengan industri aset kripto.

Sebagai industri yang sangat terkait dengan keadaan ekonomi secara makro, ia bilang, industri aset kripto tentunya cukup terpengaruh dengan pemerintah dan kebijakan yang diambil.

Rob menceritakan, ICCA sendiri dalam proses peresmiannya juga dihadiri dan didukung oleh banyak pihak dari sisi pemerintah.

“Dukungan ini hadir sebagai bentuk pengakuan terhadap pentingnya kehadiran ICCA di tengah popularitas aset kripto di kalangan masyarakat,” imbuh dia.

Berdasarkan data dari BAPPEBTI, besarnya nilai pasar aset kripto di Indonesia mencapai Rp 859,4 triliun pada 2021.

Sedangkan, nilai transaksi aset kripto tersebut meroket 1.222 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca jugaBahaya! Penambang Kripto Dibidik Para Hacker, Kenali 3 Modus Serangan Ini

Baca jugaBaru Terbongkar, Hacker Korut Lazarus Group Lakukan Pencucian Uang di Binance

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...

Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Mubazir!

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan...
LANGUAGE