26.6 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Harga Volkswagen Polo hingga Daftar Dealernya

JAKARTA, duniafintech.com – Volkswagen Polo hingga kini masih menjadi salah satu mobil asal Jerman yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Baik di Indonesia maupun di luar negeri, mobil mini hatchback dengan tagline “My First German Car” ini memang sangat populer. Adapun di Indonesia, mobil ini bahkan sudah 20 tahun melintasi jalanan tanah air.

Tipe mobil VW Polo ini pun mendulang banyak tanggapan positif, misalnya hemat bahan bakar, mesin yang unggul, dan performa yang baik.

Lantas, berapa ya harganya dan di mana saja dealernya? Simak yuk dalam ulasan di bawah ini.

Tentang Volkswagen Polo

VW Polo kali pertama diproduksi sekitar tahun 1975 dan kini telah memasuki generasi kelima. Mobil super mini ini dipasarkan dengan beberapa varian termasuk tipe sedan dan tipe mobil hatchback.

Mobil yang memperoleh penghargaan di New York Amerika Serikat pada tahun 2010 silam ini kali pertama diluncurkan di Indonesia pada tahun 2000 bersamaan dengan New Beetle, New Golf, dan New Passat.

Mobil VW Polo yang kini dipasarkan merupakan Polo generasi kelima (kode Type 6R) atau Polo Mark V. Dimensi Polo Mark V berbeda dengan generasi sebelumnya, yang memiliki panjang lebih 44 mm dan lebih lebar 32 mm.

Kapasitas bagasinya juga ditingkatkan menjadi 280 liter atau 952 liter ketika kursi dilipat. Polo Mark V juga memperoleh rating 5 bintang dari Euro NCAP.

Spesifikasi

1. Desain eksterior

Ciri khas mobil Eropa tampak pada body mobil ini, yaitu cukup keras dengan desain sederhana, tetapi tidak meninggalkan khas mobil-mobil keluaran Volkswagen. Desain headlamp Polo ini dibuat lebih modern dan menarik, meskipun masih menggunakan tipe lampu Halogen dan belum dilengkapi dengan teknologi LED DRL.

Sementara itu, pada bumper ada konsep lubang angin yang cukup panjang berwarna hitam doff, disertai dengan letak wiper dan washer system intermittent control di bagian kaca belakang. Velg yang digunakan pada mobil Polo ini adalah velg Tossa Alloy, yang memiliki ukuran 15 inci dibalut dengan ban tebal berukuran 185/60 R15.

VW Polo 2021 hadir dalam 6 warna yang bergaya, yakni Copper Orange, Flash Red, Deep Black Pearl, Pepper Grey Metallic, Reflex Silver, dan Candy White.

2. Desain interior

Interior VW Polo tampak sederhana, tetapi cukup modern dengan dominasi warna hitam. Mobil ini memakai desain handle pintu yang sama dengan Volkswagen Golf. Fitur-fitur standar pun telah dimiliki oleh VW Polo, seperti dual airbags, seatbelt, sensor parkir, dan alarm mobil sebagai pencegah pencurian.

Di kabin VW Polo, disematkan sejumlah fitur pada dashboard yang sangat identik dengan gaya Golf MK 6. Pengaturan AC digital yang beragam dengan head unit yang simple berwarna monochrome.

Ada sejumlah fitur hiburan pada head unit, seperti radio RCD 320 G lengkap dengan SD card slot, CD player, USB/Ipod Interface, dan koneksi bluetooth.

Dealer Volkswagen di Indonesia

Hingga saat ini, terdapat 9 dealer Volkswagen resmi di Indonesia. Berikut ini daftar alamat kesembilan dealernya.

*  Volkswagen BSD: Jalan Raya BSD Sektor VI Blok 201 Kav. 3, Bumi Serpong Damai, Tangerang.

*  PT United Indopratama: Jl Jenderal Basuki Rahmat no 86 Bp. Irawan (Jl Kombes Pol M Duryat) Bp. Demas, Surabaya.

*  PT New Champion Motor: Jl. Soekarno Hatta No. 291, Bandung.

*  PT Putranusa Agung Persada: Jl H Adam malik no 165 Bp. Harry Y. S, Medan.

*  Volkswagen Kota Kasablanka: Kota Kasablanka Mall GF 20 Jl. Casablanca Raya Kav.88, Jakarta Selatan, 12870.

*  PT. Wolfsburg Auto Indonesia: Jl Pantai Indah Selatan I, ST.A Pantai Indah Kapuk, Jakarta Barat, 14460

*  PT. Indosentosa Trada: Jl. Komplek Puri Indah, Blok R no. 1, Kembangan, Jakarta Barat.

*  Volkswagen Kemayoran: Jl. Angkasa Raya no.18, Gunung Sahari Selatan Kemayoran, Jakarta Pusat, 10610.

*  PT. Wangsa Indra Permana: Jl. MT. Haryono Kav.8 Cawang, Jakarta Timur.

Baca juga: Lexus LX 570, Segini Harga & Tarif Pajaknya

volkswagen polo

Harga Volkswagen Polo Baru dan Bekas

Adapun VW Polo 2021 punya 2 varian, yakni VW Polo 1.2 TSI dan VW Polo 1.2 VRS. Kedua varian ini punya harga yang berbeda.

1. Harga unit baru

*  New Polo 1.2 TSI A/T: Rp315 juta

*  New Polo VRS: Rp342 juta

Untuk harga terlampir di atas adalah harga OTR untuk wilayah Jakarta sehingga untuk penjualan di daerah lain, harganya bisa menyesuaikan masing-masing dealer Volkswagen.

2. Harga unit bekas

*  Polo 1.4 AT 2012: Rp120 juta

*  Polo 1.2 TSI 2015/2016: Rp150—170 juta

Baca juga: Mobil Limousine: Merek dan Harganya di Indonesia

Pertimbangan sebelum Beli VW Polo Bekas

1. Transmisi

Transmisi yang dimiliki VW Polo memang sudah canggih, tetapi tetap harus dilakukan pengecekan apakah perawatan sudah rutin atau tidak oleh pemilik sebelumnya karena berpengaruh terhadap kinerja mesin mobil.

Pastikan pula untuk melakukan test drive agar mengetahui kalau perpindahan gigi berlangsung mulus tanpa hentakan atau getaran. Kamu bisa mengeceknya ke dealer Volkswagen terdekat.

2. Bagian interior

Periksa lebih teliti, pastikan tidak ada bekas noda atau goresan pada jok, dashboard, door trim, dan kolong mobil. Jangan lupa juga melakukan pengecekan bagian plafon sebab penyakit pada mobil seken Eropa biasanya plafon yang sudah turun.

3. Mesin

Apakah suaranya mesin masih halus ketika melakukan test drive? Kalau pemilik sebelumnya rutin melakukan servis maka mesin akan terjaga tetap awet dan tidak akan menimbulkan suara kasar.

Di samping suara mesin, cek juga kalau kamu menemukan kejanggalan saat melaju di kecepatan rendah maupun tinggi. Sekalipun mobil VW Polo bekas sudah berumur, tapi performa mobil ini masih tergolong lincah dengan mesin bertenaga kuat.

Volkswagen Polo pun memiliki interior yang sangat luas dan nyaman meski termasuk jenis mini hatchback. Cocok untuk berkendara di jalanan kota yang padat.

Baca juga: Cari Mobil Diesel Terbaik? Inilah Rekomendasi dan Harganya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...

Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Mubazir!

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan...
LANGUAGE