33.6 C
Jakarta
Selasa, 28 September, 2021

Semester I/2021 : BAPPEBTI Blokir 622 Situs Bursa Berjangka Tanpa Izin

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti Kementerian Perdagangan telah memblokir 109 situs web di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK). Situs-situs tersebut tidak berizin atau ilegal.

Sejak Januari 2021, Bappebti bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika berhasil memblokir 622 situs web tanpa izin.

“Setiap pihak dalam melakukan kegiatan perdagangan berjangka wajib memiliki izin dari Bappebti serta tunduk dan patuh aturan. Meskipun mengaku memiliki legalitas dari regulator luar negeri, semua penawaran di bidang perdagangan berjangka wajib memiliki izin dari Bappebti,” tegas Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana.

Menurut Wisnu, Bappebti akan terus melakukan pemblokiran termasuk kepada situs-situs broker luar negeri yang ilegal. Bappebti secara rutin melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap kegiatan usaha.

Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti M. Syist menghimbau
agar masyarkat tidak mudah percaya dengan penawaran investasi ilegal. Apalagi yang menjanjikan keuntungan tinggi tanpa memiliki risiko.

“Jangan mudah menyetorkan dana ke rekening tertentu dengan janji akan memperoleh
keuntungan. Apalagi penawaran tersebut mengiming-imingkan untuk mendapatkan bonus atau komisi apabila berhasil merekrut anggota baru sebagai downline. Kemungkinan besar modus tersebut berujung dengan penipuan,” ungkap Syist.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di PBK, masyarakat diharapkan selalu melakukan pengecekan legalitas pelaku usaha dan kewajaran keuntungan yang ditawarkan. Selain itu, masyarakat juga jangan mudah tergiur dengan janji keuntungan di luar kewajaran.

Tugas BAPPEBTI

BAPPEBTI merupakan lembaga ini milik pemerintah yang berada di bawah naungan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI). BAPPEBTI adalah singkatan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. 

Lembaga ini mempunyai peran dalam melakukan pengawasan serta pengaturan terkait perdagangan berjangka. Dasar hukum BAPPEBTI didirikan tertuang dalam UU No. 32 Tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.

Untuk mengakses informasi lebih lanjut, kamu juga dapat mengunjungi kantornya langsung yang berada di gedung BAPPEBTI lantai 3-5 Jalan Kramat Raya No. 172 atau melalui situs website resminya yaitu bappebti.go.id.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

Cek di sini untuk melihat daftar fintech dan investasi berizin di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Kucurkan Kredit Rp2,24 triliun, Modal Rakyat Berhasil Jaga NPL 0,03%

Platform digital berbasis pinjaman, Modal Rakyat, berhasil menjaga tingkat kredit macet atau non performing loan (NPL) di level yang sangat rendah yaitu sebesar 0,03%. CEO...

Trade Expo Indonesia : Mendag Target Transaksi Rp21,4 triliun 

Kementerian Perdagangan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 dengan tema ‘Reviving Global Trade'. Pameran ini digelar secara digital dan melibatkan aktor global. Menteri Perdagangan Muhammad...

Daftar Aplikasi Menambang Bitcoin di Android

Bitcoin saat ini semakin dikenal di tanah air. Adapun harganya yang melambung tinggi dengan cepat, diketahui telah menarik perhatian para investor untuk mulai terjun...

OJK dan Industri Jasa Keuangan Dukung Pengembangan UMKM

Komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan, industri keuangan non bank, pasar modal dan fintech, yaitu akan meningkatkan pengembangan Usaha Menengah Kecil dan...

Modal Rakyat Beri Pinjaman untuk Usaha dengan Bunga Kompetitif

Modal Rakyat merupakan layanan pinjaman uang berbasis digital yang menjadi wadah pertemuan antara peminjam, yaitu usaha kecil dan menengah (UKM) dan pendana, yaitu individu...
LANGUAGE