28.8 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Sinergi Bank Indonesia dan Pemerintah Kendalikan Inflasi

JAKARTA, duniafintech.com – Sinergi Bank Indonesia dan pemerintah dinilai menjadi salah satu cara untuk dapat mengendalikan inflasi di Tanah Air.

Sinergi Bank Indonesia dan pemerintah untuk mengendalikan inflasi salah satunya dengan menjaga pasokan dan kelancaran distribusi barang dan penguatan ketahanan pangan.

Deputi Gubernur Doni Primanto Joewono menjelaskan dalam upaya tersebut, pentingnya komitmen, sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, Bank Indonesia baik pada tingkat pusat maupun daerah maka diperlukan dalam menjalankan berbagai program yang bermanfaat bagi pengendalian inflasi.

Hal terkait sinergi Bank Indonesia dan pemerintah tersebut dibuktikan dengan meningkatkan produksi dan menjaga kelancaran distribusi termasuk memperpendek rantai distribusi, menjadi kunci dalam pengendalian inflasi seperti di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami memberikan apresiasi kepada Sulawesi Selatan yang mendapatkan predikat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi terbaik,” kata Doni.

Baca juga: Ini Wilayah Penyumbang Angka Inflasi di Indonesia

sinergi Bank Indonesia dan Pemerintah

Sinergi Bank Indonesia dan Pemerintah Terjang Tantangan Global

Selain itu, Menteri Pertanian Yasin Limpo mengungkapkan ditengah tantangan global yang terjadi termasuk pada produksi dan pangan, semua negara perlu mengutamakan sektor pertanian.

Dengan demikian, kalibrasi dan kerjasama di seluruh lini diperlukan untuk memitigasi dan mengadaptasi tantangan yang terjadi sehingga mendukung kinerja pertanian Indonesia yang terus meningkat.

Oleh karena itu, Kementerian Pertanian mengimplementasikan strategi meningkatkan kapasitas produksi, subtitusi impor dan peningkatan ekspor yang turut berdampak menekan inflasi.

“Provinsi Sulawesi Selatan sendiri diharapkan untuk senantiasa menopang pangan nasional,” ujar Yasin.

Baca juga: Kenaikan Harga BBM Bikin Angka Inflasi Melambung

Sebagai informasi, Koordinasi TPID antar provinsi dan komitmen kerjasama antar kabupaten/kota di provinsi Sulsel senantiasa merealisasikan kerja sama perdagangan komoditas pangan antar daerah.

Terdapat penandatanganan Kerjasama Antar Daerah (KAD) antara pedagang bawang merah dan pedagang daging ayam dari sejumlah kota dan kabupaten.

Pada kesempatan yang sama, terdapat penandatangan komitmen bersama Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Selatan dengan Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin dalam rangka ketahanan pangan komoditas penyumbang inflasi.

Sinergi program pengendalian inflasi juga dilakukan dengan pihak lain dalam menangani permasalahan pasokan pangan termasuk akses pembiayaan.

Untuk mengantisipasi berbagai risiko tekanan inflasi jelang akhir tahun 2022, Bank Indonesia bersama dengan TPID akan terus bersinergi menjaga stabilitas harga melalui penguatan kerja sama antar daerah (KAD) dan implementasi kerangka 4K (Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, Keterjangkauan Harga, dan Komunikasi Efektif).

GNPIP sendiri merupakan gerakan yang dilaksanakan di berbagai wilayah sebagai komitmen bersama untuk mengoptimalkan langkah-langkah pengendalian inflasi dari sisi suplai dan mendorong produksi guna mendukung ketahanan pangan secara integratif, masif, dan diharapkan mendukung pemulihan ekonomi nasional, dengan salah satu cara sinergi Bank Indonesia dan pemerintah.

Baca jugaBerita Bitcoin Hari Ini: Usai Laporan Inflasi AS, Kripto Perkasa Lagi!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE