26.2 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Smartphone Misterius Korea Utara Terkuak!

duniafintech.com – Smartphone kini menjadi barang yang sudah tidak asing lagi digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pengguna smartphone di seluruh dunia pun terus meningkat, tidak hanya di negara maju bahkan di negara berkembang.

Baca juga : Turnkey Lender Umumkan Kolaborasi Dengan HPE

Salah satu contoh negara berkembang dengan penggunaan smatphone yang kita soroti kali ini adalah Korea Utara. Korea Utara dikenal sebagai negara yang tertutup dan sangat berhati-hati dengan dunia luar.

Tidak hanya itu, pemerintah Korea Utara pun sangat otoriter sehingga membatasi kepemilikan teknologi masyarakatnya. Oleh karena itu, Korea Utara disebut-sebut negara dengan masyarakat yang tertutup dengan perkembangan teknologi. Namun, laporan terbaru ternyata menunjukkan hal yang berbeda.

Baca juga : J Trust Bank dan DAM Corp. Rilis Uang Elektronik

Dilansir dari Nknews.org menyebut jutaaan warga Korea Utara kini sudah memiliki smartphone, yang jumlahnya diperkirakan mencapai 40 persen dari total populasi. Bahkan, negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini memiliki ponsel pintar andalan yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat, sebagai berikut:

  1. Pyongyang Touch

Smartphone ini dirilis pertama kali pada 2014 lalu. Menurut sumber mengatakan Pyongyang Touch mengusung sistem operasi Android, tentunya telah dimodifikasi sebelumnya yang ditunjukkan untuk penduduk Korea Utara saja. Meskipun termasuk ke dalam kategori smartphone, Pyongyang Touch tidak dirancang untuk kebutuhan telepon ke luar negeri dan browsing internet.

  1. Original

Smartphone ini digadang-gadang sebagai tiruan dari model Uniscope U1201 buatan China pada tahun 2014. Original Arirang memiliki layar 4,3 inci, chip Qualcomm Snapdragon S4 dual-core yang berjalan pada 1,2GHz, kamera 8 megapiksel, kemampuan dual-mode “jaringan ganda” untuk jaringan GSM dan CDMA serta memiliki “desain ruang suara stereo 3D,” dan baterai 1.900 mAh.

  1. The Jindallae 3 atau Azalae 3

Jindallae 3 yang diterjemahkan menjadi Azalea 3 adalah ponsel pintar terbaru yang dirilis di pasar Korea Utara, pada tahun 2017. Ponsel ini Ini diproduksi oleh Mangyongdae Information Technology Corporation. Azalea 3 ini digadang-gadang sebagai ponsel pintar yang cukup menawan dibandingkan lainnya.

  1. Arirang 171

Menurut laporan yang tersiar, Arirang 171 mempunyai layar 4,7 inci dan memakai chip MediaTek6797 dengan core yang berjalan pada 2,6 GHz. Ponsel pintar ini juga dilengkapi 4GB RAM, serta dilengkapi dengan sensor sidik jari unruk membuka kunci perangkat.

  1. Phurun Hanul H-1 atau Blue Sky

Phurun Hanul H-1 memiliki layar 5,5 inci, 3GB RAM, 32GB penyimpanan, kamera belakang 16 megapiksel dan kamera selfie 8-megapiksel. Ponsel pintar yang dibuat oleh Phurun Hanul Corporation ini dilengkapi sensor sidik jari dan diklaim memiliki kecepatan pemrosesan cepat. Phurun H-1 juga memiliki baterai besar 6.000 mAh serta disokong oleh chip MediaTek MT6753 dengan delapan core yang berjalan pada 1.3GHz.

Written by : Dinda Luvita
Picture : Pixabay.com

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Alasan Token ASIX tak Lolos Izin, Bappebti Beberkan Hal Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Token ASIX milik pesohor tanah air, Anang Hermansyah tak lolos izin dari Badan Pengawas Bursa Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal ini lantas...

Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Platform untuk Mining Ethereum

JAKARTA, duniafintech.com - Platform untuk mining Ethereum (ETH) penting diketahui, guna mendukung proses mining atau penambangan tersebut. Selain trading, cara mudah untuk mendapatkan kripto jenis...

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA dengan 6 Metode Termudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek tagihan kartu kredit BCA dengan beberapa metode termudah berikut ini tentunya penting untuk diketahui. Di samping kartu debit, Bank BCA...
LANGUAGE