25.8 C
Jakarta
Rabu, 17 Agustus, 2022

Sodea Bantu Pelaksanaan Pelayanan Publik di Desa

duniafintech.com – Sebagai upaya berinovasi di bidang teknologi, PT Arfadia percaya akses internet dan sistem informasi adalah hak semua pihak, termasuk di desa di seluruh Indonesia. Sodea (Software Desa Arfadia) adalah solusi terbaik sistem informasi untuk pemerintahan desa untuk pelayanan publik lebih baik.

Kondisi penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh aparatur pemerintah dalam berbagai sendi pelayanan masih dirasakan belum seperti yang diharapkan oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat antara lain dari banyaknya pengaduan maupun keluhan masyarakat. Di pihak lain masyarakat sebagai unsur utama yang dilayani juga belum memberikan kontrol yang efektif untuk menjadi unsur pendorong dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik tersebut, perlu adanya terobosan dan komitmen untuk melakukannya.

Komitmen Pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia terus menjadi prioritas utama. Inovasi pelayanan publik di Indonesia terus didorong untuk memiliki kualitas bersaing dan bisa disejajarkan dengan pelayanan publik internasional. Untuk melaksanakan itu semua, diperlukan keseriusan dari seluruh instansi Pemerintah untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga

Tak hanya Pemerintah, berbagai elemen masyarakat lainnya juga perlu untuk membantu peningkatan pelayanan publik. Terlebih di era digital ini, di mana perkembangan teknologi sangat pesat, teknologi juga harus bisa dimanfaatkan oleh warga pedesaan untuk mengatur Sistem Informasi Desa. Dengan adanya teknologi ini, diharapkan segala sesuatu yang terkait dengan penataan administrasi desa akan lebih mudah untuk diatur.

Tak dipungkiri, perkembangan teknologi internet dan sistem informasi tumbuh semakin pesat dan canggih di seluruh belahan dunia. Semakin banyak daerah yang sebelumnya sulit untuk diakses kini bisa dengan mudah dijangkau. Di Indonesia sendiri, eMarketter memperkirakan jumlah pengguna internet akan mencapai 112 juta orang pada 2017, mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan penggunanya lebih lambat.

Kemudahan akses dan pertumbuhan sistem informasi ini sendiri sudah selayaknya digunakan secara merata oleh seluruh perangkat Pemerintah dan pelayanan publik, dari tingkat kabupaten hingga ke desa-desa. Kebutuhan akan sistem informasi dan teknologi menjadi sebuah tolak ukur dalam hal pengambilan keputusan dan kebijakan di sistem pelayanan publik.

Baca juga

Sodea hadir untuk membantu pelaksanaan pelayanan publik di desa-desa. Dimana software ini dapat menjadi pedoman dan standar pelaksanaan urusan Pemerintah serta perencanaan pembangunan di tingkat desa dan kelurahan serta lembaga lainnya, dan dapat menjadi sarana untuk pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan publik di desa dan kelurahan dimana penyajian data yang dihasilkan lebih efisien, akuntabel, transparan serta mudah diakses oleh semua pihak dan pemangku kepentingan.

Sodea membantu upaya percepatan dan akselerasi pembangunan desa dan kelurahan, dimana menyediakan pembangunan website online untuk memperkenalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di masing-masing desa kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia. Dengan adanya aplikasi ini, Pemerintah dan pelayanan publik juga mudah melakukan analisis terhadap apa yang terjadi di masyarakat sehingga pembangunan dapat terjadi lebih cepat dan lebih akurat.

Lebih jelasnya, beberapa fungsi dan manfaat Sodea adalah sebagai berikut:

  • Dapat menjadi pedoman dan standar pelaksanaan urusan Pemerintah serta perencanaan pembangunan di tingkat desa dan kelurahan serta lembaga lainnya.
  • Dapat menjadi sarana untuk pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan publik di desa dan kelurahan dimana penyajian data yang dihasilkan lebih efisien, akuntabel, transparan serta mudah diakses oleh semua pihak dan pemangku kepentingan.
  • Membantu upaya percepatan dan akselerasi pembangunan desa dan kelurahan.
  • Menyediakan pembangunan website online untuk memperkenalkan Profil Desa di masing-masing desa kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Baca juga

Source: sodea.id

Written by: Sebastian Atmodjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan rawat jalan adalah salah satu manfaat yang diberikan oleh asuransi asuransi kesehatan secara umum. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan...

Minimum Pembayaran Akulaku per Transaksi, Segini Besarannya

JAKARTA, duniafintech.com – Minimum pembayaran Akulaku atau minimum payment di Akulaku ini tentunya sangat penting diketahui oleh para penggunanya. Seperti diketahui, meski terbilang baru, tetapi...

Cara Top Up OVO lewat Maybank, dari ATM sampai SMS Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Maybank berikut ini menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin isi ulang saldo OVO dengan cepat. OVO sendiri...

Memahami Apa Itu DeFi dan Keuntungannya Dalam Dunia Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Penting sekali bagi seorang trader kripto untuk memahami apa itu DeFi. Saat ini, hampir semua layanan keuangan menggunakan sistem teknologi terpusat.  Artinya,...

Cara Bayar Tiket Kereta Api Via Bank Mandiri, Cepat & Mudah!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tiket kereta api via Bank Mandiri berikut ini menjadi salah satu kemudahan yang harus ketahui sekarang juga. Bagi kamu yang...
LANGUAGE