25 C
Jakarta
Senin, 18 Oktober, 2021

Daftar Rekening Bisnis Terbaik untuk UMKM

Dalam menjalankan sebuah bisnis, baik berskala besar maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), finansial atau keuangan menjadi salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan. Untuk membantu hal itu, sejumlah bank di Indonesia menawarkan rekening atau tabungan bisnis. Rekening itu memiliki fitur dan manfaat yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Pengertian rekening bisnis adalah jenis tabungan khusus untuk pelaku usaha yang biasanya memiliki bunga lebih kompetitif. Bukan itu saja, rekening tersebut juga memiliki fitur, keunggulan, dan layanan yang menarik bagi pelaku usaha. Oleh sebab itu, dengan mempunyai rekening bisnis, para pelaku usaha dipastikan bakal merasa terbantu dalam mengelola keuangan mereka.

Namun, sebelum itu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu alasan pelaku usaha harus memiliki rekening bisnis di bawah ini.

Alasan Pelaku Usaha Harus Memiliki Tabungan Bisnis

  1. Melindungi Aset Pribadi Pengusaha
  2. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis
  3. Membantu Mengontrol Keuangan Bisnis
  4. Lebih Mudah Mengatur Aset Bisnis
  5. Mendapatkan Kemudahan Saat Ingin Mengajukan Pinjaman Bisnis

Setelah mengetahui alasan pelaku usaha harus memiliki rekening bisnis di atas, inilah rekomendasi rekening tabungan untuk bisnis terbaik yang perlu dipertimbangkan.

Rekomendasi Rekening Tabungan Bisnis Terbaik

Mandiri Tabungan Bisnis

Mandiri Tabungan Bisnis setoran awalnya sebesar Rp1 juta rupiah dan saldo minimalnya juga sama. Layaknya rekening pribadi, di rekening bisnis yang satu ini pelaku usaha pun bakal memperoleh kartu dan e-banking untuk mempermudah transaksinya. Suku bunga per tahun yang akan diperoleh dari rekening ini, yaitu 0,80%.

Adapun syarat untuk membuka rekening Mandiri Tabungan Bisnis, yakni:

  • Berusia minimal 18 tahun, maksimal 65 tahun.
  • Punya rencana membuat bisnis atau memiliki usaha.
  • Membawa kartu identitas, surat izin usaha, dan setoran awal sebesar Rp1 juta.

Tabungan Usaha CIMB Niaga

Rekening bisnis berikutnya adalah Tabungan Usaha CIMB Niaga. Untuk biaya setorannya sebesar Rp500 ribu. Angka itu dianggap lebih murah dan cocok bagi para pelaku UKM yang memiliki modal minim.

Beberapa fitur unggulan dari rekening bisnis yang satu ini adalah SMS alert, Auto Sweet, dan Pick Up Service.

Syarat untuk membuka rekening Tabungan Usaha CIMB Niaga, yakni:

  • Mendatangi kantor cabang terdekat dengan membawa kartu identitas, surat izin usaha, dan uang setoran awal.
  • Minimal berusia 18 tahun untuk mengajukan rekening bisnis ini.

BNI Taplus Bisnis

BNI Taplus Bisnis mengharuskan calon nasabahnya memiliki setoran awal senilai Rp1.000.000, seperti Mandiri. Di samping itu, calon nasabah juga harus membayar biaya administrasi sebesar Rp10 ribu per bulan.

Beberapa fitur yang ditawarkan dari rekening bisnis ini, yaitu info cash flow setiap akhir bulan, account sweep, dan e-banking.

Ini syarat membuka rekening BNI Taplus Bisnis:

  • Berusia minimal 17 tahun
  • Memiliki kartu identitas dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Memberikan setoran awal senilai Rp1.000.000

BritAma Bisnis BRI

Rekening bisnis yang berikutnya ini memiliki setoran awal sebesar Rp1 juta, dengan saldo minimal Rp500.000. Untuk limit transaksi yang dapat dilakukan dengan BritAma Bisnis, yakni senilai Rp1 miliar. Angka itu jelas sangat cocok bagi bisnis berskala besar. Sementara itu, suku bunga yang ditawarkan, yakni 1,25% per tahunnya.

Syarat pembukaan rekeningnya hanya dengan langsung datang ke cabang terdekat dengan membawa kartu identitas, SIUP, dan setoran awal Rp1 juta.

Untuk diketahui, ketika sudah membuka rekening ini, akan otomatis terdaftar sebagai peserta Program Undian Untung Beliung BritAma. Di sisi lain, setiap nasabah juga akan memperoleh cover asuransi kecelakaan hingga Rp150 juta.

Tahapan Gold BCA

Rekening bisnis dari bank BCA ini diciptakan untuk membantu mobilitas usaha sehingga lebih mudah melakukan transaksi bisnis. Keunggulan utama dari Tahapan Gold BCA, yaitu:

  • Info via SMS/email
  • Automatic Transfer System Online
  • Layanan Appointee
  • Cek mutasi dengan memanfaatkan BCA Mobile.
  • Tak perlu mengganti rekening apabila buku hilang.

Menggunakan Tahapan Gold akan membuat nasabah mendapatkan limit transaksi di atas Rp10 juta. Untuk pengajuannya, calon nasabah harus memberikan saldo awal minimal Rp10 juta dan saldo minimum ditahan senilai Rp50 ribu.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE