27.7 C
Jakarta
Senin, 18 Oktober, 2021

Ini 5 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik di Indonesia

Kartu kredit belakangan ini telah menjadi alat transaksi sehari-hari bagi sebagian orang dari beberapa kalangan. Bahkan, alat transaksi yang satu ini juga mulai dianjurkan untuk dapat dimiliki. Namun, bukan dalam mendukung budaya “berutang”, melainkan karena pada dasarnya memang tidak bisa dimungkiri bahwa keberadaan kartu kredit terbaik ini dapat memudahkan orang-orang pada beberapa keperluan mereka.

Sebagai contoh, saat ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, di antara faktor yang dapat membuat pengajuan bakal disetujui, yakni adanya credit scoring atau penilaian kredit. Credit scoring sendiri merupakan suatu sistem yang diterapkan oleh suatu lembaga pembiayaan atau bank untuk menilai kelayakan peminjam yang mengajukan pinjaman.

Dalam hal ini, apabila selama ini pemakaian kartu kredit seseorang terhitung lancar, ia dapat memperoleh mendapatkan credit scoring yang baik dan hal itu akan menjadi salah satu faktor yang dinilai oleh ketika dirinya mengajukan KPR. Bukan itu saja, credit card pun dapat digunakan untuk keperluan bisnis.

Di Indonesia, penggunaan kartu kredit di Indonesia sudah banyak. Menurut Bank Indonesia, pada tahun 2019 lalu sudah 17 juta credit card yang dikeluarkan oleh 25 penerbit, terdiri dari 23 bank dan 2 perusahaan keuangan. Meski pada tahun 2020 terjadi pandemi, nyatanya pengguna kartu kredit hanya berkurang sedikit alias tidak signifikan.

Mengenai kartu kredit terbaik, tentu sudah jamak kita dengar tentang Visa dan Mastercard. Keduanya memang menjadi dua jaringan penyedia credit card yang umum digunakan oleh bank penerbit kartu. Daftar bank dengan kartu kredit terbaik dan sangat direkomendasikan adalah sebagai berikut:

Kartu Kredit Bank BCA

Salah satu bank terbaik di Indonesia ini sangat wajar jika dinobatkan pula memiliki layanan kartu kredit terbaik. BCA, sebagai bank penerbit credit card, terbilang memiliki jaringan brand yang kuat di semua kalangan. Bahkan, banyak masyarakat yang ingin memiliki credit card dari BCA tersebut.

Meski peminatnya banyak, tentu bukan berarti bank BCA memberikan penilaian asal. Pasalnya, bank ini tetap akan menerima pengajuan credit card untuk nasabahnya yang memang punya penilaian bagus. BCA pun bahkan dikenal sulit memberikan kartu kredit.

Adapun keunggulan dari credit card BCA ini, yakni suku bunganya kompetitif, bahkan relatif rendah ketimbang bank penerbit kartu kredit lainnya. Di samping itu, fasilitas program cicilan 0% pun menjadi hal yang menarik dari kartu kredit terbitan BCA sebab sangat jarang kartu kredit lain menawarkan hal itu.

Sementara itu, kelemahan dari bank BCA ini, yaitu limit yang dapat diberikannya terbilang lumayan kecil. Meski pihak bank memberikan dua kartu, tetapi apabila digabung limitnya, juga belum terlalu besar. Meski begitu, tidak perlu khawatir karena apabila menggunakan kartu kredit dengan bijak, bukan tidak mungkin pengajuan permohonan penambahan limit yang lebih besar bakal diterima.

Produk Kartu Kredit BCA

BCA diketahui menyediakan jenis kartu BCA Card, Visa, dan Mastercard. Fiturnya adalah sebagai berikut:

1. BCA Everyday Card

Kartu yang satu ini sangat pas digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, apalagi ada reward BCA yang lebih besar sepanjang tahun ditambah iuran tahunan yang gratis alias Rp0 pada 1 tahun pertama.

2. BCA Indomaret

Kartu ini diterbitkan berdasarkan hasil kerja sama BCA dengan Indomaret. Fasilitas cicilan bunga ringan dan gratis biaya tahunan diberikan kartu ini pada 1 tahun pertama.

3. BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature

Ini merupakan kartu kredit travel dengan keanggotaan KrisFlyer. Fiturnya, yaitu welcome bonus hingga 10.000 KrisFlyer Miles, Complimentary beverage Starbucks di Bandara Indonesia, Fasilitas Cicilan BCA 0% 6 bulan untuk pembelian tiket Singapore Airlines atau SilkAir (website Singapore Airlines/Silk Air dan ticket office), serta gratis iuran tahunan pada 1 tahun pertama.

Suku Bunga dari Bank BCA:

  • Transaksi Penarikan Tunai 2,25% per bulan
  • Transaksi Belanja 2,25% per bulan
  • Iuran Tahunan: Classic Rp125.000 dan Platinum Rp450.000

Kartu Kredit Bank BNI

Diketahui, ada 24 jenis kartu kredit dari Bank BNI, yang terbagi menjadi kartu reguler, co-brand, affinity, corporate, dan business card. Pilihan kartu dari Bank BNI ini juga terbilang cukup menarik dan fiturnya adalah sebagai berikut:

Kartu Kredit Garuda BNI

Ini adalah kartu kredit hasil kerja sama Bank BNI dengan PT Garuda Indonesia. Kartu ini menawarkan Double miles untuk setiap transaksi pembelanjaan. Penggunanya dapat memperoleh GarudaMiles, diskon 5% untuk tiap penukaran award mileage menjadi tiket terbang gratis sepanjang tahun, dan free Executive Lounge di bandara yang bekerja sama dengan Bank BNI.

Kartu Kredit BNI Telkomsel

Kartu kredit ini buah dari kerja sama BNI dengan Telkomsel, yang akan memberikan paket Halo Kick special BNI dengan kuota hingga 200 GB/bulan, Extra Reward points 3x untuk pembayaran tagihan telkomsel, dan bonus Link Aja hingga Rp750.000

BNI Corporate Card

Kartu yang satu ini diberikan kepada pegawai di level atau jabatan tertentu di sebuah perusahaan. BNI Corporate Card dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan.

BNI American Express Business Card

Ini merupakan kartu kredit untuk bisnis yang bekerja sama dengan Principal American Express, yang ditujukan bagi para pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam rangka membantu aktivitas usaha mereka.

Suku Bunga Bank BNI:

  • Transaksi Penarikan Tunai 2,25% per bulan
  • Transaksi Belanja 2,25% per bulan
  • Iuran tahunan: Gold Rp240.000 dan Platinum Rp600.000

CitiBank

Selanjutnya ada CitiBank, yang merupakan salah satu pioner penerbitan kartu kredit. Bank ini disebut pioner sebab ketika bank lainnya belum punya atau menerbitkan kartu kredit, Citibank telah memilikinya dan menawarkan berbagai fitur dan produk kredit yang menarik.

Bank ini juga dikenal memiliki pelayanan dan sistem yang baik, tetapi limit kartu kredit yang diberikannya terbilang sedikit. Keuntungannya, yaitu bank ini memberikan gratis iuran tahunan dapat menggunakan rewards points untuk membayar iuran.

Inilah jenis kartu yang ditawarkan Citibank:

Kartu Citi Rewards

Dengan memiliki kartu ini, setiap transaksi yang dilakukan bakal mendapatkan reward points hingga 3 kali dengan berbelanja Rp3.000 di kategori dining, shopping, dan international spending.

Kartu ini juga dinilai dapat menghemat belanja hingga 15% dengan menukarkan Citi Rewards Point. Lebih menarik lagi, reward point yang diperoleh tidak punya masa kedaluwarsa.

Kartu Citi Cashback

Kartu ini memberikan unlimited cashback senilai 1%. Di samping ituk, tidak ada limit cashback dan batas waktu penukaran, serta minimum pemakaian. Artinya, cashback bakal berlaku selamanya.

Kartu Citi Prestige

Adapun kartu yang satu ini menyediakan akses ke Citi Prestige Executive dan layanan concierge 24 jam. Selain itu, juga gratis layanan antar-jemput ke/dari bandara dengan kendaraan mewah sebanyak 5 kali setiap tahunya. Bukan itu saja, juga ada gratis asuransi perjalanan hingga dengan Rp13 miliar.

Suku Bunga Citibank:

  • Transaksi Penarikan Tunai 2,25% per bulan
  • Transaksi Belanja 2,25% per bulan
  • Iuran Tahunan: Classic Rp225.000 dan Platinum Rp750.000

Bank Mega

Kartu kredit terbaik yang direkomendasikan berikutnya adalah produk Bank Mega. Kartu ini dikenal sebagai kartu kredit Carrefour atau Carrefour Mega Card. Dalam hal ini, Bank Mega diketahui bekerja sama dengan PT Carrefour Indonesia, sebuah perusahaan hypermarket terbesar di Indonesia yang juga merupakan anak perusahaan dari CT Corp.

Keuntungan yang akan diperoleh setiap kali bertransaksi di Carrefour atau berbagai merchant lainnya adalah sebagai berikut:

  • Diskon sampai dengan 10% di seluruh Carrefour dan Transmart Carrefour di Indonesia

Adapun keuntungan tersebut berlaku untuk semua produk termasuk elektronik dan produk promosi, kecuali susu bayi di bawah 1 tahun, telur curah, rokok, gadget(handphone, smartphone, tablet, dan laptop).

  • Diskon hingga 50% di Coffee Bean & Tea Leaf, Baskin Robbins, dan Wendy’s
  • Diskon 10% atau cicilan 0% untuk tenor 6 bulan di berbagai international luxury fashion brand.

Di samping itu, pemilik kartu ini pun bakal mendapat banyak fasilitas diskon di merchant-merchant yang tergabung dalam CT Corp.

Suku Bunga Bank Mega: 

  • Transaksi Penarikan Tunai 2,25% per bulan
  • Transaksi Belanja 2,25% per bulan
  • Iuran tahunan: Gold Rp400.000 dan Platinum Rp750.000

Kartu Kredit Bank Mandiri

Bank Mandiri diketahui memiliki 18 jenis kartu kredit. Kartu-kartu itu disediakan dengan beragam pilihan yang dapat disesuaikan kebutuhan nasabah untuk kenyamanan kebutuhan sehari-hari, travel, otomotif, dan golf. Beberapa jenis kartu kredit Bank Mandiri yang dapat dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

Mandiri Signature

Kartu ini akan sangat pas untuk mereka yang senang jalan-jalan. Dengan kartu ini, penggunanya bakal memperoleh fasilitas 3 kali fiesta poin yang dapat ditukarkan di lebih dari 10 ribu merchant.

Di samping itu, juga bisa menukarkan fiestapoin ini menjadi Flight Award lewat mileage maskapai dan Complimentary Lounge & Airport Merchant.

Mandiri Co Brand Pertamina

Nasabah dengan kartu ini bakal diberikan No Surcharge saat bertransaksi di seluruh SPBU pertama yang ada di tanah air. Bukan itu saja, terdapat pula asuransi maksimal Rp1 miliar, fasilitas derek, asistensi darurat kendaraan 24 jam, dan Fiestapoin untuk setiap transaksi kelipatan Rp20 ribu atas pembelian BBM di SPBU Pertamina.

Mandiri Golf Gold

Dengan mengantongi credit card ini, nasabah dapat mendapatkan diskon di lapangan dan merchant golf yang telah bekerja sama hingga 50%. Terdapat pula program Golf Travelling Special Price dengan cicilan dengan atau tanpa bunga.

Suku Bunga Bank Mandiri:

  • Transaksi Penarikan Tunai 2,245% per bulan
  • Transaksi Belanja 2,245% per bulan
  • Iuran tahunan: Gold Rp300.000 dan Platinum Rp500.000

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

8 Fintech Syariah yang Sudah Kantongi Izin OJK

Financial Technology (Fintech) Syariah merupakan salah satu pembiayaan yang mudah untuk didapatkan dari manapun. Saat ini sudah ada 8 Fintech Syariah berizin OJK dengan...

5 Ide Usaha Modal Kecil untuk Para Pemula

Membangun usaha modal kecil merupakan impian bagi setiap orang, pasalnya dengan uang minimalis kita bisa menghasilkan cukup banyak uang dari profit atau penghasilan harian...

3 Cara Mengamankan Akun Whatsapp dari Peretasan Pinjol Ilegal

Mengamankan akun whatsapp dari peretasan sangat wajib dilakukan apalagi untuk para customer yang menggunakan pinjaman online ilegal, pasalnya mereka bisa melakukan apa saja yang...

Daftar Perusahaan Asuransi Rawat Jalan Terbaik di Indonesia

Asuransi rawat jalan adalah bagian dari asuransi kesehatan, yakni sebuah bentuk perlindungan yang diberikan sebagai jaminan atas biaya yang muncul akibat masalah kesehatan atau...

Fidusia: Jaminan, Prosedur Pendaftaran, hingga Contoh Kasusnya

Secara umum, fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan benda dari pemberi pinjaman (kreditur) ke peminjam (debitur). Fidusia benda ini jadi milik pemberi pinjaman hingga utang...
LANGUAGE