27.4 C
Jakarta
Minggu, 26 September, 2021

Tak Mampu Beli PS5, Xbox atau PC? Cloud Gaming Bisa Kamu Coba

Kamu bisa mencoba main game berat dan terbaru di cloud gaming. Ini solusi bagikamu para gamer yang tidak cukup budget untuk membeli console atau PC gaming. 

Nonton youtube game melihat perkembangan game zaman sekarang memang seru banget. Game-game konsol dan PC saat ini menghadirkan pengalaman bermain yang berbeda. 

Mulai dari kualitas grafik yang realistis dan story game yang berkesan membuat pengalaman bermain game begitu mengesankan. Iya kan? Seperti yang kamu lihat di youtube. 

Baca Juga : PS5 dan XBOX Series X Mungkin Habis Stock pada 2022

Baca Juga : Sony Mengakui Mungkin Harus Mendesain Ulang PS5

Tapi, bagi kamu yang ngiler ingin bermain game, kamu perlu mengumpulkan sejumlah uang untuk membeli konsol seperti PS4, atau PS5, atau Xbox atau bahkan PC game atau laptop game. 

Bagi kamu yang terkendala kurang budget, kamu masih tetap bisa merasakan pengalaman bermain lewat cloud gaming. 

Apa itu cloud gaming? Mari kita bahas. 

Penjelasan tentang cloud gaming

Cloud gaming adalah sebuah teknologi baru untuk memungkinkan kamu bermain game tanpa harus memiliki konsol atau PC. Kamu hanya perlu mengandalkan jaringan internet. 

Cloud gaming tidak bergantung pada kinerja hardware karena menggunakan jaringan cloud. Jadi, sebenarnya kamu tidak memainkan sebuah game. Tetapi, kamu akan bermain dengan website yang menyediakan game. 

Meski begitu, kamu tetap bisa merasakan bermain game-game terbaru dari platform penyedia cloud gaming. Kamu hanya perlu membayar biaya langganan sekitar Rp100 -400 ribuan per bulan. 

Ini tentu lebih murah dari pada kamu membeli console dan PC game. 

Bagaimana Mencoba Cloud Gaming?

Kamu bisa mengakses beberapa website cloud gaming seperti Google Stadia. Ada banyak game yang ada di platform tersebut yang bisa kamu mainkan. 

Kamu juga bisa mencoba platform Skyegrid dan platform lainnya. Masing-masing platform menetapkan harga berlangganan yang berbeda-beda. Umumnya, setelah membayar biaya langganan kamu bisa mencoba game apa saja yang ada di dalam platform tersebut. 

Kamu juga tidak perlu khawatir soal penyimpanan. Jadi, kamu tidak perlu mendownload gamenya. Kamu juga tidak perlu khawatir soal save data yang kamu simpan dalam gamenya. Karena pasti akan ter save, kok. 

Kekurangan Cloud Gaming

Sayangnya, teknologi ini masih memiliki banyak kekurangan. Mari kita simak beberapa kekurangannya di bawah ini : 

1. Memerlukan Internet yang Kencang

Untuk bermain di cloud gaming, kamu memerlukan jaringan koneksi internet broadband, atau setidaknya 100Mbps. Ini artinya, kamu memerlukan Wifi yang perlu kamu pasang di rumahmu. 

Sayangnya, harga langganan WiFi dengan kecepatan segitu mahal banget. Kamu jangan berharap jika ingin menggunakan jaringan teathering dari smartphone. 

Jika, jaringan tidak kuat, maka kualitas grafik gambar yang akan berpengaruh. Grafik gambar akan turun. Mungkin, hanya mentok di 720 pixel atau bahkan lebih rendah. 

Ini tentu jauh berbeda dengan konsol dan pc game yang sudah bisa 4k hingga 8k dan minimal 1080 pixel. 

Jadi, bagi negara berkembang seperti Indonesia, teknologi masih belum terlalu baik. Karena koneksi internet yang masih pelan. Tetapi, bagi kamu yang sudah memiliki internet yang kencang di rumah dan tidak ingin biaya mahal, kamu bisa mencobanya.

2. Terus Membayar dan Terus Membayar

Banyak youtuber gaming yang mengeluhkan bahwa game saat ini mahal dan terus menguras uang penggemarnya. Begitu juga dengan cloud gaming. 

Tidak sedikit para gamer yang lebih membeli konsol dan game mahal. Karena hanya dengan mekanisme sekali bayar di depan saja. Sedangkan, biaya berlangganan membuat orang merasa candu dan sering terjebak. 

Tetapi, bagi kamu yang hanya ingin mencoba-coba saja dengan waktu luang yang sedikit, platform ini mungkin masih cocok buat kamu. 

3. Tidak Banyak Menyediakan Game 

Masalah terakhir mungkin terkendala pada game yang tidak terlalu banyak. Meski kamu tidak perlu membeli satu per satu game, seperti di PC atau di konsol. 

Belum lagi kamu tidak bisa langsung memainkan game terbaru yang baru rilis. Karena para developer game mengesampingkan launching di cloud gaming. Mereka lebih memilih untuk launching di console seperti Xbox, PS4 atau PS5 dan PC. Bahkan, hanya salah satunya saja. 

Tetapi, bagi kamu yang tidak peduli dengan game yang baru keluar, ini masih cocok. Karena kamu masih bisa memainkan game-game keren dan game berat lainnya. 

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Danasaham: Platform yang Pertemukan Pemodal dan Penerbit

Danasaham adalah salah satu platform equity crowdfunding yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mempertemukan pemodal dan penerbit melalui situs websitenya. Di...

Strategi dan Jenis Investasi Terbaik untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga mempunyai peran penting dalam mengelola keuangan keluarga dengan baik meski ia memang tidak menghasilkan uang secara aktif. Namun, penting juga bagi...

Daftar Rekening Bisnis Terbaik untuk UMKM

Dalam menjalankan sebuah bisnis, baik berskala besar maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), finansial atau keuangan menjadi salah satu hal yang penting dan harus...

Pengertian Bursa Kripto serta Kehadirannya di Indonesia dan Dunia

Investasi mata uang kripto semakin digandrungi belakangan ini di dunia, termasuk di Indonesia. Namun, jika memang merasa tertarik untuk berinvestasi mata uang kripto dan...

Ini 5 Rekomendasi Kartu Kredit Terbaik di Indonesia

Kartu kredit belakangan ini telah menjadi alat transaksi sehari-hari bagi sebagian orang dari beberapa kalangan. Bahkan, alat transaksi yang satu ini juga mulai dianjurkan...
LANGUAGE