31.9 C
Jakarta
Sabtu, 26 September, 2020

Telunjuk.com Bantu Tingkatkan UMKM Lewat Basis Data

DuniaFintech.com – Layanan e-commerce aggregator berbasis digital, Telunjuk.com menekankan pentingnya pemanfaatan basis data elektronik untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengembangkan bisnisnya.

Sebagaimana diketahui, UMKM diberi predikat sebagai tulang punggung perekonomian nasional dengan menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 60 persen di kuartal pertama tahun 2019. Dari data yang dihimpun, terdapat 64,2 juta unit UMKM yang tercatat oleh Badan Pusat Statistik. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 13% telah mengadaptasi sektor digital.

Di masa pandemi, himpunan basis data elektronik mampu mendorong berkembangnya usaha mikro hingga menengah. Melalui ragam informasi dan wawasan soal pasar, basis data elektronik mampu membantu UMKM dalam menargetkan pasarnya serta menerapkan strategi yang tepat.

Telunjuk.com yang didukung oleh Compas.co.id, memberikan wadah untuk pelaku UMKM dalam mengakses dan memanfaatkan basis data terpadu guna meningkatkan performa bisnisnya. Pemanfaatan data menjadi cara ‘cerdas’ yang membantu badan usaha untuk memantau kondisi perusahaan dan pasar secara realtime mau pun lampau.

Baca juga:

Telunjuk.com Bantu UMKM Manfaatkan Data Pasar

Hanindia Narendrata, CEO dan Co-Founder Telunjuk.com menekankan pentingnya pemanfaatan data oleh UMKM guna meningkatkan bisnisnya. Menurutnya, memberi wawasan dan pengetahuan soal pentingnya pemanfaatan data terpadu membuat pengusaha beradaptasi dengan perkembang teknologi.

“Kami memiliki tugas untuk mengedukasi pemilik usaha atas pentingnya data bagi perkembangan bisnisnya. Kami hadir untuk mendukung ekosistem daring dari sisi inteligensi bisnis dan digital marketing dengan mengolah data-data yang terkumpul menjadi market insight,”

Beberapa kendala umum yang dihadapi dalam memanfaatkan data seperti ‘gagap’ teknologi, merupakan salah satu contoh tantangan yang harus dihadapi. Oleh karena itu Telunjuk.com dan Compas.co.id berencana untuk mengedukasi industri UMKM untuk melebarkan bisnisnya melalui ekosistem digital.

“Kedepannya kami akan mengambil langkah besar untuk lebih memperkenalkan pemanfaatan data kepada pasar yang lebih luas dan dapat menggaet setidaknya 70 ribu UMKM digital Indonesia hingga akhir 2020,”

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Dua Startup Asuransi Digital Ini Peroleh Modal! Tren Insurtech Positif?

DuniaFintech.com - Qoala dan PasarPolis menjadi dua startup layanan asuransi berbasis digital yang mendapatkan suntikan dana di tahun 2020. Qoala mendapatkan pendanaan...

Sulit Menyisihkan Uang? Inilah Cara Menabung Paling Efektif yang Sesuai dengan Kemampuan

Duniafintech.com - Tak hanya berfungsi menghindari utang karena adanya kebutuhan darurat, menabung juga bermanfaat untuk menambah pundi-pundi keuangan di masa depan. Meskipun...

Dukung Kreator Indonesia, Sony Luncurkan Kamera Seri Alpha 7S III dengan Tampilan Klasik

Duniafintech.com - Sony luncurkan kamera seri Alpha 7S III yang menjadi penerus Alpha 7S II. Sony Alpha 7S III akan segera tersedia...

E-Commerce Jadikan Permintaan Asuransi Digital Melonjak

DuniaFintech.com - Penyelenggara niaga berbasis elektronik, e-commerce menghadirkan tren positif terhadap startup asuransi berbasis digital (insurtech). Adalah 2 startup insurtech, Qoala dan...

Pandemi Bikin Wacana Grab dan Gojek Merger Kembali Menyeruak

Duniafintech.com - Kabar Grab dan Gojek merger atau melakukan penggabungan kembali santer terdengar saat pandemi melanda. Dua perusahaan raksasa ride-hailing terbesar di...
LANGUAGE