34.7 C
Jakarta
Sabtu, 20 Agustus, 2022

Telunjuk.com Bantu Tingkatkan UMKM Lewat Basis Data

DuniaFintech.com – Layanan e-commerce aggregator berbasis digital, Telunjuk.com menekankan pentingnya pemanfaatan basis data elektronik untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengembangkan bisnisnya.

Sebagaimana diketahui, UMKM diberi predikat sebagai tulang punggung perekonomian nasional dengan menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 60 persen di kuartal pertama tahun 2019. Dari data yang dihimpun, terdapat 64,2 juta unit UMKM yang tercatat oleh Badan Pusat Statistik. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 13% telah mengadaptasi sektor digital.

Di masa pandemi, himpunan basis data elektronik mampu mendorong berkembangnya usaha mikro hingga menengah. Melalui ragam informasi dan wawasan soal pasar, basis data elektronik mampu membantu UMKM dalam menargetkan pasarnya serta menerapkan strategi yang tepat.

Telunjuk.com yang didukung oleh Compas.co.id, memberikan wadah untuk pelaku UMKM dalam mengakses dan memanfaatkan basis data terpadu guna meningkatkan performa bisnisnya. Pemanfaatan data menjadi cara ‘cerdas’ yang membantu badan usaha untuk memantau kondisi perusahaan dan pasar secara realtime mau pun lampau.

Baca juga:

Telunjuk.com Bantu UMKM Manfaatkan Data Pasar

Hanindia Narendrata, CEO dan Co-Founder Telunjuk.com menekankan pentingnya pemanfaatan data oleh UMKM guna meningkatkan bisnisnya. Menurutnya, memberi wawasan dan pengetahuan soal pentingnya pemanfaatan data terpadu membuat pengusaha beradaptasi dengan perkembang teknologi.

“Kami memiliki tugas untuk mengedukasi pemilik usaha atas pentingnya data bagi perkembangan bisnisnya. Kami hadir untuk mendukung ekosistem daring dari sisi inteligensi bisnis dan digital marketing dengan mengolah data-data yang terkumpul menjadi market insight,”

Beberapa kendala umum yang dihadapi dalam memanfaatkan data seperti ‘gagap’ teknologi, merupakan salah satu contoh tantangan yang harus dihadapi. Oleh karena itu Telunjuk.com dan Compas.co.id berencana untuk mengedukasi industri UMKM untuk melebarkan bisnisnya melalui ekosistem digital.

“Kedepannya kami akan mengambil langkah besar untuk lebih memperkenalkan pemanfaatan data kepada pasar yang lebih luas dan dapat menggaet setidaknya 70 ribu UMKM digital Indonesia hingga akhir 2020,”

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Sinyal BBM Naik Makin Kencang, Kata Luhut Minggu Depan Naik? 

JAKARTA, duniafintech.com - Sinyal mengenai Bahan Bakar Minyak atau BBM naik tampaknya berembus semakin kencang dalam beberapa waktu belakangan. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar...

Berita Fintech Indonesia: 5 Keuntungan Investasi di Fintech

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia kali ini akan mengulas tentang berbagai keuntungan dan risiko investasi di fintech bagi milenial. Perlu diketahui, fintech Peer to...

Harga Anjlok Jangan Risau! Ini Strategi Trading Kripto yang Top

JAKARTA, duniafintech.com - Saat harga aset kripto sedang anjlok/mengalami penurunan, janganlah risau. Ada strategi trading kripto yang mesti Anda terapkan.  Trading kripto saat menjadi salah...

Harga BBM Pertalite Akan Naik, Dampaknya Mengerikan!

JAKARTA, duniafintech.com – Harga BBM Pertalite dan solar yang merupakan bahan bakar subsidi pemerintah akan dinaikkan pada minggu depan. Hal itu dilakukan karena subsidi yang...

Rekomended! Ini Aplikasi Faucet Bitcoin yang Terpercaya di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Pemain industri kripto tentu gak asing lagi dengan istilah faucet. Ada rekomendasi aplikasi faucet Bitcoin terpercaya dan bisa dicoba.  Faucet kripto atau...
LANGUAGE