30.4 C
Jakarta
Minggu, 3 Maret, 2024

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate: Cashback hingga Mitra Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Tipe kemitraan Shopee Affiliate penting dipahami saat kamu akan mengisi formulir pendaftaran Shopee affiliate.

Seperti diketahui, banyak orang yang tertarik dengan kemitraan yang satu ini karena ia menjadi salah satu situs affiliate marketing terbaik saat ini.

Nah, bagi kamu yang masih kebingungan dengan tipe kemitraannya, simak penjelasannya berikut ini, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: Formulir Pendaftaran Shopee Affiliate, Begini Cara Mengisinya

Pengertian Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Adapun tipe kemitraan di sini adalah pilihan (sebanyak 6 opsi) yang mesti dipilih di formulir pendaftaran mitra Shopee affiliate.

Nah, di kala mengisi formulir pendaftaran, pada bagian kedua formulir itu menyediakan pilihan tipe kemitraan yang mesti dipilih.

Sejatinya, pemilihan tipe kemitraan ketika pendaftaran ini tidak terlampau berpengaruh besar. Meski demikian, tipe kemitraan ini dapat berpengaruh terhadap diterima/tidaknya pendaftaran Shopee affiliate.

Tipe-tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Di bawah ini adalah tipe-tipe kemitraannya yang akan kamu temukan saat mendaftar Shopee affiliates Program.

1. Tipe Mitra Situs Cashback/Kupon

Kalau kamu punya situs khusus yang menyediakan cashback atau kupon maka kamu bisa memilih jenis kemitraan ini. Untuk yang belum familiar, saat ini banyak orang yang membuat blog, misalnya pointsgeek.id, Shopback, cuponation, atau komunitas promo di Facebook.

Adapun situs ini dibuat memang khusus untuk menjajakan toko-toko online yang menyediakan kupon dan cashback. Sekiranya kamu telah punya situs semacam itu, kamu bisa memilih tipe kemitraan Shopee “Situs Cashback/Kupon”.

Penting dipahami, cara kerja Shopee affiliate untuk masing-masing tipe kemitraan sebenarnya sama saja sehingga tidak perlu terlalu risau.

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

2. Tipe Mitra Perbandingan Harga

Tipe kemitraan “Perbandingan Harga” ini bisa kamu pilih kalau kamu punya situs yang menyediakan informasi perbandingan harga.

Adapun saat ini, banyak situs yang memuat informasi perbandingan harga, misalnya perbandingan harga HP dengan spesifikasi yang sama, tetapi beda merk.

Jenis situs itu pun dapat didaftarkan sebagai mitra Shopee affiliate dengan jenis “Perbandingan Harga”.

Baca juga: Cara Menggunakan Shopee Affiliate dengan 3 Tahapan Mudah

3. Tipe Mitra Network — Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Tipe mitra Network ini bisa dipilih jika kamu punya komunitas online dengan banyak orang di sana.

Akan tetapi, komunitas ini sebaiknya adalah komunitas yang kamu buat sendiri, baik melalui Facebook, Telegram, WhatsApp, atau yang lainnya.

Adapun sejumlah kata kunci komunitas yang paling populer adalah Racun Shopee, Racun Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Dalam hal ini, banyak orang yang berbondong membuat komunitas di berbagai forum untuk menyebarkan link sebab keuntungan Shopee affiliate memang sangat menggiurkan.

4. Tipe Mitra Blogger/Media Sosial

Tipe selanjutnya ini dapat kamu pilih kalau kamu aktif di dunia blogging/di media sosial, misalnya Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan yang lainnya.

Nah, kalau kamu merasa tidak cocok di tipe mitra sebelumnya maka kamu dapat memilih tipe mitra Blogger/Media Sosial ini.

Sekiranya kamu tidak punya, kamu dapat langsung membuat media sosial baru. Pasalnya, saat ini tidak ada minimal followers untuk daftar Shopee affiliate sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan jumlah followers.

Dengan demikian, sekalipun kamu hanya punya 1 follower di Instagram, misalnya, kamu tetap bisa daftar Shopee affiliate dengan memilih tipe mitra yang satu ini.

5. Tipe Mitra Brand/Seller

Berikutnya ada tipe mitra Brand/Seller Shopee affiliate yang bisa kamu pilih kalau kamu punya produk sendiri/memiliki toko sendiri.

Sebagai contoh, kamu punya toko online di Shopee yang menjual fashion pria atau wanita sehingga kamu dapat mendaftar dengan tipe mitra ini.

Namun, bagaimana kalau kamu masuk dalam beberapa kualifikasi? Misal, kamu masuk kualifikasi Mitra Blogger, tetapi juga punya toko online?

Tenang, kamu bisa memilih salah satunya, tetapi sebaiknya pilihlah identitas yang paling meyakinkan. Sebagai contoh, kalau kamu punya followers banyak di Instagram, tetapi toko kamu tidak terlalu ramai pembeli, maka kamu bisa pilih jenis kemitraan Media Sosial.

6. Tipe Mitra Lainnya — Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Kalau kamu tidak masuk kualifikasi mana pun, tetapi tetap ingin bergabung di program Shopee affiliate, maka kamu bisa memilih tipe kemitraan lainnya.

Akan tetapi, sebaiknya kamu tetap punya sosial media tempat kamu menyebarkan link produk Shopee affiliate.

Pasalnya, sosial media merupakan jalan paling efektif untuk menyebarkan link produk sehingga kamu bisa cepat meraup komisi dari situ.

Sekian ulasan tentang tipe kemitraan Shopee Affiliate yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berapa Keuntungan Shopee Affiliate? Ini Review Selengkapnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE