26.6 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Tipe Mobil Avanza: Perbandingan & Harganya, Pilih yang Mana?

JAKARTA, duniafintech.com – Sebenarnya, ada banyak tipe mobil Avanza di pasaran alias bahwa semua mobil Toyota Avanza tidak sama.

Di antara tipe itu adalah tipe E, G, S, dan Veloz yang punya keunggulan masing-masing. Di samping punya tipe yang banyak, mobil ini pun dikenal hemat bahan bakar.

Oleh sebab itu, mobil Avanza menjadi mobil pilihan banyak orang.  Selain itu, kapasitas mesin mobil Toyota Avanza cukup besar, yaitu 1.300 cc yang mampu mengangkut sebanyak 7 penumpang.

Baca juga: Deretan Harga Mobil Termurah di Indonesia, Ternyata Bukan Avanza-Xenia

tipe mobil avanza

Perbedaan Tipe Mobil Avanza dan Spesifikasinya

1. Mobil Avanza seri E

Tipe seri E menjadi tipe Avanza yang paling murah ketimbang tipe lainnya sehingga tidak heran kalau ada sejumlah fitur yang tidak dapat ditemukan pada tipe Avanza seri ini.

Contohnya saja lis chrome di lampu kabut yang tidak terpasang, tidak ada spoiler pada bagian belakang dan fog lamp, fitur hiburan berupa hanya bisa memutar kaset, radio, dan CD saja, serta tidak ada lampu sein di bawah spion. Sedikit sekali aksesori pada velg yang berukuran kecil hanya 14 inci dengan dop plastik.

Namun, tipe seri E ini pun tergolong irit bahan bakar dengan kapasitas tangki 45 liter dan menggunakan 4 silinder 16 valve DOHC pada mesin mobil Avanza yang dilengkapi dengan teknologi VVT-i kapasitas 1.300 cc.

Tipe seri E ini terbagi ke dalam dua jenis berdasarkan mesin transmisi mobil, yaitu mobil transmisi manual dan mobil transmisi automatic. Keunggulan lainnya, yakni bagian kemudi sudah dilengkapi dengan electric power steering (EPS) dan Tilt Steering

Terkait harga tipe mobil seri E ini, untuk mobil transmisi automatic tentunya akan lebih mahal ketimbang mobil transmisi manualnya.

2. Mobil Avanza seri G

Tipe Avanza seri G ini tidak memiliki perbedaan yang begitu jauh dengan seri sebelumnya. Namun, pada seri G ini tentunya lebih canggih dari sisi teknologi otomotifnya hingga desain interiornya.

Juga dilengkapi dengan fitur VVT-i DOHC dan kapasitas mesin 4 silinder 16 valve, tipe Avanza seri G ini punya dua varian mesin, yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc. Seri ini digadang-gadang menjadi tipe Avanza kelas menengah dan terlaris ketimbang tipe Avanza lainnya.

Kapasitas mesin 1.300 cc dari mobil ini terbagi lagi ke dalam dua transmisi mesin mobil, yaitu transmisi manual dan automatic, sedangkan untuk kapasitas mesin 1.500 cc hanya memiliki satu varian, yakni mobil transmisi manual.

Adapun list chrome pada lampu kabut di tipe Avanza seri G ini sudah terpasang, lampu sein di bawah spion pun sudah terpasang juga.  Gril dibagian depan sudah dibalut dengan kombinasi chrome horizontal, desain fog lamp menggunakan chrome, hingga dilengkapi dengan fitur parking sensor.

Di samping itu, desain eksteriornya sendiri lebih sporty sebab ada tambahan komponen seperti body kit yang terlihat mewah dan spoiler di bagian belakang. Avanza seri ini bisa dibilang yang paling laris lantaran punya teknologi yang bagus dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Mobil Avanza seri S

Di masanya, tipe mobil Avanza seri S ini merajai Toyota Avanza sebab punya fitur yang lebih lengkap ketimbang seri E dan G. Fitur-fitur ini seperti sistem rem ABS dan velg alloy 15 inch.

Dengan tampilan barunya, seri S memiliki body kit yang mewah dan sporty. Kapasitas mesinnya 1.500 cc dengan tambahan teknologi VVT-i. Akan tetapi, pada tahun 2011 lalu, produksi seri S ini dihentikan dan diganti dengan tipe Veloz.

4. Mobil Avanza seri Veloz

Tipe Avanza seri Veloz ini menjadi tipe terlengkap dengan banyaknya pembaruan teknologi otomotif di dalamnya, baik pada bagian mesin, eksterior, hingga interiornya.

Mulai dari pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc, transmisi otomatis atau manual, dan teknologi dual VVT-i, performa mobil ini menjadi lebih gentle. Teknologi EFI pada seri Veloz menambah keunggulan tersendiri, yaitu lebih irit menggunakan BBM.

Terkait keamanannya, mobil Avanza seri Veloz ini dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan fitur dual airbag. Di bagian eksteriornya, seri Veloz dirancang lebih besar dibandingkan tipe lainnya dengan dilengkapi fog lamp yang lebih menonjol, velg alloy 15 inch bermodel two tone, memiliki aksen chrome di bagian gril yang didesain palang tunggal, spoiler bemper bagian belakang yang didesain berbeda dengan tipe mobil Avanza lainnya hingga desain bemper bagian depan yang menambah kesan sporty.

Sementara itu, bagian interiornya didesain mewah di bagian kemudi yang ditambahkan bahan kulit khusus yang berkualitas tinggi. Fitur audio head unit yang punya 4 speaker untuk CD/USB/AUX.

Baca juga: Servis Mobil: Estimasi Biaya dan Ragam Jenisnya

Perbandingan Harga Mobil Avanza

Berikut ini harga Avanza Veloz dan Avanza tipe lainnya:

*  Tipe 1.3 E MT: Mulai dari Rp189,8 juta—Rp200,2 juta

*  Tipe 1.3 E AT: Mulai dari Rp200,2 juta—Rp211,4 juta

*  Tipe 1.3 G MT: Mulai dari Rp206,7 juta—Rp218 juta

*  Tipe 1.3 G AT: Mulai dari Rp216,5 juta—Rp228,7 juta

*  Tipe 1.5 G MT: Mulai dari Rp230,3 juta

*  Tipe Veloz 1.3 MT: Mulai dari Rp219,7 juta—Rp224,7 juta

*  Tipe Veloz 1.3 AT: Mulai dari Rp231,5 juta—Rp236,5 juta

*  Tipe Veloz 1.5 MT: Mulai dari Rp231,7 juta—Rp236,7 juta

*  Tipe Veloz 1.5 AT: Mulai dari Rp243,5 juta—Rp248,5 juta

Inilah harga mobil Toyota Avanza bekas pada setiap tipe dan serinya:

*  Tipe 1.3 E (2017): Rp170 juta

*  Tipe 1.3 G (2013): Rp148 juta

*  Tipe 1.3 E (2013): Rp130 juta

*  Tipe 1.3 E (2015): Rp153 juta

*  Tipe All New 1.3 G (2014): Rp150 juta

*  Tipe 1.3 E MT (2014): Rp149 juta

*  Tipe 1.3 E AT (2014): Rp160 juta

*  Tipe Grand New 1.3 E (2016): Rp153 juta

*  Tipe G (2004): Rp86 juta

*  Tipe G MT (2010): Rp99,5 juta

*  Tipe G At (2010): Rp115 juta

Harga Mobil Avanza Terbaru 2022

Nah, kalau kamu ingin membeli mobil Avanza dengan varian paling baru di tahun 2022, inilah daftar harganya:

*  Toyota Avanza 1.3 E M/T: Mulai dari Rp206,20 juta

*  Toyota Avanza 1.5 G M/T: Mulai dari Rp228,5 juta

*  Toyota Avanza 1.5 G CVT: Mulai dari Rp241,4 juta

*  Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS: Mulai dari Rp264,4 juta

Baca juga: Harga Mobil Carry Terbaru & Bekas serta Spesifikasinya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...

Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Mubazir!

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan...
LANGUAGE